Home / DAERAH

Rabu, 31 Maret 2021 - 14:18 WIB

Polda Sulsel Telusuri Penyaluran BNPT Kabupaten Sinjai Tahun 2020

SINJAI, KUMANIKA.com– Penyaluran Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Sinjai, diduga tengah menjadi sorotan pihak kepolisian dengan adanya pengakuan warga yang ditemui anggota Polda Sulsel beberapa waktu lalu.

Penelusuran yang dilakukan pihak kepolisian dikabarkan adanya desas-desus terkait dengan ada oknum yang mengambil keuntungan dalam program tersebut.

“Iyye kemarin ada polisi yang datangi saya, bertanya terkait BPNT, katanya sih polisi dari Polda,” Kata M salah satu warga Sinjai yang terdaftar Sebagai penerima Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Sinjai, Andi Muhammad Idnan, membenarkan adanya penelusuran yang dilakukan pihak kepolisian. Ia mengaku jika kepolisian melakukan penyelarasan mekanisme Peraturan Mentri (Permen) yang diterima E-warung.

“Ia kemarin ada pemeriksaan, tapikan ini (Anggota Polda) hanya mencari asas pemebenaran, sebab banyak kejadian di Kabupaten lain yang melenceng dari Permen, dan apakah E-warung di Sinjai bekerja sesuai dengan Permen, sehingga anggota menemui KPM di tiap Desa untuk dijadikan Sample penyelarasan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pesta Miras Hingga Berhubungan Badan, Dua ABG Diamankan Satpol PP Sinjai

“Saya kan baru Plt disini (Dinsos), jadi yang sudah dan bergulir pemeriksaannya di Polda Sulsel itu pemilik e-warung dan supliyer,” tambahnya.

Lanjut dikatakanya, ada 80 E-warung yang tersebar di 80 Desa/Kelurahan di Sembilan Kecamatan Kabupaten Sinjai.
Dinsos Sinjai hanya sebagai tim evaluasi, Adapun rekrutmen E-warung melalui Bank Mandiri.

“Kami di Dinsos hanya sebagai tim evaluasi penyaluran BPNT, yang memilih E-warung ini sebanyak 80 di setiap desa dan Kelurahan di kabupaten Sinjai adalah Bank Mandiri,” ungkapnya.

“Jadi dana yang digunakan yang jumamlahnya sebanyak Rp 200 ribu perKPM itu Bank Mandiri yang kerja samakan, tinggal Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang membawa kartunya ke e-warung untuk digesek,” sambung Andi Adnan.

Baca Juga:  Kunker BNPT di Bantaeng Disambut Baik Bupati

Penyaluran BPNT di Sinjai kerap disoal oleh penerima KPM. Pasalnya acap kali beras maupun lauk yang diterimah dari E-warung tidak sesuai ekspektasi.

Sementara harapan Kementrian Sosial menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat dengan tujuan mengurangi beban pengeluaran KPM untuk pemenuhan sebagian kebutuhan pangan.

Serta memberikan gizi yang lebih seimbang kepada KPM dan meningkatkan ketepatan sasaran, waktu, jumlah, harga, kualitas, dan administrasi dan memberikan pilihan dan kendali kepada KPM dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Di Kabupaten Sinjai sendiri, tercatat ada 10.981 warga dari 9 Kecamatan menerima BPNT pada tahun 2020.

Reporter: BGS

Share :

Baca Juga

DAERAH

Dorong Digitalisasi Transaksi, Bupati Bantaeng Masuk dalam TP2DD

DAERAH

Februari 2021 Vaksin Synovac terdistribusi, Nakes Enggan Divaksin

DAERAH

Ini Pelaku Penikam Tukang Becak di Bulukumba yang Sempat Terekam CCTV

DAERAH

Lantik Pengurus, Bupati Minta Mabiran Pramuka Bantaeng Aktif Berpartisipasi

DAERAH

Bulukumba Kembali Cetak Rekor Harian Terbanyak, Tambah 34 Kasus Baru Covid-19

DAERAH

Lihat Disiplinnya Pegawai Kantoran Bantaeng Terapkan Protokol Kesehatan Saat Disidak Bupati

DAERAH

Legislator Nasdem Bulukumba Tutup Ruang Kades Balibo, Pelayanan Masyarakat Jadi Korban

DAERAH

Jadi Pemateri, Bupati Bantaeng Tekankan Peran Penting GP Ansor
error: Content is protected !!