Home / KABAR PARLEMEN

Selasa, 18 Mei 2021 - 15:21 WIB

Pesta Panen Raya, Wakil Ketua DPRD Dampingi Bupati Bulukumba

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba, H Patudangi, bersama Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf menghadiri Pesta Panen Raya Padi yang digelar di Desa Bontoraja, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Selasa, 18 Mei 2021.

Pesta panen yang digelar Dinas Tanaman Pangan Hortikultura merupakan hasil dari kelompok tani 7 Kanang-Kanang menggunaan Pupuk Organik Agrodyke.

Patudangi mengatakan bahwa pesta panen tersebut merupakan dukungan DPRD Bulukumba terhadap petani Bulukumba dalam melakukan upaya optimalisasi hasil panen agar stok beras secara wilayah dan nasional dapat stabil.

“Ini bentuk dukungan kita terhadap petani agar agar para petani mampu mengoptimalkan hasil panen untuk menjamin stok beras secara nasional dan melakukan stabilitas harga gabah atau beras petani pada saat musim panen tiba,” ungkapnya.

Menurut Patudangi, DPRD Bulukumb terus mendorong peningkatan hasil produksi pertanian agar gabah yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik. Seiring dengan komitmen pemerintah menjaga produksi dan kesejahteraan petani.

Baca Juga:  Komisi A Kunker ke DPRD Sidoarjo, Konsul Pilkades Sistem E-Voting

“Apa yang kita lakukan hari hari ini merupakan bentuk dukungan kepada petani untuk menghasilkan gaba berkualitas apalagi pemerintah telah berkomitmen menjaga produksi dan meningkatkan kesejahteraan petani,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, mengatakan bahwa demonstrasi plot (Demplot) penanaman padi menggunakan pupuk organik telah menunjukan hasil yang cukup baik dalam mencapai peningkatan produksi pertanian.

“Panen raya ini sangat tepat dan relevan, karena sejalan dengan upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas produksi hasil pertanian, melalui penyediaan bibit unggul dan pupuk serta sarana dan prasarana pertanian yang memadai dan merata,” terangnya.

Menurut Andi Utta, sebutan akrab Andi Muchtar Ali Yusuf. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya produktivitas dan daya saing pertanian di Bulukumba. Salah satunya yakni persoalan benih, terutama benih untuk tanaman pangan.

Baca Juga:  Soal Pengembalian Kerugian Negara, Pansus Covid-19 DPRD Belum Keluarkan Rekomendasi

“Sarana pengairan irigasi yang belum maksimal dan dampak dari perubahan iklim juga menjadi faktor yang mempengarui produktivitas pertanian kita. Sehingga pemerintah harus hadir sebagai regulator penyediaan bibit unggul yang berdampak bagus,” ujarnya.

Diketahui secara keseluruhan, luas sawah di kabupaten Bulukumba mencapai 22.991 Hektar. Sementara di Kecamatan Gantarang sendiri terdapat 8.055 hektar area persawahan.

Berdasarkan data tahun 2020, realisasi tanam sebesar 37.477,05 hektar, produksi panen sebesar 263.745,16 ton dan Produktivitas sebesar 6,01 Ton per hektar.

“Olehnya itu, salah satu target kinerja Pemerintah di tahun 2021 adalah meningkatkan produktivas hasil pertanian,” pungkas orang nomor satu di Butta Pantrita Lopi.

Reporter: IKM

Share :

Baca Juga

KABAR PARLEMEN

DPRD Bulukumba Giat Sosialisasi Perlindungan dan Pelayanan Disabilitas, Kini di Dapil IV

KABAR PARLEMEN

DPRD Bulukumba Rumuskan Pilkades Sistem e-Voting

KABAR PARLEMEN

Rapat Hingga Fajar, Anggota DPRD Rela Tak Istirahat Hingga Kesehatan Fisiknya Menurun

KABAR PARLEMEN

Dewan Apresiasi Aksi Protes Atas Pernyataan Presiden Prancis yang Lecehkan Umat Islam

KABAR PARLEMEN

Didesak Dewan, Dinkes Bulukumba Pastikan Dana Non Kapitasi Rp 1,9 Miliar Segera Cair

KABAR PARLEMEN

Fraksi PKB Minta Pemkab Bulukumba Kembali Analisa Struktur APBD

KABAR PARLEMEN

Ketua DPRD Bulukumba: Pansus Punya Waktu Panjang Bekerja

KABAR PARLEMEN

Delapan Fraksi DPRD Bulukumba Terima Ranperda APBD Perubahan
error: Content is protected !!