Home / HEADLINE

Kamis, 11 Juni 2020 - 15:23 WIB

Sejak 2012, Bulukumba Kembali Terima WTP yang Kedelapan Kalinya

Bupati AM Sukri Sappewali bersama dengan Ketua DPRD Bulukumba menandatangani penerimaan opini WTP. (ist)

Bupati AM Sukri Sappewali bersama dengan Ketua DPRD Bulukumba menandatangani penerimaan opini WTP. (ist)

BULUKUMBA, KUMANIKA.com – Pemerintah Kabupaten Bulukumba kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bulukumba Tahun Anggaran 2019.

Opini WTP ini menjadi predikat WTP yang kedelapan kalinya secara berturut-turut diterima oleh Pemerintah Kabupaten Bulukumba sejak tahun 2012.

Karena dalam situasi wabah pandemi Covid-19, penyerahan LHP LKPD 2019 oleh BPK RI perwakilan Sulawesi Selatan dilakukan secara virtual kepada 6 kabupaten kota, yaitu Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bulukumba, dan Sinjai.

Dalam penyerahan LHP ini, Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten kota yang menandatangani Berita Acara Serah Terima (BAST) LHP berada di wilayahnya masing-masing, pada Kamis (11/6/2020).

Wahyu Priyono, mengatakan pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah merupakan bagian dari tugas konstitusional BPK sebagai rangkaian akhir dari proses pemeriksaan.

Baca Juga:  Tanggul Jebol Penyebab Banjir Bandang di Bantaeng

“Pemeriksaan ini tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan adanya penyimpangan (fraud) dalam pengelolaan keuangan. Namun demikian jika ada ditemukan maka tetap diungkap dalam laporan,” imbuh Kepala BPK Perwakilan Sulawesi Selatan Wahyu Priyono dalam sambutannya secara virtual.

Opini yang diberikan oleh pemeriksa, lanjut Wahyu merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai “kewajaran” laporan keuangan, bukan merupakan jaminan tidak adanya fraud yang ditemukan, atau pun kemungkinan timbulnya fraud di kemudian hari.

Ditambah olehnya, khusus mengenai tindak lanjut oleh DPRD, apabila terdapat kekurang jelasan atas isi materi LHP ini, maka DPRD dapat mengusulkan pertemuan konsultasi dan BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut atas materi hasil pemeriksaan yang dirasakan belum jelas.

Baca Juga:  Kadinkes Sulsel Sebut 12 Kabupaten Aman Covid-19, Berikut Daftarnya

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali menyampaikan terima kasih kepada BPK RI yang telah menyelesaikan Laporan Hasil Pemeriksaannya dan memberikan hasil Opini WTP bagi LKPD Pemkab Bulukumba.

“Terima kasih kepada seluruh staf, Wakil Bupati, Sekda, Asisten, Staf Ahli dan para Kepala OPD, instansi vertikal BUMD/BUMD dan seluruh masyarakat Bulukumba atas kerjasamanya sehingga kita memperoleh predikat WTP dari BPK,” imbuhnya.

AM Sukri Sappewali mengaku bersyukur atas capaian meraih opini WTP untuk tahun anggaran 2019 ini.

Ia mengapresiasi jajaran Pemkab Bulukumba bersama dengan DPRD Bulukumba atas kinerjanya yang mampu mempertahankan WTP dengan melaporkan pengelolaan keuangan tepat waktu dan sesuai peraturan perundang-undangan.

“Semoga capaian ini mendorong kita semua untuk bekerja lebih giat dan produktif,” beber AM Sukri Sappewali. (**)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Direktur RSUD Bulukumba Diperiksa Polisi

DAERAH

Respon Kasus 011, Jubir Gugus Tugas Covid-19 Bulukumba Sebut Sudah diberi Pelayanan SOP

DAERAH

Akhir Pekan, Pasien Positif Covid-19 Bulukumba Naik Lagi: Tambah 18 Kasus Baru

DAERAH

[VIDEO] Kadis Pariwisata Bulukumba: Objek Wisata Titik Nol Tetap Buka

DAERAH

Bantaeng Potensi Jadi Sentra Ekspor Bawang, Mentan SYL Suntik Rp13 Miliar ke Petani

HEADLINE

Harapan Guru Besar UIN Alauddin Terhadap Bupati Baru Bulukumba

DAERAH

Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bulukumba Turun 1,09 Persen

DAERAH

Diduga Kampanyekan Wakilnya di Pilkada, Bupati Bulukumba Diperiksa Bawaslu