Home / DAERAH / HEADLINE / NEWS

Jumat, 26 Juni 2020 - 09:00 WIB

Sempat Menolak Pembentukan Pansus, F-PKB Bulukumba Akhirnya Melunak

Ketua Komisi B DPRD Bulukumba, Fahidin HDk [IST]

Ketua Komisi B DPRD Bulukumba, Fahidin HDk [IST]

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Fraksi PKB Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba akhirnya melunak setelah sebelumnya menolak rencana pembentukan Panitia Khusus (Pansus), Rabu, 24 Juni 2020 kemarin.

Ketua Fraksi PKB Bulukumba, Fahidin HDK menerangkan bahwa rapat awal yang dihadiri seluruh pimpnan fraksi menyetujui pembentukan pansus. Dimana dari 8 fraksi, ada 5 fraksi sepakat membentuk pansus.

Sedangkan tiga fraksi, yakni F-PKB, F-Gerindra, F-Demokrasi Indonesia menolak usulan pembentuk pansus tersebut.

“Jadi berdasarkan banyaknya aspirasi dan temuan anggota DPRD saat reses ada 5 fraksi sepakat bentuk pansus. Kami inginnya dilakukan tingkat RDP atau panja saja agar DPRD memiliki data lengkap untuk mengambil keputusan apakah pansus atau gimana,” terangnya, Kamis, 25 Juni 2020.

Baca Juga:  DPRD Bulukumba Sosialisasi Perda Pengelolaan Air Limbah Domestik di Rilau Ale

Selain mengumpulkan bukti-bukti atau data, menurut Fahidin dua agenda pansus yakni Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dan Bantuan Sosial (Bansos) saat ini telah berada diranah hukum. Sehingga agar tidak menimbulkan tumpang tindih, maka PKB menurutnya mengusulkan pansus ditiadakan dulu.

“Jadi alasan PKB tidak setujuh ada pansus karena BOK dan Bansos itu sudah masuk ranah hukum. Agar tidak menimbulkan tumpang tindih makan seharunya biarkan saja pihak penegak hukum menuntaskan ini,” ujarnya.

Meski demikian, Fahidin mengaku jika PKB memilih melunak dengan keputusan lembaga DPRD untuk membentuk tiga pansus tersebut. Dimana hal itu menurutnya bagian dari proses demokrasi yang PKB akan hormati.

Baca Juga:  Kejar Deadline, DPRD Bulukumba Nonstop Bahas APBD Perubahan 2020

“Karena sudah diputuskan dan menjadi keputusan lembaga, maka kita hormati. PKB memahmi bahwa proses demokrasi itu seperti ini dan harus kita terima. PKB juga akan mengirim wakil dalam pansus nantinya,” pungkasnya.

Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Bulukumba bersepakat membentuk Tiga Pansus diantaranya Pansus Biaya Operasional Kesehatan (BOK), Pansus Bantuan Sosial (Bansos), serta Pansus Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa.

Keputusan itu ditetapkan melalui rapat dengan seluruh anggota Bamus yang digelar di ruang rapat paripurna, Rabu, 24 Juni 2020. (*/ch)

Share :

Baca Juga

NEWS

PPD & KKN UIN Sukses Meriahkan Maulid Nabi di Desa Salemba

NEWS

Sehari Jelang HUT Bulukumba ke-61, Layar Pinisi Akhirnya di Benahi

DAERAH

Wabup Bantaeng: Laporan Keuangan Bantaeng Sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan

DAERAH

Penutupan Latihan Standarisasi Prajurit Kostrad, Bupati Bulukumba Dapat Brevet Cakra

HEADLINE

KPK Tetapkan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Sebagai Tersangka

HEADLINE

Sidang Korupsi Bersitegang, Ketua Majelis Hakim Desak JPU Hadirkan Bupati Bulukumba

NEWS

Pemindahan Bongkar Muat Pasar Cekkeng Dianggap Cara Tingkatkan PAD Retribusi

NEWS

Misbawati Kembali Dilantik Jadi Pejabat Sekda Bulukumba