Home / POLITIK

Selasa, 1 September 2020 - 23:02 WIB

Tak Usung Kader di Pilkada Bulukumba, Golkar Cenderung ke Dua Kandidat Ini

Nirwan Arifuddin bersama ketua Golkar Bulukumba, Andi Hamzah Pangki

Nirwan Arifuddin bersama ketua Golkar Bulukumba, Andi Hamzah Pangki

BULUKUMBA, KUMANIKA.com — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kabupaten Bulukumba 9 Desember mendatang, kian menarik diikuti terlebih pada soal tarik menarik usungan partai politik.

Menarik saat ini soal usungan Partai Golongan Karya (Golkar) yang diasumsikan penentu poros kandidat ke empat di Pilkada Bulukumba.

Namun kabar terbarunya, hal tersebut terbantahkan dimana partai yang saat ini dinahkodai Airlangga Hartarto tersebut memberikan sinyal dukungan terhadap pasangan calon Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba.

Korwil Bulukumba-Sinjai DPD I Partai Golkar Sulsel, Nirwan Arifuddin, mengatakan, perkembangan Partai Golkar saat ini belum diputuskan. Tetapi jika melihat mekanisme yang diterapkan oleh Golkar cendrung ke Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf.

“Kalau berbicara mekanisme, hanya Andi Utta yang mengikuti semua rangkaian, mulai tahapan pendaftaran penjaringan dari DPD II, DPD I hingga DPP Partai Golkar,” ungkap demisioner DPD I Partai Golkar Sulsel, Nirwan Arifuddin.

Menurut Nirwan, peluang Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf mendapatkan rekomendasi BI-KWK sangat muda. Sebab dua kader partai Golkar, Andi Hamzah Pangki dan Jamaluddin M Syamsir tak mampu menunjukkan koalisi partai usungan.

“Karena dua kader itu mau dibawa ke mana?, sekarang tinggal partai yang ada Golkar, Berkarya dan Hanura. Tiga partai ini tidak cukup mengusung satu paslon. Hanya tujuh kursi. Sementara syarat itu harus delapan,” jelas dia.

Baca Juga:  TSY-AM Tertinggi di Survei INDex, Ketua Berkarya Bulukumba: Gerbang Kemenangan Semakin Terbuka

Meski keputusan tersebut sifatnya belum final, Nirwan menambahkan Golkar juga masih melirik H. Askar HL dan Arum Spink di Pilkada Bulukumba nantinya.

“Walaupun Andi Utta mengikuti semua itu, tidak menutup kemungkinan Golkar lari ke Askar-Arum Spink. Hanya saja ini masih dalam tahapan meski belum disimpulkan, tapi besok finalnya antara Askar atau Andi Utta,” terang dia.

Kendati demikian, Nirwan mengaku pada Pilkada Bulukumba 2020 nantinya hanya ada dua pasangan calon yang bertarung. Yakni paslon Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf dan Askar-Arum Spink.

“Bisa saja head to head pada Pilkada Bulukumba nantinya,” tutup dia.

Ketua Tim Pemenangan Harapan Baru tagline dari pasangan calon Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf, Patudangi Asiz mengaku sampai saat ini pihaknya belum menerima kabar dari Partai Golkar jika ingin bergabung memberikan dukungan rekomendasi.

“Memang Pak Wakil Bupati Andi Edy Manaf bertemu dengan Pak Nurdin Halid (NH) di Jakarta membahas soal itu. Tapi belum ada laporan hasil pertemuan sampai saat ini,” ucap Sekretaris Partai Gerindra Bulukumba ini.

Pihaknya, kata Patudangi welcom terhadap keputusan Partai Golkar jika memberikan dukungan terhadap Harapan Baru di Pilkada nanti.

Baca Juga:  Usai Mencoblos, AM Sukri Pantau TPS di Kota Bulukumba

“Saya kira itu sangat positif dan perlu kita direspon baik. Secara politik kami tidak masalah. Hanya saja, secara teknis saya serahkan kepada pemegang rinci dalam hal ini Ketua Partai Golkar Bulukumba, Sulsel hingga pusat,” kata Patudangi.

Selaku ketua tim pemenangan, menurut dia hal tersebut membuat Harapan Baru mampu membangun koalisi gemuk pada pesta demokrasi sekali dalam lima tahunan ini.

“Mungkin partai lain melihat Harapan Baru ada peluang besar untuk menang di Pilkada Bulukumba,” tutupnya.

Sementara, Arum Spink yang merupakan Wakil Bupati pasangan calon Askar HL, mengatakan tentunya memberikan penghargaan dan apresiasi pada semua pihak, khusus partai politik secara suka rela menyebutkan Bulukumba Asik untuk diusung pada Pilkada.

“Bagi kami tentu hanya bisa mengucapkan terima kasih tak terhingga nama Asik disebut, untuk dialihkan dukungan. Meski kami sadar bahwa kompetisi ini harus dibuka secara luas,” kata Pipink sapaan Arum Spink.

Meski begitu, Pipink berharap putra putri terbaik Kabupaten Bulukumba mampu tampil dalam kompotisi, sehingga masyarakat mampu memilih yang terbaik.

“Masyarakat Bulukumba bisa punya banyak pilihan. Tentu ini suprais bagi kami,” demikian mantan Ketua KPUD Bulukumba ini.

REPORTER: Alfareza
EDITOR: Arnas Amdas

Share :

Baca Juga

POLITIK

Ogah Dukung Arum Spink, Pentolan NasDem Bulukumba Hengkang Satu-persatu

POLITIK

Emak-Emak di Kindang Serukan Perempuan Pilih Perempuan di Pilkada Bulukumba

POLITIK

Kahar Muslim: Pilkada Bulukumba Hanya Pertarungan Harapan Baru dan Asik

DAERAH

TSY Ancang-Ancang Tinggalkan NasDem: Komunikasi Kesana Memungkinkan

POLITIK

Aktivis 98 Ogah Minta Maaf ke Adik Nurdin Halid Soal Golkar

POLITIK

Murni Efek, Seruan Kaum Perempuan Bangkit Bersatu Menangkan HM21 di Pilkada Bulukumba

DAERAH

Permata TSY-AM Siap Gas Pool Menangkan Pilkada Bulukumba

POLITIK

Beasiswa PIP di Bulukumba Disebut Untuk Kepentingan Politik Paslon Pilkada?