Home / PARIWISATA

Sabtu, 10 April 2021 - 20:12 WIB

Persiapkan Dunia Kerja, SMK Putra Bangsa Bulukumba Lakukan UKK

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– SMK Putra Bangsa Bulukumba lakukan Ujian Kompetensi Kelulusan (UKK) sebagai bentuk komitmen dalam mempersiapkan calon-calon pekerja dan pelaku usaha di sektor pariwisata.

UKK dengan melibatkan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DPC Bulukumba sebagai tim penguji diikuti oleh 41 siswa yang digelar di aula kelas dan ruang praktek travel dan tour SMK Putra Bangsa Bulukumba, Jalan Poros Ujung Loe KM 2, Kelurahan Kalumeme.

Kepala Sekolah SMK Putra Bangsa Bulukumba, Nirmawati, berharap pelaksanaan UKK agar sekolah bisa mengukur dan dapat mengevaluasi capaian kompetensi siswa, dan dengan adanya UKK siswa dapat memperoleh sertifikat kompetensi yang nantinya sangat berguna untuk bisa terjun ke industri pariwisata.

“Alhamdulillah pelaksanaan UKK berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan, siswa siswi sukses mengikuti semua materi UKK dan dinyatakan kompeten di bidang perjalanan wisata,” bebernya.

Baca Juga:  Aset Pemerintah di Bongkar Oknum tak Bertanggungjawab

Harapan ke depan, lanjut dia, kami sangat menaruh mimpi besar ingin memberikan sumbangsi atas pengembangan pariwisata di Bulukumba dengan bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat agar memberikan peluang untuk lebih mengenal ilmu kepariwisataan di usia dini dengan menimbah ilmu pariwisata.

Hal yang dilakukan peserta UKK selama proses ujian berlangsung yakni, membuat paket wisata dengan mengakumulasikan akomodasi perjalanan di suatu destinasi wisata sehingga bisa ditetapkan harga lengkap dalam sekali perjalanan.

Tak lupa berbagai simulasi dilakukan, seperti simulasi pemesanan tiket perjalanan ke tujuan destinasi wisata, dan simulasi memandu dari mini bus ke tempat destinasi wisata yg diinginkan.

Baca Juga:  Desa Kahayya Masuk dalam Deretan Desa Wisata Kemenparekraf Kategori Berkembang

HPI DPC Bulukumba di dunia pendidikan, khususnya SMK disebut Dunia Usaha Dan Industri (DUDI), telah menjalin kerjasama diatas MoU sebagai mitra dalam mengembangkan kemampuan siswa di bidang kepemanduan dan paket wisata.

“Secara kelembagaan HPI ditunjuk sebagai penguji dalam UKK, guna sebagai validasi bahwa siswa-siswa di SMK PUTRA BANGSA BULUKUMBA layak meluluskan siswa yang siap untuk dunia usaha dan industri ini. Kami juga turut mendukung dan berperan penting dalam mencetak siswa-siswa yang siap kerja,” tutur Ketua HPI DPC Bulukumba, Ryan Juniardi.

Sebelum pelaksanaan UKK, juga telah ada praktek di perhotelan yang dilakukan di berbagai daerah, seperti di Kawasan Wisata Tanjung Bira, Makassar, dan Bali.

Reporter: Devi

Share :

Baca Juga

PARIWISATA

Dispar Bulukumba Lakukan Pendataan Pelaku Ekonomi Kreatif Bulukumba

PARIWISATA

Masa Pandemi, Pengusaha Pariwisata Upayakan Tetap Bertahan

PARIWISATA

Promosi Pariwisata, Dispar Bulukumba Agendakan Event Seni Budaya

PARIWISATA

Sambut Hari Pariwisata Sedunia, WTD Sukses Letakkan Replika Pinisi ke Dasar Laut Bira

HEADLINE

Harapan Pembuat Kapal Pinisi Peringati HUT Bulukumba ke-61

PARIWISATA

Dispar Bulukumba Usulkan Festival Pinisi Masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2021

PARIWISATA

Kunjungan Wisnus ke Bulukumba Meningkat Selama Pandemi

PARIWISATA

Sambut Ramadhan, Kunjungan Wisata Pantai Tanjung Bira Meningkat Signifikan
error: Content is protected !!