Home / RAMADHAN

Rabu, 21 April 2021 - 17:32 WIB

‘Tarajjo’ Makanan Khas yang Cocok Jadi Menu Buka Puasa

Kue Tarajjo atau Singkong Pipih Manis

Kue Tarajjo atau Singkong Pipih Manis

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— Kabupaten Bulukumba selain terkenal dengan daerah destinasi wisatanya ternyata juga memiliki beraneka ragam makanan khas salah satunya adalah Tarajjo atau Singkong Pipih Manis.

Tarajjo atau suku konjo kabupaten Bulukumba lebih mengenalnya dengan nama katabang adalah salah satu kue khas dari suku bugis, sulawesi selatan, bahan-bahannya pun sangat sederhana, anda cukup menyiapkan ubi jalar, gula merah dan adonan tepung.

Adapun proses pembuatannya pun terbilang cukup mudah yakni terlebih dahulu cuci ubi sampai bersih kemudian tumbuk ubi jalar tersebut sampai benar-benar halus setelah itu campurkan gula merah dan adonan tepung kemudian bentuk adonan tersebut menjadi bulat atau gepeng dan Tarajjo pun sudah siap di goreng sampai berwarna kecoklatan kemudian tiriskan.

Baca Juga:  Mesjid Tua Nurul Hilal Dato Tiro Bulukumba, Sejarah Penyebaran Islam Dimasa Kerajaan

Selain itu tarajjo  sangatlah cocok untuk di jadikan makanan pendamping saat berbuka puasa, karena rasanya yang manis dan gurih.

Fauzan (25) warga Kajang Kabupaten Bulukumba yang merupakan penikmat kue khas daerah ini mengatakan bahwasanya setiap jelang buka puasa Tarajjo selalu menjadi pilihan utama untuk makanan pendamping dari takjil lainnya.

“Setiap jelang buka puasa saya keluar untuk beli Tarajjo karena selain harganya yang terjangkau juga rasanya yang manis sehingga puasa yang dilakukan seharian penuh bisa terbalaskan dengan mencicipi kue khas ini” jelasnya.

Baca Juga:  Takjil Istimewa Dari Istri Asri Jaya Untuk Masyarakat Bulukumba

Selain itu Ida (76) salah satu warga yang menjual tarajjo mengakui bahwasanya di bulan Ramadhan ini tarajjo yang dia jual cukup laris di bandingkan hari-hari sebelumnya.

“Cukup laris ki ini Tarajjo ini bulan Ramadhan di bandingkan hari-hari di luar Ramadhan kalau menjual ka di pasar, karena orang na suka dengan rasanya yang manis dan gurih” tutupnya.

Reporter: Alim

Share :

Baca Juga

RAMADHAN

Kemenag Bulukumba Himbau Tetap Jaga Protokol Kesehatan di Bulan Suci Ramadhan

RAMADHAN

Es Serut Melon, Minuman Segar Ala Kedai Pas Untuk Menu Buka Puasa

RAMADHAN

Battasa Jera’, Salah Satu Tradisi Warga Kajang Jelang Ramadhan

RAMADHAN

HIPMI Akan Hadirkan Kades LOLISANG di Kampung Ramadhan

RAMADHAN

Mahasiswa Prodi Peternakan UM Bulukumba Berbagi Takjil

RAMADHAN

Mesjid Tua Nurul Hilal Dato Tiro Bulukumba, Sejarah Penyebaran Islam Dimasa Kerajaan

LIFESTYLE

4 Jenis Olahraga Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Puasa

RAMADHAN

Manfaat Kurma Saat Berbuka Puasa
error: Content is protected !!