Perindag Bulukumba Bakal Fungsikan Kembali Gedung yang Terbengkalai di Bonto Bahari

Perindag Bulukumba Bakal Fungsikan Kembali Gedung yang Terbengkalai di Bonto Bahari

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Sejak berdiri tahun 2016 lalu, Gedung Industri Kecil Menengah (IKM) milik Dinas Perdagangan Kabupaten Bulukumba tak pernah difungsikan. Bangunan yang berada dalam kawasan Pelabuhan Penangkapan Ikan (PPI), Kecamatan Bontobahari tersebut, kini kondisinya sudah rusak berat.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Bulukumba, yang mengetahui kondisi tersebut, langsung menurunkan personil untuk melakukan pembersihan gedung.

Sebanyak 20 orang personil, dari Disperindag, turun ke lokasi dan melakukan pembersihan serta pembenahan di gedung IKM. Mereka juga sekaligus memantau fasilitas yang memungkinkan untuk dilakukan perbaikan.

Menurut Munthasir Nawir, Kepala Disperindag Bulukumba, pihaknya langsung turun lokasi melakukan pembersihan usai mendapatkan intruksi Wakil Bupati Bulukumba, H. Andi Edy Manaf.

Baca Juga:  A. Utta Terima Utusan Putra Sampoerna Foundation

“Jadi Pak Wakil sebelumnya sudah berkunjung ke sini. Beliau menyayangkan terkait adanya aset yang tak terfungsikan di sini,” ucapnya saat ditemui di lokasi, Jumat (29/10/2021).

Perindag Bulukumba Bakal Fungsikan Kembali Gedung yang Terbengkalai di Bonto Bahari
Kadis Perdagangan di gedung IKM PPI Bontobahari. Foto: IKM

Ke depan, kata dia, Gedung IKM ini akan difungsikan untuk kegiatan UMKM warga sekitar. Namun terlebih dahulu pihaknya akan membenahi gedung yang berdekatan dengan pembuatan Kapal Phinisi itu.

“Insya Allah ini akan dipergunakan nanti untuk pelaku usaha UMKM. Tapi kami akan benahi dulu. Sesuai pantauan kami, ada tujuh item yang perlu dibenahi. Salah satu di antaranya adalah atapnya, karena rusak parah usai tertimpa pohon kelapa yang roboh,” jelas Kadis yang dikenal mudah dekat dengan berbagai kalangan tersebut.

Dia pun mengaku, bahwa demi keamanan aset yang ada di dalam gedung tersebut, jauh hari sebelumnya pihaknya sudah mengangkut beberapa aset gedung IKM ke kantornya yang beralamat di Kelurahan Bentengnge, Kecamatan Ujung Bulu.

Baca Juga:  Pelatihan Digitalisasi Branding Pemasaran untuk Pengembangan Wisata di Bulukumba

Salah satu warga, Raden Muhammad Ibrahim yang kesehariannya berjualan dalam kawasan PPI Bontobahari, mengaku sangat mendukung langkah dari Dinas Perindag untuk memfungsikan kembali gedung IKM.

“Kami sebagai warga sangat bersyukur atas rencana Perindag, untuk kembali memanfaatkan gedung tersebut,” ucapnya sambil tersenyum.

Lebih lanjut Raden mengatakan, gedung tersebut nantinya bisa digunakan untuk hal-hal yang positif, serta bisa menjadi ruang bagi pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Bontobahari.

“Kami berharap gedung itu bisa segera digunakan bagi para pelaku UMKM,” pungkasnya.

Penulis: IKM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template