Musrembangnas 2022, Bantaeng Raih Kabupaten Terbaik Satu PPD Tingkat Nasional

Musrembangnas 2022, Bantaeng Raih Kabupaten Terbaik Satu PPD Tingkat Nasional

KUMANIKA.com - Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin bersama sejumlah Kepala OPD menyaksikan secara virtual Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrembangnas) 2022...
Read More
Bupati Bantaeng Positif Covid-19 Setelah Swab Antigen

Bupati Bantaeng Positif Covid-19 Setelah Swab Antigen

BANTAENG, KUMANIKA.com-- Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengaku telah dua kali menjalani swab antigen. Dari hasil swab itu, dia terkonfirmasi...
Read More
HUT Ke-62 Tahun Kabupaten Bulukumba, Hitam-hitam Lambang Kebesaran Budaya

HUT Ke-62 Tahun Kabupaten Bulukumba, Hitam-hitam Lambang Kebesaran Budaya

BULUKUMBA, KUMANIKA.com-- Tepat tanggal 4 Februari ditahun 2022 ini, Kabupaten Bulukumba memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 62 tahun....
Read More
Disparpora Serahkan Klaim Asuransi ke Ahli Waris Wisatawan Meninggal di Bira

Disparpora Serahkan Klaim Asuransi ke Ahli Waris Wisatawan Meninggal di Bira

BULUKUMBA, KUMANIKA.com-- Ahli waris Fernandus Goenawan (45), Wisatawan yang meninggal di Pantai Tanjung Bira menerima klaim Asuransi Jiwa dari PT...
Read More
Canangkan Vaksinasi Siswa SD, Pemkab Bulukumba Dikunjungi Kapolda Sulsel

Canangkan Vaksinasi Siswa SD, Pemkab Bulukumba Dikunjungi Kapolda Sulsel

BULUKUMBA, KUMANIKA.com-- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan Irjen Nana Sujana dijadwalkan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Bulukumba pada...
Read More
DPRD Ingatkan Pemerintah tak Ada Proyek di 2022 yang Tidak Terlaksana

DPRD Ingatkan Pemerintah tak Ada Proyek di 2022 yang Tidak Terlaksana

BULUKUMBA, KUMANIKA.com-- Sepanjang tahun anggaran 2021 lalu, ada sejumlah proyek yang tidak dilaksanakan. Padahal, proyek yang tidak terlaksana itu tercantum...
Read More
Warga Desa Bontoyeleng Terima Beras BPNT Berwarna Kuning

Warga Desa Bontoyeleng Terima Beras BPNT Berwarna Kuning

BULUKUMBA, KUMANIKA.com-- Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Bontonyeleng dikeluhkan warga, pasalnya beras yang mereka terima dianggap tidak layak...
Read More
Wakil Ketua DPRD Bulukumba Serap Aspirasi Masyarakat Melalui Musrenbang Kelurahan

Wakil Ketua DPRD Bulukumba Serap Aspirasi Masyarakat Melalui Musrenbang Kelurahan

BULUKUMBA, KUMANIKA.com-- Wakil Ketua DPRD Bulukumba, H Patudangi Azis, memastikan jika program kegiatan yang direncanakan 2021 yang tidak terealisasi dapat...
Read More
HIMPAUDI Harap Pemerintah Beri Perhatian Kesejahteraan Guru PAUD

HIMPAUDI Harap Pemerintah Beri Perhatian Kesejahteraan Guru PAUD

BULUKUMBA, KKUMANIKA.com-- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba diharapkan dapat memberikan perhatian kepada guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dimana keberadaan guru...
Read More
PSC Bulukumba Beri Jaminan Layanan 24 Jam

PSC Bulukumba Beri Jaminan Layanan 24 Jam

BULUKUMBA, KUMANIKA.com-- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba terus memperbaiki pelayanan ke masyarakat. Salah satunya Public Safety Center (PSC) yang merupakan ujung...
Read More

Pilkada Bulukumba: Harapan Baru dan Kacamatayya Unjuk Kekuatan Massa, Siapa Paling Banyak?

  • Bagikan

Andi Utta-Edy Manaf Bergemuruh di Herlang

BULUKUMBA, KUMANIKA.com — Disaat sejumlah bakal calon Bupati dan wakil Bupati Bulukumba untuk Pilkada 2020 masih sibuk berburu dan merampungkan rekomendasi usungan partai politik.

Beda halnya bagi dua pasangan kandidat, Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf dan Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau yang sudah tancap gas unjuk kekuatan massa pendukung masing-masing.

Bagaimana tidak, keduanya sudah merampungkan rekomendasi parpol yang diyakini tidak akan berubah sampai pendaftaran Calon di KPU pada 4 Desember mendatang.

Pasangan Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf dengan tagline Harapan Baru ini diketahui diusung 3 partai besar dengan kekuatan 12 kursi yakni, Gerindra (5 kursi), PAN (4 kursi) dan PKS (3 kursi).

Sedangkan Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau yang bertagline Kacamatayya diusung PKB (4 kursi), PDIP (3 kursi) dan PBB (1 Kursi) sudah mencukupkan koalisi untuk mendaftar di KPU.

Saat ini kedua pasangan kandidat ini sudah massif menggelar sosialisasi yang tak sedikit dihadiri pendukung. Seperti yang terpantau pada Kamis (27/8/2020), keduanya menggelar sosialisasi di wilayah berbeda dan dihadiri ribuan pendukung.

Pasangan Harapan Baru menggelar sosialisasi di bagian Herlang dihadiri ribuan pendukung, meski hujan mengguyur, tak menyulut semangat masyarakat untuk berkumpul di Lapangan Tanuntung sebagai pusat kegiatan sosialisasi.

