Sholat Dhuha, Ini Waktu Terbaik Mengerjakannya

KUMANIKA.com— Memanfaatkan bulan suci Ramadan sebagai kesempatan bagi siapa pun yang hendak berlomba-lomba mencari pahala dan kebajikan di dalamnya. Salah satu amalan yang bisa dilakukan adalah pengamalan sholat dhuha.

Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dikerjakan minimal dua rakaat hingga 12 rakaat. Waktu sholat dhuha dibagi menjadi tiga waktu, yakni:

Awal Waktu
Waktu sholat dhuha di awal waktu disebutkan setelah matahari terbit dan meninggi. Hal ini dijelaskan dalam hadis dari ‘Amr bin ‘Abasah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Kerjakan shalat subuh kemudian tinggalkan sholat hingga matahari terbit, sampai matahari meninggi. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud.” (HR. Muslim).

Baca Juga:  Diskotek dan Panti Pijat Dibuka, Pemerintah Siapkan Protokol Kesehatan

Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin berkata, “Awal waktu sholat Dhuha adalah ketika matahari meninggi setinggi tombak ketika dilihat, yaitu 15 menit setelah matahari terbit.” (Syarh Al Arba’in An Nawawiyah).

Akhir Waktu
Waktu sholat dhuha di akhir waktu yaitu dekat dengan waktu zawal, yaitu waktu tergelincirnya matahari ke barat.

Syaikh Ibnu ‘Utsaimin berkata, “Sekitar 10 atau 5 menit sebelum waktu zawal (matahari tergelincir ke barat).

Waktu Terbaik
Sedangkan waktu sholat dhuha yang terbaik atau yang utama adalah di akhir waktu, di mana keadaan yang semakin panas. Hal ini dijelaskan dalam hadis berikut,

Baca Juga:  Kades Lolisang Berbagi Bahagia di Kampung Ramadhan BPC Hipmi Bulukumba

“Zaid bin Arqom melihat sekelompok orang melaksanakan sholat Dhuha, lantas ia mengatakan, “Mereka mungkin tidak mengetahui bahwa selain waktu yang mereka kerjakan saat ini, ada yang lebih utama. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “(Waktu terbaik) shalat awwabin (sholat Dhuha) yaitu ketika anak unta merasakan terik matahari.” (HR. Muslim).

Imam Nawawi mengatakan, “Inilah waktu utama untuk melaksanakan shalat Dhuha. Begitu pula Syafi’iyah mengatakan bahwa ini adalah waktu terbaik untuk shalat Dhuha. Walaupun boleh pula dilaksanakan ketika matahari terbit hingga waktu zawal.” (Syarh Shahih Muslim).

Reporter: Devi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template