UPDATE COVID-19

Home / KABAR PARLEMEN

Kamis, 15 Oktober 2020 - 14:00 WIB

Disebut Kurang Matang, Dewan Soroti Realisasi Belanja Pemkab Bulukumba

BULUKUMBA, KUMANIKA.com–Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba menyoroti realisasi belanja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba yang dianggap tak mampu merealisasikan belanja 100 persen setiap tahunnya.

Hal itu tentu berbuntut pada Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) selalu tinggi.

Anggota DPRD Bulukumba Fraksi Bintang Keadilan, Andi Rantinah Amin mengingatkan, Pemkab perlu memperbaiki setiap perencanaan pembangunan yang dilakukan guna menekan Silpa yang setiap tahunnya mencapai miliaran rupiah.

Baca Juga:  Ketok Palu APBD-P 2020 Bulukumba, Dewan Minta Pemda Genjot PAD

Realisasi belanja kata dia, pada umumnya masih dibawah 50 persen. Itu dianggap akibat dari kurang matangnya perencanaan dan lambatnya dilaksanakan.

“Pada umumnya realisasi belanja hanya dibawah 50 persen. Salah satu penyebabnya adalah perencanaan yang kurang matang dan terlambat dilaksanakan. Harusnya ini menjadi perhatian,” katanya, Kamis (15/10/2020).

Atas dasar itu, Andi Rantinah menyarankan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) semestinya lebih awal melaksanakan kegiatan fisik dengan diiringi persiapan anggaran perencanaan untuk tahun berikutnya dalam APBD Perubahan.

Baca Juga:  Begini Kinerja Dan Hasil Temuan 3 Pansus Bentukan DPRD Bulukumba Dalam Pengawasan Anggaran

“Untuk mengatasi masalah itu, setiap harusnya OPD bisa melaksanakan kegiatan fisik lebih awal. Maka, seharusnya menyiapkan anggaran perencanaan untuk tahun berikutnya dalam APBD Perubahan,” imbuhnya.

Meski demikian, legislator PKS ini mengakui jika sejumlah OPD telah menganggarkan perencanaan sehingga kedepannya diharapkan seluruh serapan dan belanja bisa terealisasikan sesuai target dan perencanaan.

“Beberapa OPD telah menganggarkan perencanaan sekaligus diharapkan ini akan menjadi perhatian sehingga pelaksanaan kegiatan bisa berjalan sesuai yang direncanakan,” kunci Andi Rantinah.

Share :

Baca Juga

KABAR PARLEMEN

Duh! Dewan Kembali Temukan Dana Jampersal Dinkes Bulukumba Belum Terbayarkan ke Beberapa Puskesmas

KABAR PARLEMEN

Dewan Sebut Rp 5 Miliar Dana BOK 2020 Dinkes Bulukumba Berpotensi Kerugian

KABAR PARLEMEN

Ketua DPRD Bulukumba: Pansus Punya Waktu Panjang Bekerja

KABAR PARLEMEN

Dewan Minta Dinas PUTR Bulukumba Maksimalkan Program

KABAR PARLEMEN

Diminta Genjot Pembangunan Infrastruktur, Begini Jawaban Bupati Bulukumba

KABAR PARLEMEN

Pemasangan Lampu Jalan Tak Merata, Dewan Minta PUTR Bulukumba Diaudit

KABAR PARLEMEN

Efisienkan Waktu, DPRD Bulukumba Segera Bahas APBD 2021

HEADLINE

Dewan Desak Dinkes Bulukumba Bayar Gaji Petugas PSC Pekan Ini