Home / PARIWISATA

Senin, 12 April 2021 - 21:04 WIB

Sambut Ramadhan, Kunjungan Wisata Pantai Tanjung Bira Meningkat Signifikan

Pantai Pasir Putih Tanjung Bira. (Doc:Kumanika)

Pantai Pasir Putih Tanjung Bira. (Doc:Kumanika)

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— Akhir pekan jelang bulan suci Ramadhan 2021, kunjungan wisatawan di kawasan wisata Pantai Tanjung Bira Kabupaten Bulukumba mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Kepadatan terjadi sejak memasuki bulan April 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba, Muh Ali Saleng mengatakan pekan kedua April capai puncak kunjungan wisatawan.

“Peningkatan sangat signifikan bahkan mencapai puncaknya yang belum pernah terjadi sebelumnya pada akhir pekan kemarin, sekalipun tetap pada penerapan protokol kesehatan” bebernya.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kab. Bulukumba, jumlah kunjungan wisatawan pada 1-12 April 2021 berjumlah 20.486 orang. Terdiri atas dewasa 18.196, anak-anak 2.286, dan wisatawan mancanegara 4 orang.

Baca Juga:  Bukan Hanya Nirwan, H Thalib Lebih Dulu Dapat Restu Andi Utta

Pihaknya mengakui meskipun terkadang ada yang masuk tidak mengambil karcis. Juga diantaranya meminta keringanan, seperti kami memberikan diskon biaya retribusi masuk 20 hingga 30% kepada rombongan ataupun komunitas-komunitas.

“Memberikan keringanan juga bisa dikata menjadi teknik agar obyek wisata ramai kunjungan dan wisatawan tidak bosan untuk datang ke Bira,” pungkasnya.

Kunjungan wisatawan yang tampak ramai sejak dua pekan lalu, datang dari berbagai daerah bahkan dari luar pulau Sulawesi untuk menikmati keindahan wisata bahari Bulukumba.

Baca Juga:  Persiapkan Dunia Kerja, SMK Putra Bangsa Bulukumba Lakukan UKK

“Wisatawan datang dari berbagai daerah tidak hanya dari Sulawesi Selatan sendiri, terbukti dari kunjungan study tour Pokdarwis Sulawesi Barat, banyak juga yang dari pulau jawa,” ungkap Ali Saleng.

Mayoritas yang berkunjung, kata dia, selain dalam rangka jelang bulan ramadan, juga bersamaan libur akhir pekan. Dengan rata-rata menginap dua hingga tiga hari. Sehingga penginapan dan hotel yang ada di kawasan Tanjung Bira bisa dikatakan rata-rata full.

Reporter: Devi

Share :

Baca Juga

PARIWISATA

Sidak Dinas Pariwisata, Bupati Bulukumba Tekankan Pentingnya Kenyamanan Berwisata

PARIWISATA

Resah Dengan Konsep Wisata Yang Ada, Hingga Membuat Wisata Alternatif

PARIWISATA

Dorong Pemulihan Pariwisata, ini Calender of Event Bulukumba 2021

PARIWISATA

Dispar Bulukumba Ekspose Rencana Kerja Pariwisata

PARIWISATA

Dispar Bulukumba Pastikan Pantai Bira Tetap Buka di Tahun Baru dan Natal

PARIWISATA

Study Banding ke Desa Wisata Kabba, Kepala Desa Tamatto Target Ekowisata

PARIWISATA

Promosi Pariwisata, Dispar Bulukumba Agendakan Event Seni Budaya

PARIWISATA

Selain Kawasan Bira, Dispar Bulukumba Dorong Pengembangan Desa Wisata