Sehari Sebelum Tes Urine, Keempat Anggota Satnarkoba Konsumsi Sabu

Sehari Sebelum Tes Urine, Keempat Anggota Satnarkoba Konsumsi Sabu

Bulukumba, Kumanika.com-- Empat orang personel Polres Bulukumba dinyatakan positif setelah seluruh personel menjalani pemeriksaan urine yang dilakukan secara mendadak. Keempat...
Read More
Munas HIPMI Ricuh Sampai Adu Jotos, Begini Kronologinya!

Munas HIPMI Ricuh Sampai Adu Jotos, Begini Kronologinya!

Solo, Kumanika.com-- Video kericuhan Musyawarah Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Munas HIPMI) ke XVII di Hotel Alila, Solo viral di...
Read More
Pemain Mulai Jenuh, Bernardo Disarankan Variasikan Menu Latihan

Pemain Mulai Jenuh, Bernardo Disarankan Variasikan Menu Latihan

Makassar, Kumanika.com-- Kompetensi Liga 1 Indonesia belum juga menemui titik terang kapan akan kembali digelar setelah dihentikan pasca Tragedi Kanjuruhan...
Read More
Banjir Rendam Parepare, Luapan Air Turup Jalan Raya

Banjir Rendam Parepare, Luapan Air Turup Jalan Raya

Parepare, Kumanika.com-- Sejak beberapa hari terakhir, sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan diterjang hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Akibatnya sejumlah...
Read More
Andi Sudirman Dianggap Setengah Hati Mau Bangun Stadion Mattoanging

Andi Sudirman Dianggap Setengah Hati Mau Bangun Stadion Mattoanging

Makassar, Kumanika.com-- Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel menganggap jika Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (ASS) tidak bersungguh-sungguh...
Read More
Porprov Sulsel 2022 Tercoreng, Atlet Dayung Selayar Jadi Korban Pengeroyokan

Porprov Sulsel 2022 Tercoreng, Atlet Dayung Selayar Jadi Korban Pengeroyokan

Sinjai, Kumanika.com-- Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulsel ke XVII diwarnai insiden yang mencoreng setelah atlet dayung asal Kepulauan Selayar jadi...
Read More
Tak Ada Update Perolehan Medali, KONI Bantaeng: Panitia Porprov Kurang Siap

Tak Ada Update Perolehan Medali, KONI Bantaeng: Panitia Porprov Kurang Siap

Bantaeng, Kumanika.com-- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bantaeng menilai jika pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII Sinjai-Bulukumba tidak dalam kondisi...
Read More
Manajemen RSUD Plesiran ke Bali, DPRD Bulukumba Bantah Ikut Serta

Manajemen RSUD Plesiran ke Bali, DPRD Bulukumba Bantah Ikut Serta

Bulukumba, Kumanika.com-- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba angkat bicara terkait adanya tudingan jika sejumlah anggota dewan plesiran ke Pulau...
Read More
Mahfud Dukung Pemilu Nyoblos Parpol Bukan Caleg

Mahfud Dukung Pemilu Nyoblos Parpol Bukan Caleg

Bulukumba, Kumanika.com-- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mendukung jika pemilu dikembalikan ke sistem yang lama, yakni...
Read More
AKTABE Bulukumba Target Bisa Lebih Maju dan Berkembang

AKTABE Bulukumba Target Bisa Lebih Maju dan Berkembang

Bulukumba, Kumanika.com-- Dalam perayaan Dies Natalis ke 14 tahunnya, Akademi Kebidanan Tahira Al-baeti Bulukumba, menargetkan bisa lebih maju dan berkembang....
Read More

Pilkada Bulukumba: Harapan Baru dan Kacamatayya Unjuk Kekuatan Massa, Siapa Paling Banyak?

Andi Utta-Edy Manaf Bergemuruh di Herlang

BULUKUMBA, KUMANIKA.com — Disaat sejumlah bakal calon Bupati dan wakil Bupati Bulukumba untuk Pilkada 2020 masih sibuk berburu dan merampungkan rekomendasi usungan partai politik.

Beda halnya bagi dua pasangan kandidat, Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf dan Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau yang sudah tancap gas unjuk kekuatan massa pendukung masing-masing.

Bagaimana tidak, keduanya sudah merampungkan rekomendasi parpol yang diyakini tidak akan berubah sampai pendaftaran Calon di KPU pada 4 Desember mendatang.

Pasangan Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf dengan tagline Harapan Baru ini diketahui diusung 3 partai besar dengan kekuatan 12 kursi yakni, Gerindra (5 kursi), PAN (4 kursi) dan PKS (3 kursi).

Sedangkan Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau yang bertagline Kacamatayya diusung PKB (4 kursi), PDIP (3 kursi) dan PBB (1 Kursi) sudah mencukupkan koalisi untuk mendaftar di KPU.

Saat ini kedua pasangan kandidat ini sudah massif menggelar sosialisasi yang tak sedikit dihadiri pendukung. Seperti yang terpantau pada Kamis (27/8/2020), keduanya menggelar sosialisasi di wilayah berbeda dan dihadiri ribuan pendukung.

Pasangan Harapan Baru menggelar sosialisasi di bagian Herlang dihadiri ribuan pendukung, meski hujan mengguyur, tak menyulut semangat masyarakat untuk berkumpul di Lapangan Tanuntung sebagai pusat kegiatan sosialisasi.

Ribuan masyarakat tersebut sengaja hadir untuk bertatap muka dengan Andi Muchtar Ali Yusuf-And Edy Manaf (Andi Utta-Edy Manaf).

