Home / NEWS

Selasa, 2 Februari 2021 - 16:48 WIB

Vaksin PKM Bontonyeleng, Tidak Semua Nakes Lolos Screening

Proses vaksinasi di Puskemas Bontonyeleng. (Foto:NDA)

Proses vaksinasi di Puskemas Bontonyeleng. (Foto:NDA)

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Pelaksanaan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan (nakes) mulai dilakukan ditingkat puskesmas. Pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan secara serentak di sepuluh kecamatan.

Vaksinasi di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Bontonyeleng, Kecamatan Gantarang, yang diagendakan berlangsung selama dua hari atau sejak 2 Februari hingga 3 Februari mulai dilakukan.

Proses vaksinasi tahap awal, terdapat 47 nakes yang dipilih. Dihari pertama, dari 18 nakes. Hanya 13 yang berhasil mendapatkan suntikan vaksin, lima nakes lainnya gagal lantaran kondisi kesehatan.

Anggota tim vaksinasi UPT Puskesmas Bontonyeleng, Israni Arif mengatakan bahwa dari 18 nakes yang dipilih untuk hari pertama. Lima nakes baik via aplikasi maupun manual tidak memenuhi syarat sebagai penerima vaksin.

Baca Juga:  Polisi Pidanakan Pengambilan Paksa Jenazah Terindikasi Covid-19

“Pemberian vaksin terhadap lima nakes ditunda. Karena ada yang terindikasi penyakit Influenza (gangguan pencernaan), ruam, hipertensi dan pembengkakan kelenjar tiroid dan satu lainnya terkonfirmasi pernah mengalami gejala covid-19,” jelasnya.

Meski batal dihari pertama, Israni mengaku tetap akan memberikan agenda kepada kelima nakes tersebut setelah pihak dokter mengeluarkan hasil pemeriksaan lanjutan.

“Kepala Puskemas sudah vaksin hari ini, sedang yang tertunda saat ini telah dilakukan observasi oleh dokter dan kita tunggu hasilnya keluar. Akan dijadwalkan ulang,” ujarnya.

Baca Juga:  Pekan Depan, NH Pembicara Pertumbuhan Ekonomi Bali

Israni menjelaskan bahwa demi keamanan vaksin, pihaknya telah menyiapkan tempat khusus dalam suhu 2-8 derajat. sementara jumlah vaksin stok awal untuk UPT PKM Bontonyeleng sebanyak 80 vaksin, yang terpakai 13 dan sisanya sebanyak 67 vaksin.

“Vaksin ini ada tempat khusus, disimpan dalam suhu 2-8 derajat, namun kita pakai suhu 4 derajat. Stok awal kita berjumlah 80 vaksin, namun sudah terpakai 13, yang tersisa saat ini sebanyak 67 vaksin,” pungkas Israni.

Reporter: NDA

Share :

Baca Juga

DAERAH

Ancaman Gagal Panen Akibat Kelangkaan Pupuk, Petani di Bulukumba Geruduk Dinas TPHP

NEWS

Penantian Panjang Terlalui, 241 CPNS Formasi Tahun 2019 Akhirnya Terima SK

DAERAH

Hari Ini Lima Pasien Corona Asal Bulukumba Sembuh, Tiga Diantaranya Nakes

DAERAH

Dua Jam Diperiksa Polisi, Dokter Rizal Dicecar 29 Pertanyaan

HEADLINE

Gegara BLT, Kantor Desa Anrihua Kindang Disegel Pasukan Emak-emak

NEWS

Polisi di Bulukumba Aktif Sosialisasi Protokol Kesehatan

DAERAH

Andi Buyung Ditunjuk jadi Plt Sekwan Bulukumba

NEWS

Debit Air Berkurang, Petani Sawah Bontonyeleng Salah Prediksi Curah Hujan
error: Content is protected !!