Home / INSPIRASI

Kamis, 7 Januari 2021 - 15:41 WIB

Sepak Terjang Misbawati, Sabet Penghargaan Bergengsi Hingga Perempuan Pertama Jadi Sekda Bulukumba

BULUKUMBA, KUMANIKA.com–Bupati Bulukumba, Andi Sukri Sappewali melantik Asisten Administrasi Umum, Ir Misbawati A Wawo menjadi Penjabat Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bulukumba di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba.

Ia menggantikan posisi Andi Bau Amal yang telah memasuki purnabakti atau masa pensiun pada akhir tahun 2020, tepatnya Kamis, 31 Desember lalu.

Karir Misbawati sebagai birokrat terbilang cemerlang. Sebelum menduduki jabatan Asisten Administrasi Umum, ia pernah menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Saat itu ia mendorong lahirnya Perda Pengukuhan, Pengakuan Hak, dan Perlindungan Hak Masyarakat Hukum Adat Ammatoa Kajang, sehingga pada akhirnya terbit Keputusan Presiden RI untuk pengelolaan Hutan Adat di kawasan Ammatoa.

Selama berkecimpung di sektor kehutanan, ia juga mendorong terwujudnya perhutanan sosial di Kabupaten Bulukumba.

Atas dedikasinya dan kepeduliannya ke Perhutanan Bulukumba, Misbawati A Wawo diganjar Penghargaan Tokoh Penggerak Nasional Perhutanan Sosial dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Pemberian Apresiasi ini dilaksanakan dalam rangkaian Festival Perhutanan Sosial. Sebanyak 11 Tokoh Penggerak Perhutanan Sosial menerima penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) saat itu, Siti Nurbaya bersama dengan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Teten Masduki di Gedung Manggala Wanabakti Senayan Jakarta, Kamis (28/11/2019) lalu.

Baca Juga:  Dinas Lingkungan Hidup Sebut Dokumen Proyek Jembatan Bialo Sudah Rampung

Dari 11 tokoh tersebut, dua diantaranya berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan. Selain Misbawati, yaitu Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah.

Andi Misba menyebutkan, penghargaan tersebut merupakan hasil dari jalan panjang melakukan pendampingan perhutanan sosial di Bulukumba, termasuk dalam penyusunan kebijakan yang mendukung perhutanan sosial.

Bertahun-tahun berbagai tantangan dan hambatan dihadapi. Namun pihaknya tidak pernah surut untuk berupaya melestarikan hutan agar hutan memiliki manfaat bagi masyarakat.

“Penghargaannya didedikasikan kepada masyarakat yang peduli dan memelihara hutan kita, juga kepada rekan-rekan sejawat atas kerja kerasnya,” katanya.

Tak hanya itu, pada Agustus 2019 lalu, Kabupaten Bulukumba menjadi lokasi Pilot Projek yang pertama di Indonesia oleh KLHK dalam melaksanakan percepatan pelayanan perizinan perhutanan sosial secara online, yang dikenal dengan Jelajah Pesona Bulukumba.

Baca Juga:  Lolos CPNS 2019, Farah: Kesempatan Baik Tidak Akan Selalu Datang, Maka Jemputlah

Sebelumnya, untuk pertama kalinya sejak Kabupaten Bulukumba terbentuk, Misbawati Wawo merupakan perempuan pertama yang menjadi Penjabat Sekretaris Daerah di Kabupaten Bulukumba.

Proses pelantikan yang live streaming di medsos Pemda dihadiri Ketua Pengadilan Negeri, Forkopimda, Staf Ahli, Asisten dan para Kepala Perangkat Daerah dengan menerapkan protokol kesehatan.

Usai melantik dan mengambil sumpah penjabat Sekda Bulukumba, Bupati AM Sukri Sappewali menyampaikan bahwa dipilihnya Misbawati Wawo menjadi Penjabat Sekda diharapkan mampu melaksanakan amanah dari pimpinan dalam mengemban amanah jabatan Sekda, dengan pertimbangan Misbawati memiliki pengalaman birokrasi serta berbagai prestasi yang telah ditorehkan.

“Saya berharap dengan kepercayaan yang diberikan, Andi Misbawati Wawo dapat mempertahankan kinerja pemerintahan yang lebih baik dan lebih optimal, khususnya dalam masa transisi periode pemerintahan saya bersama Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto dengan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pilkada yang lalu,” pintanya, Rabu 6 Januari 2020.

Share :

Baca Juga

INSPIRASI

Majelis Taklim Jami Jabal Nur Ajak Warga Desa Bukit Harapan yang Berkecukupan Bersedekah

INSPIRASI

Camat Gantarang Pemilik Senyum Bersahaja yang Hobi Bersepeda

INSPIRASI

Iswan Si Jago Berkebun Ini Butuh Smartphone untuk Belajar Daring

INSPIRASI

Berkenalan Dengan si Cantik Nayla Putri, Remaja Bulukumba Penulis Novel ‘Butterfly’

INSPIRASI

Iswan, Remaja Bulukumba yang Jago Bikin Pupuk Organik Akhirnya Dapat Hadiah Smartphone

INSPIRASI

“Skripsi Tertunda. Jadikan Peluang Rintis Usaha”

INSPIRASI

Mengadopsi Semangat Kartini, Untuk Ekonomi Kreatif

INSPIRASI

23 Tahun Malang Melintang di Pemerintahan, Daud Kahal Pernah Cicipi Dunia Cleaning Service