Home / PARIWISATA

Selasa, 2 Februari 2021 - 13:36 WIB

Pokdarwis Kahayya Hills Tawarkan Paket Wisata Kopi

Kopi Hitam dan Gula Aren. (IST)

Kopi Hitam dan Gula Aren. (IST)

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kahayya Hills Desa Kahayya melakukan berbagai inovasi penawaran paket wisata untuk mendongkrak kunjungan wisata.

Desa kahayya hampir sepenuhnya dihuni oleh masyarakat yang berprofesi sebagai petani kopi. Ada dua jenis kopi yang dibudidaya di desa Kahayya yakni kopi arabika dan robusta.

Kopi Kahayya merupakan brand kopi yang dibuat oleh masyarakat kelompok tani hutan desa kahayya yang sudah dinikmati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Memiliki keunikan tersendiri, kopi Kahayya sangat sensitif dengan tanaman disekitarnya, misalnya jika ada tanaman pohon kayu manis atau tanaman rempah-rempah lainnya maka aroma kopi Kahayya akan mengikut pada tanaman tersebut.

Baca Juga:  Tebing Setinggi 50 Meter di Dusun Mattirodeceng Kindang Longsor

Salah satu anggota Pokdarwis Kahayya Hills, Hikma Asmanda mengatakan Pokdarwis desa Kahayya telah membuat wisata kopi, namun hanya saat festival kopi saja.

“Untuk paket wisata kopi, kami dari Pokdarwis Kahayya Hills akan mengadakan mulai tahun ini, kami akan mengikuti kalender musim. Wisata kopi sendiri sebenarnya sudah ada sebelumnya, tapi pelaksanaannya hanya saat festival kopi saja,” ujarnya.

Hikma menambahkan paket wisata yang ditawarkan mulai dari edukasi pertanian kopi, memetik biji kopi hingga proses menyeduh kopi buatan sendiri.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata, A Ayu Cahyani menuturkan adanya paket wisata kopi turut berkontribusi dalam pengembangan pariwisata khususnya promosi wisata.

Baca Juga:  Lukisan Bara, Kerajinan Tangan Kreatif Rambah Pasar Pariwisata

“Kami sangat mengapresiasi adanya paket wisata kopi yang diinisiasi oleh Pokdarwis Kahayya Hills, ini berarti telah ikut berkontribusi dalam pengembangan kepariwisataan khususnya promosi wisata. karena dengan menyiapkan paket wisata, Pokdarwis telah membuat paket liburan bagi pengunjung yang terencana dan pastinya menyenangkan, jadi akan lebih tertarik untuk datang ke kahayya,” ungkap A Ayu.

Ia melanjutkan, pengembangan paket wisata dengan cara menjaga kualitas pelayanan paket wisata dan memaksimalkan promosi melalui media sosial, cetak maupun elektronik, serta memaksimalkan kerjasama dengan berbagai pihak yang bergerak di bidang kepariwisataan merupakan hal yang penting.

Reporter: Devi

Share :

Baca Juga

DAERAH

[VIDEO] Kadis Pariwisata Bulukumba: Objek Wisata Titik Nol Tetap Buka

DAERAH

Kadis Pariwisata Bulukumba: Objek Wisata Titik Nol Tetap Buka

PARIWISATA

Dinas Pariwisata Bulukumba Terima Study Tour Pokdarwis dari Provinsi Sulawesi Barat

PARIWISATA

Masa Pandemi, Pengusaha Pariwisata Upayakan Tetap Bertahan

PARIWISATA

HUT PHRI ke-52, ini harapan Ketua PHRI BPC Bulukumba

HEADLINE

Gubernur Sulsel Kucurkan Anggaran Rp 46 Miliar di Wisata Bira Bulukumba

PARIWISATA

Hutan Cafe, Tempat Nongrong di Tengah Hutan Bulukumba

PARIWISATA

Monaco Jadi Referensi Pengembangan Pariwisata Bulukumba
error: Content is protected !!