Tudang Sipulung  Air Minum, Sanitasi dan Penyehatan Lingkungan Bappeda Bulukumba

BULUKUMBA, KUMANAIKA.com– Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bulukumba menggelar pemaparan hasil monitoring dan evaluasi (Monev) melalui kegiatan pertemuan multipihak atau Tudang Sipulung Air Minum, Sanitasi dan Penyehatan Lingkungan Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Bappeda Bulukumba ini dibuka langsung Asisten ll Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba, Junaedi Abdillah.

Tudang Sipulung ini dilakukan untuk mempertemukan aparat pemerintah dan masyarakat yang diwakli oleh tim Monev Bulukumba dan lima perwakilan Keluarahan di Kabupaten Bulukumba.

Lima kelurahan di Kabupaten Bulukumba, masing-masing Kelurahan Tanah Kongkong, Kasimpureng, Bentenge, Terang-terang dan Ela-Ela memperoleh program pendampingan peningkatan akses air minum dan sanitasi aman bagi masyarakat. Kelima kelurahan tersebut juga telah dimonev oleh Tim USAID IUWAS PLUS.

Baca Juga:  BBPSDMPKI Makassar Gelar Digital Entrepreunership Academy di Bulukumba

Asisten ll Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba, Junaedi Abdillah, menyampaikan bahwa kegiatan yang telah dilaksanakan perlu dievakuasi. Dan melalui hasil monitoring tim Monev ini mampu memberikan kesadaran pada masyarakat terkait peningkatan mencintai lingkungan sekitar. Baik persoalan air dan juga sanitasi.

“Apa yang kita telah laksanakan tentunya kita perlu lakukan evaluasi. Pemda mengucapkan terima kasih kepada USAID IUWASH PLUS juga karena telah bekerja sama dalam melakukan pendampingan,” ucap Junaedi

Junaedi menambahkan bahwa persoalan air, sanitasi perlu diberikan pendidikan atau sosialisasi kepada masyarakat untuk mengajak mencintai lingkungannya sendiri. Selain melalui upaya pemerintah dan tim Monev diharapkan mayarakat juga tetap berpartisipasi aktif.

Baca Juga:  Ilham Azikin Instruksikan Daging Kurban Diantar ke Rumah Warga

Hal ini didasari karena  kebutuhan dasar masyarakat adalah air bersih yang didukung oleh pola perlakuann terhadap air dan sanitasi.

“Semoga hasil monev ini memiliki banyak perubahan dan perkembangan dan bagi yang hadir mengikuti Tudang Sipulung inibisa mengimplementasikan,” utup Junaedi.

Untuk diketahui bahwa kegiatan Tudang Sipulung tidak hanya berlangsung secara offline akan tetapi juga dilakukan via meeting zoom yang diikuti oleh beberapa undangan terkait.

Reporter: IKM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template