Home / PARIWISATA

Senin, 1 Maret 2021 - 13:03 WIB

Study Banding ke Desa Wisata Kabba, Kepala Desa Tamatto Target Ekowisata

IST

IST

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Kepala Desa Tamatto, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Muh. Arsul Sani menargetkan desa wisata berbasis ekowisata di desa Tamatto.

Penargetan ini Ia sampaikan Setelah menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I MASATA Sulsel di Makassar dan study banding MASATA Sulsel di desa wisata Kabba, Kabupaten Pangkep.

“Kita masih target ekowisata tetapi kita akan menuju desa wisata yang terlengkap, dalam artian kita akan memadukan ekowisata dan budaya,” bebernya.

Baca Juga:  Kilas Balik Pandemi Covid-19 Terhadap Pariwisata Bulukumba

Namun, kata asrul, kembali lagi bahwa tujuan terbesarnya ada efek ke masyarakat untuk peningkatan ekonomi, tentu juga tidak lupa dengan menjaga norma-norma dan etika.

Menurut salah satu penggiat pariwisata ini, hal yang perlu di lakukan di desa Tamatto yaitu memperkuat administrasi dan tata kelola desa wisata.

Desa Tamatto belum ditetapkan menjadi desa wisata, namun sementara dalam proses pengajuan menunggu SK penetapan desa wisata, sambil melengkapi dasar dan syaratnya.

Baca Juga:  Kunjungan Wisnus ke Bulukumba Meningkat Selama Pandemi

Beberapa lembaga telah ada di desa Tamatto sebagai penunjang menuju desa wisata rintisan seperti, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Sanggar Seni Warisan Budaya, Forum Komunikasi Mahasiswa Tamatto, Forum Pemuda Tamappalalo,Karang Taruna dan Bumdes Almubarak.

“Hadirnya desa wisata semoga menambah poin Indeks Desa Membangun (IDM) untuk menjadikan desa Tamatto menuju desa mandiri, semoga dampak ekonomi masyarakat meningkat dan menambah pendapatan asli desa pada desa Tamatto,” ujar Wakil Ketua DPC Masata Bulukumba.

Reporter: Devi

Share :

Baca Juga

PARIWISATA

Monaco Jadi Referensi Pengembangan Pariwisata Bulukumba

PARIWISATA

Komisi II DPRD Pangkep Kunker ke Kantor Dispar Bulukumba

PARIWISATA

Kiriman Sampah Laut Flores Menumpuk, Dispar Siapkan Solusi Penanganan

PARIWISATA

Expose Pariwisata, Dispar Bulukumba Tekankan Konsep Terpadu

PARIWISATA

ADWI 2021, Kadis Pariwisata Ajak Desa Untuk Ikut Berkompetisi

PARIWISATA

Kilas Balik Pandemi Covid-19 Terhadap Pariwisata Bulukumba

PARIWISATA

Masa Pandemi, Pengusaha Pariwisata Upayakan Tetap Bertahan

PARIWISATA

Dispar Bulukumba Hadiri Rakerda I MASATA Sulawesi Selatan