PLN ULP Barru dan DD Sulsel Salurkan Listrik Gratis untuk Keluarga Pra Sejahtera 

PLN ULP Barru dan DD Sulsel Salurkan Listrik Gratis untuk Keluarga Pra Sejahtera

BARRU, KUMANIKA.com-Listrik masih menjadi kebutuhan mahal bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Meskipun masuk dalam kategori kebutuhan pokok sehari-hari, nyatanya masih banyak warga yang belum terpenuhi kebutuhan listriknya.

Hal tersebut biasanya dikarenakan biaya instalasi yang mahal. Akibatnya, banyak warga yang memilih menyambung listrik dari tetangga. Tak sedikit pula yang terpaksa memilih tinggal dan berdamai dengan gelap gulita.

Melihat keadaan tersebut, PT PLN melakukan gelaran “PLN Virtual Charity Run and Ride (VCRR)”. Kegiatan tersebut sekaligus merupakan rangkaian dari peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-75.

November tahun sebelumnya telah diselenggarakan pula PLN VCRR 2020, sebagai ajang donasi, melalui olahraga lari dan bersepeda.

Penyelenggaraan yang dilangsungkan secara virtual, menjadikan ajang tersebut dapat diikuti di mana saja, di seluruh nusantara. Setiap kilometer dalam berlari dikonversikan ke dalam rupiah sebesar Rp40.000. Sedangkan untuk sepeda sebesar Rp35.000. Nominal tersebut digunakan untuk biaya penyambungan listrik rumah masyarakat Pra Sejahtera, yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan daya 450 VA.

Baca Juga:  Beri Kemudahan Untuk Masyarakat, PLN Luncurkan PLN Mobile

Meskipun program VCRR 2020 sudah berakhir, namun sampai saat ini manfaatnya masih terus disalurkan di berbagai wilayah. Salah satunya Kabupaten Barru. Sebanyak 189 warga kurang mampu yang tersebar di sejumlah tempat, di wilayah tersebut, telah menerima bantuan penyambungan listrik gratis melalui PT PLN Virtual Charity RUN dan Ride.

Manajer PLN ULP Unit Barru, Sandy Sanriaga, mengungkapkan dengan adanya program VCRR ini, para warga mengaku terbantu. Mereka yang sebelumnya menyambungkan listrik dari tetangga, kini memiliki daya listrik sendiri dan dapat mengontrol tagihan bulanannya. Dan bagi warga yang sama sekali tinggal gelap gulita, kini telah bisa merasakan cahaya setiap malam dari bantuan listrik ini dari PLN.

Baca Juga:  Pemkab Bantaeng Usulkan 492 Tenaga PPPK, Porsi Guru Lebih Besar

“Penyaluran listrik gratis ini berupa pemasangan dan instalasi listrik berdaya 450 watt. Dengan daya listrik yang rendah ini, diharapkan membantu kebutuhan listrik masyarakat tidak mampu,” tambah Sandy Sanriaga.

Dalam penyaluran listrik gratis ini, PLN ULP Barru juga bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan (DD Sulsel) sebagai mitra penyaluran. Warga yang mendapat bantuan ini kebanyakan berprofesi sebagai petani dan serabutan. Sasarannya juga diperuntukkan bagi mereka yang berstatus janda dan lansia. Selebihnya disalurkan kepada yang belum bekerja dan tidak memiliki instalasai listrik sama sekali.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template