Andi Utta-Edy Manaf bak seorang artis di Kecamatan Herlang, masyarakat rebutan meminta foto dan bersalaman.

Sosialisasi tersebut juga dihadiri beberapa tokoh mayarakat, seperti Mantan Camat Herlang, Andi Agung, dan juga Karaeng Caccing.

Orasi politik Andi Utta, sapaan Andi Muchtar Ali Yusuf, memberikan semangat baru kepada masyarakat.

Andi Utta mengaku hadir untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat, baik dari sektor pertanian, perikanan, hingga pariwisata.

Baca Juga:  Disebut Kurang Matang, Dewan Soroti Realisasi Belanja Pemkab Bulukumba

Pengalamannya selama 38 tahun membangun usaha mulai dari nol hingga memiliki belasan perusahaan, menjadi salah satu modal besar Andi Utta.

Kembali ke Bulukumba, bukan mencari zona nyaman, tapi justru keluar dari zona nyaman dan bahagianya.

“38 tahun saya tinggalkan Bulukumba. Saya melihat tidak begitu banyak perubahan, sehingga saya merasa terpanggil, ini keluar dari zona nyaman, keluar dari zona bahagia. Tapi ini untuk membangun daerah dan mensejahterakan masyarakat Bulukumba,” kata Andi Utta.

Empat empat filosofi yang disampaikan Andi Utta, yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Yang pertama adalah wawasan yang cukup.

“Kenapa wawasan, katena tidak akan mungkin kita mengajari begitu banyak, melakukan kerja banyak jika tak memiliki wawasan,” jelas Andi Utta.

Kedua, pemimpin harus tegas. Ketegasan seorang pemimpin bisa dilihat dari cara mereka menempatkan orang sesuai dengan bidang keahliannya.

Jika ahli pertanian, jangan diberikan jabatan atau di simpan di perhubungan, karena pada dasarnya sudah tidak sesuai.

“Selanjutnya jujur. Kapan tidak jujur, jangan harap pembangunan seperti Bantaeng misalnya atau Sinjai. Kalau pemimpin hanya harap amplop atau yang ada isinya, jangan harap akan yang lebih baik,” tambahnya.

Filosifi yang keempat adalah cukup harta. Andi menilai, orang yang memiliki harta yang cukup saja masih ada yang terlibat korupsi, terlebih jika pada dasarnya tidak memiliki harta yang cukup.

“Dan Alhamdulillah, saya kembali ke Bulukumba karena saya sudah punya yang keempatnya,” kata Andi Utta disamput sorak tepuk tangan.

Sementara Andi Edy Manaf membeberkan alasannya bertarung kembali di Pilkada Bulukumba 2020.

Menurut Edy Manaf, politik adalah pengabdian,  bukan untuk kepentingan pribadi dan kelompok tertentu.

“Kenapa Andi Edy Majumi seng, karena politik adalah pengabdian, saya berpaket bukan karena kepentingan pribadi. Kalau pribadi, nda mungkin saya tinggalkan anggota DPRD. Gaji anggota dewan lebih tinggi dari wakil bupati,” kata Andi Edy.

Baca Juga:  Askar-Pipink Dipastikan Melenggang ke Pilkada Bulukumba 2020, JMS Masih Buru Golkar

TSY-Makassau Silaturahmi di Bulukumpa

Terpisah di tempat lain, ribuan warga juga tumpah di lapangan Jawi-Jawi, Kelurahan Jawi-Jawi, Kecamatan Bulukumpa.

Mereka datang dari berbagai desa untuk menghadiri kegiatan silaturahmi kandidat pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto – Andi Makkasau.

Dalam kegiatan ini panitia mengaku menyiapkan 2.500 kursi. Terlihat warga sangat padat di bawa tenda. Sebagian besar diantaranya terpaksa harus berdiri sebab tidak kebagian kursi.

“Kami memohon maaf. Panitia kegiatan menyiapkan 2.500 kursi, tapi alahmdulillah masih ada saudara-saudara kita yang tidak kebagian kursi dan berdiri di luar tenda,” kata MC saat memulai kegiatan.

Setelah kegiatan open ceremony pembacaan Tilawah Alqur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Jingel lagu Kacamatayya, kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan pin relawan ke masig-masing Koordinator Desa Relawan Perempuan Kacamatayya (Permata).

Dalam kegiatan itu, salah satu tokoh masyarakat, Amiruddin Umar dalam testimoninya mengatakan, pada kegiatan ini sangat cuaca sangat bersahabat, seiring sejalan dengan pasangan Kacamatayya yang bersahabat.

“Hari ini kita hadir dengan semangat, tekad dan komitmen bahwa pilihan terbaik masyarakat Bulukumba secara umum adalah kecamatayya,” kata Amiruddin.

Dia pun mengajak kepada seluruh warga Bulukumba untuk bersama-sama memenangkan TSY-AM pada Pilkada Bulukumba 9 Desember 2020 mendatang.

“Kita paham bersama bahwa Kacamatayya itu dari hati ke hati. Jaga hatita dan saya jaga hatitku. Pada pasangan Kacamatayya ini di dalamnya ada damai, ada rahmat. Kalau ini kita kembangkan dan tularkan kepada keluarga, Insyah Allah kita akan damai dengan diri sendiri, damai dengan keluarga, damai dengan Allah SWT,” tandasnya.

EDITOR: Arnas Amdas