Tagih Janji Pemerintah, Warga di Bulukumba Blokade Jalan

BULUKUMBA, KUMANIKA.com — Kekesalan dan kekecewaan yang dirasakan masyarakat Dusun Borong Loe Timur, Desa Benteng Gantarang, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, nampak telah tersalurkan.

Kekesalan dan kekecewaan mereka memuncak. Warga memblokade jalur utama menuju desa Benteng Gantarang, dari arah kota Bulukumba.

Blokade jalan utama tersebut merupakan bentuk protes, menagih janji pemerintah yang mana kata masyarakat telah dijanji untuk perbaikan berupa pengaspalan jalur tersebut.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) serta Ketua DPRD Bulukumba disebut telah menandatangani fakta integritas, yakni proritas pengaspalan jalan tahun 2020.

Setahun berjalannya waktu, pemerintah belum juga melakukan realisasi janji. Belum lagi kondisi pandemi virus Corona dan masa transisi new normal Covid-19 saat ini.

Baca Juga:  BLK Bantaeng Apresiasi Perhatian Ilham Azikin untuk Peningkatan SDM

Hendra Wiranto, salah seorang pemuda setempat mengatakan, sejak tahun 2019 lalu warga Desa Borong Loe sempat menduduki dua kantor instansi, yakni DPRD Bulukumba dan Kantor Bupati Bulukumba sendiri.

“Aksi unjuk rasa berturut-turut kami galakkan di Kantor DPRD dan Bupati Bulukumba, hingga akhirnya kami bersepakat dengan penandatanganan fakta integritas belah pihak,” kata Hendra Wiranto, Sabtu (13/6/2020).

Pengakuan Hendra saat ini, pemerintah untuk tahun 2020 sudah tidak bisa lagi berdalih atau ngeles dari janji sesuai perjanjian fakta integritas.

“Pemerintah telah melakukan kebohongan besar, dan kami akan terus menagih janji itu, dan kami tidak main-main dengan tindakan kami,” jelas aktivis PMII Bulukumba itu.

Baca Juga:  Gubernur NA: Sulsel Paling Tinggi Tingkat Kesembuhan Dan Irit Gunakan Anggaran Covid-19

Dengan demikian, warga tetap ngotot akan menutup jalur hingga janji pemerintah tahun lalu itu teralisasi.

Bahkan warga kembali berniat bertandang ke sejumlah kantor, seperti Dinas Pekerjaan Umum, Bupati dan terakhir DPRD Bulukumba, berharap akan solusi.

Selain pemblokiran jalur dilakukan warga. Mereka juga mengancam yang berdampak pada pendapatan pajak, salah satu warga dalam keterangannya juga akan meblokir pajak desa Benteng Gantarang.

“Boikot pajak desa juga salah satu bentuk protes warga,” tegas Eril Appy yang juga salah seorang warga setempat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template