UPDATE COVID-19

Home / HUKUM / POLITIK

Senin, 12 Oktober 2020 - 18:45 WIB

Sebar Ujaran Kebencian, Facebook Caleg PKS Bulukumba Dipolisikan

BULUKUMBA, KUMANIKA.com — Tensi politik di Pilkada Bulukumba 2020 memanas. Sebuah Postingan sosial media Facebook milik Sirajuddin Sira, yang diduga mencemarkan nama baik pasangan calon nomor urut 3 Tomy Satria Yulianto-H. Andi Makkasau berbuntut hukum. Sebab Relawan Tomy Satria Yulianto-H. Andi Makkasau resmi melaporkan kasus pencemaran nama baik itu ke Polres Bulukumba, Senin (12/10/2020).

Safruddin, selaku Relawan Sahabat TSY, bersama 10 orang lainnya menyambangi Kanit Tipdeter Polres Bulukumba dengan aduan postingan akun Sirajuddin Sira pada tanggal 10 Oktober 2020. Facebook Sirajuddin Sira diketahui adalah akun asli yang dikendalikan

Safruddin yang ditemui awak media usai melapor mengaku, akun tersebut menyebar Ujaran Kebencian (Hate Space) dan hoaks alias informasi bohong di facebook pribadinya dengan terang-terangan menulis bahwa pasangan calon bupati Tomy Satria Yulianto dan H. Andi Makkasau adalah paslon yang sengaja tidak menyelesaikan pembayaran tenda pada kegiatan silaturahmi akbar di daerah Bontobangun, Kecamatan Rilau Ale beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Bupati Bulukumba Sebut Tak Miliki Kewenangan Beri Sanksi ASN yang Terlibat Pilkada

“Dengan adanya postingan tersebut kami dari relawan sahabat TSY dirugikan. Perlu kami sampaikan diwaktu bersamaan terdapat dua kegiatan, yaitu silaturahmi akbar dan turnamen game online PUBG. Kedua kegiatan ini mempunyai penanggung jawab yang berbeda. Sosialisasi Akbar penanggung jawabnya adalah relawan TSY-AM, sedangkan giat PUBG itu di luar dari kuasa kami karena informasinya, itu giat perseorangan dari salah satu warga di sana, Ujar Safruddin.

Safruddin menegaskan, perihal bayaran sewa tenda silaturahmi akbar, telah diselesaikan di hari yang sama, sehingga postingan akun Sirajuddin Sira yang menagih soal sewa tenda lomba PUBG, sama sekali tidak ada kaitannya dengan pasangan Kacamatayya.

“Atas fitnah ini, kami melaporkan akun Sirajuddin Sira ke Polres Bulukumba, supaya menjadi pelajar bagi kita semua untuk tetap berhati-hati dalam menggunakan sosial media. Kami juga meminta ke Polres Bulukumba untuk mengusut tuntas kasus ini, dan segera memanggil pemilik akun tersebut. Karena ini akun asli, bukan aku akun anonim,”Tegasnya.

Baca Juga:  Dewan Segera Panggil Dinas PMD dan Sejumlah Camat di Bulukumba

Seperti diketahui, Akun Facebook Sirajuddin Sira pada 10 Oktober lalu memposting di berandanya yang menyebutkan pasangan TSY-AM belum membayar sewa tenda TSY-AM sejak bulan juli lalu. Postingan tersebut kini juga telah tersebar dan dikomentari sejumlah warganet.

“Sewa tenda pertemuan TSYdibontobangun belum dibayarkan sebesar 2 juta lebih sampai skrg, korbannya adalah saudara saya sendiriselaku karyawan pemasangan tenda tersebut, Dan perlu kita ketahui ini sumbangan atau tidak karena kakak saya mempertanyakan itu,” tulis pemilik akun Facebook Sirajudding Sira.

“Tolong penanggung jawab sosialisiasi akbar yg dilakukan Tim TSY-A. Makassau dibontbangun bulan juni, tenda terowongan belum dibayarkan sampai skrg sebesar 2juta lebih harap dimengerti, saudara saya selaku karyawan belum dibayarkan,” ketik Sirajudding Sira pada statusnya yang lain.

Sirajuddin Sira juga diketahui adalah kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS), itu dibuktikan di galery foto facebooknya yang telah mengunggah flayer saat dirinya mencalonkan diri sebagai Caleg 2019 lalu, sayangnya tidak terpilih di Dapil Bulukumpa-Rilau Ale.

Share :

Baca Juga

HUKUM

Niat Mau Lamar Kerja, Seorang Perempuan di Bulukumba Jadi Korban Pelecehan Oknum Satpam

POLITIK

TSY-AM Tertinggi di Survei INDex, Ketua Berkarya Bulukumba: Gerbang Kemenangan Semakin Terbuka

POLITIK

AHP-AMM Kandas di Pilkada Bulukumba Efek Lambatnya Golkar Tentukan Pilihan

POLITIK

Tertibkan APK, Satpol-PP Bulukumba Dinilai Bertindak Sewenang-Wenang

HUKUM

Warga Lapor Salah Satu Oknum Pejabat di Bulukumba

HUKUM

Kronologi Bapak Tiri Tewas di Tangan Anak, Dikejar Hingga 200 Meter

POLITIK

Menanti Demokrat, AHP-AMM Kunci Rekomendasi Hanura di Pilkada Bulukumba

POLITIK

Askar-Pipink Dipastikan Melenggang ke Pilkada Bulukumba 2020, JMS Masih Buru Golkar