Ribuan masyarakat tersebut sengaja hadir untuk bertatap muka dengan Andi Muchtar Ali Yusuf-And Edy Manaf (Andi Utta-Edy Manaf).

Andi Utta-Edy Manaf bak seorang artis di Kecamatan Herlang, masyarakat rebutan meminta foto dan bersalaman.

Sosialisasi tersebut juga dihadiri beberapa tokoh mayarakat, seperti Mantan Camat Herlang, Andi Agung, dan juga Karaeng Caccing.

Orasi politik Andi Utta, sapaan Andi Muchtar Ali Yusuf, memberikan semangat baru kepada masyarakat.

Andi Utta mengaku hadir untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat, baik dari sektor pertanian, perikanan, hingga pariwisata.

Baca Juga:  Tak Usung Kader di Pilkada Bulukumba, Golkar Cenderung ke Dua Kandidat Ini

Pengalamannya selama 38 tahun membangun usaha mulai dari nol hingga memiliki belasan perusahaan, menjadi salah satu modal besar Andi Utta.

Kembali ke Bulukumba, bukan mencari zona nyaman, tapi justru keluar dari zona nyaman dan bahagianya.

“38 tahun saya tinggalkan Bulukumba. Saya melihat tidak begitu banyak perubahan, sehingga saya merasa terpanggil, ini keluar dari zona nyaman, keluar dari zona bahagia. Tapi ini untuk membangun daerah dan mensejahterakan masyarakat Bulukumba,” kata Andi Utta.

Empat empat filosofi yang disampaikan Andi Utta, yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Yang pertama adalah wawasan yang cukup.

“Kenapa wawasan, katena tidak akan mungkin kita mengajari begitu banyak, melakukan kerja banyak jika tak memiliki wawasan,” jelas Andi Utta.

Kedua, pemimpin harus tegas. Ketegasan seorang pemimpin bisa dilihat dari cara mereka menempatkan orang sesuai dengan bidang keahliannya.

Jika ahli pertanian, jangan diberikan jabatan atau di simpan di perhubungan, karena pada dasarnya sudah tidak sesuai.

“Selanjutnya jujur. Kapan tidak jujur, jangan harap pembangunan seperti Bantaeng misalnya atau Sinjai. Kalau pemimpin hanya harap amplop atau yang ada isinya, jangan harap akan yang lebih baik,” tambahnya.

Filosifi yang keempat adalah cukup harta. Andi menilai, orang yang memiliki harta yang cukup saja masih ada yang terlibat korupsi, terlebih jika pada dasarnya tidak memiliki harta yang cukup.

“Dan Alhamdulillah, saya kembali ke Bulukumba karena saya sudah punya yang keempatnya,” kata Andi Utta disamput sorak tepuk tangan.

Sementara Andi Edy Manaf membeberkan alasannya bertarung kembali di Pilkada Bulukumba 2020.

Menurut Edy Manaf, politik adalah pengabdian,  bukan untuk kepentingan pribadi dan kelompok tertentu.

“Kenapa Andi Edy Majumi seng, karena politik adalah pengabdian, saya berpaket bukan karena kepentingan pribadi. Kalau pribadi, nda mungkin saya tinggalkan anggota DPRD. Gaji anggota dewan lebih tinggi dari wakil bupati,” kata Andi Edy.

Baca Juga:  Kejar Deadline, DPRD Bulukumba Nonstop Bahas APBD Perubahan 2020

TSY-Makassau Silaturahmi di Bulukumpa

Terpisah di tempat lain, ribuan warga juga tumpah di lapangan Jawi-Jawi, Kelurahan Jawi-Jawi, Kecamatan Bulukumpa.

Mereka datang dari berbagai desa untuk menghadiri kegiatan silaturahmi kandidat pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto – Andi Makkasau.

Dalam kegiatan ini panitia mengaku menyiapkan 2.500 kursi. Terlihat warga sangat padat di bawa tenda. Sebagian besar diantaranya terpaksa harus berdiri sebab tidak kebagian kursi.

“Kami memohon maaf. Panitia kegiatan menyiapkan 2.500 kursi, tapi alahmdulillah masih ada saudara-saudara kita yang tidak kebagian kursi dan berdiri di luar tenda,” kata MC saat memulai kegiatan.

Setelah kegiatan open ceremony pembacaan Tilawah Alqur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Jingel lagu Kacamatayya, kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan pin relawan ke masig-masing Koordinator Desa Relawan Perempuan Kacamatayya (Permata).

Dalam kegiatan itu, salah satu tokoh masyarakat, Amiruddin Umar dalam testimoninya mengatakan, pada kegiatan ini sangat cuaca sangat bersahabat, seiring sejalan dengan pasangan Kacamatayya yang bersahabat.

“Hari ini kita hadir dengan semangat, tekad dan komitmen bahwa pilihan terbaik masyarakat Bulukumba secara umum adalah kecamatayya,” kata Amiruddin.

Dia pun mengajak kepada seluruh warga Bulukumba untuk bersama-sama memenangkan TSY-AM pada Pilkada Bulukumba 9 Desember 2020 mendatang.

“Kita paham bersama bahwa Kacamatayya itu dari hati ke hati. Jaga hatita dan saya jaga hatitku. Pada pasangan Kacamatayya ini di dalamnya ada damai, ada rahmat. Kalau ini kita kembangkan dan tularkan kepada keluarga, Insyah Allah kita akan damai dengan diri sendiri, damai dengan keluarga, damai dengan Allah SWT,” tandasnya.

EDITOR: Arnas Amdas

  • Bagikan