Home / NEWS

Sabtu, 27 Februari 2021 - 14:05 WIB

Sidang Diluar Gedung, PA Bulukumba Kunjungi Desa Lonrong

IST

IST

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Pengadilan Agama (PA) Bulukumba menggelar sidang Isbat Nikah di luar gedung. Kegiatan ini di laksanakan di Desa Lonrong kecamatan Ujung Loe, Jumat (26/02/2021).

Wakil ketua Pengadilan Agama Bulukumba Wildana Arsyad, mengatakan jika sidang diluar gedung merupakan program dari Mahkaman Agung (MA).

“Kegiatan ini kami realisasikan setiap tahunnya, dan ini menjadi kunjungan pertama”, ungkapnya

Menurut Wildana, program sidang diluar gedung ini untuk memudahkan masyarakat desa dalam mengurus isbat nikah. Disisi lain masyarakat juga bisa meminimalisir pengeluaran pribadi ketika ingin mengurus tanpa harus ke PA Bulukumba.

“Bentuk sidang diluar gedung ini bertujuan untuk transparansi dan juga agar lebih dekat terhadap masyarakat di pedesaan. Sehingga apapun bantuan yang dibutuhkan masyarakat, PA siap akan hal tersebut,” ujarnya

Baca Juga:  Angin Kencang Robohkan Tiang Listrik di Teko

Wildana mengatakan bahwa PA Bulukumba di tahun 2021 rencananya akan mengunjungi 10 Desa yang ada di Kabupaten Bulukumba.

Namun untuk saat ini belum menentukan desa mana yang akan masuk dalam kunjungan kegiatan selanjutnya.

Panitera PA Bulukumba, Husain, menyampaikan jika ingin lebih melayani masyarakat yang ingin berperkara termasuk pada agenda Isbat Nikah.

“Kami berharap, semoga dengan kegiatan isbat nikah ini, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang terbaik dari PA Bulukumba.” ucapnya.

“Mereka bisa mendapatkan penetapan/pengesahan nikah yang selama ini belum terdaftar dan apakah ragu dengan pernikahannya sah atau tidak secara hukum selama berpuluh-puluh tahun Walaupun menurut agama sudah diakui,” tambah Husain.

Husain menjelaskan bahwa negara mengakomodir seluruh warganya agar pernikahannya di akui secara hukum melalui penetapan pengadilan agama kemudian hasilnya dibawa ke Kantor Urusan Agama (KUA) setempat untuk mendapatkan surat nikah.

Baca Juga:  Kejanggalan Pembangunan SPBU di Bulukumba: Lebih Dulu Terbit Izin Pembangunan Daripada Amdal

Sementara, Kepala Desa Lonrong, Fahri Djalil, yang menjadi fasilitator sidang ini mengungkapkan bahwa landasan mengajukan permohonan kepada PA Bulukumba, karena ia sering menghadapi warganya yang kesulitan dalam mengurus berkas untuk urusan-urusan tertentu salah satu contohnya jika ingin umroh yang diketahui memang membutuhkan surat nikah.

Ia juga merasa berterima kasih kepada Pengadilan Agama Bulukumba atas kegiatan yang dilakukan di Desa yang dipimpinnya.

“Saya berterima kasih banyak karena tentunya masyarakat kami bisa mengikuti sidang isbat nikah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya dan ini memudahkan masyarakat desa Lonrong,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada kegiatan sidang di luar gedung di Desa Lonrong terdapat 24 pasangan yang mengikuti sidang isbat nikah dari 3 dusun.

Reporter: IKM

Share :

Baca Juga

EKBIS

Skenario New Normal Ini Yang Sulit Dipenuhi Pengusaha

NEWS

Warga Bulukumba Terlantar di Pontianak Masih Menunggu Uluran Tangan Pemerintah 

NEWS

Komunitas 86 SMA 1 Bulukumba Serahkan Bantuan Untuk Korban Gempa di Sulbar

DAERAH

Respon Kasus 011, Jubir Gugus Tugas Covid-19 Bulukumba Sebut Sudah diberi Pelayanan SOP

NEWS

Undang Salim Group Investasi di Bulukumba, 5 Ribu Hektar Lahan Disiapkan

NEWS

Sesuaikan Kebutuhan, Perekrutan Honorer Dihentikan

NEWS

Dapat Kejutan dari Jajaran Reskrim, AKP Bayu Injakan Usia ke-34 Tahun

DAERAH

Hanya Berselang 2 Hari, Positif Covid-19 di Bulukumba Tambah 2 Lagi
error: Content is protected !!