Home / NEWS

Jumat, 24 September 2021 - 17:19 WIB

Peresmian Rutilahu untuk Lansia dari Relawan Sosial Mandiri Kabupaten Bulukumba

Nenek Rae (kiri) saat berada di dalam Rutilahu, dari Relawan Sosial Mandiri Bulukumba, yang diresmikan Jum'at (24/09/2021) siang. Foto: IKM

Nenek Rae (kiri) saat berada di dalam Rutilahu, dari Relawan Sosial Mandiri Bulukumba, yang diresmikan Jum'at (24/09/2021) siang. Foto: IKM

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Jumat (24/9/2021) siang, Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) milik warga kelurahan Kasimpureng, Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba, telah diresmikan.

Acara peresmian dilaksanakan seadanya, mencerminkan kesederhanaan Relawan Sosial Mandiri (RSM) Kabupatem Bulukumba. Kegiatan dimulai dari gelaran pemeriksaan kesehatan gratis di lingkungan Pallatoae Baru, dilanjutkan dengan salat Jumat di Masjid Nurul Jannah yang terletak di sekitar lokasi. Kemudian diakhiri dengan kegiatan inti, yakni pengguntingan pita sebagai tanda masuknya Nenek Rae ke rumah barunya.

Kegiatan itu ikut dimeriahkan oleh masyarakat lingkungan Pallatoae Baru. Mereka tinggal di sekitar rumah Nenek Rae. Selain itu, hadir pula jajaran dan staf Pemerintah Kecamatan Ujung Bulu, Kelurahan Kasimpureng.

Perwakilan RSM, Kurnia dalam sambutannya, menceritakan perjalanan panjang proyek sosial yang mereka kerjakan, dalam hal ini pembangunan rumah layak huni bagi lansia. Dia mengaku sangat lega dan merasa bahagia, sebab akhirnya bisa meresmikan rumah Nenek Rae.

Pembangunan rumah lansia tersebut telah berlangsung selama kurang lebih tiga bulan. Prosesnya mulai dari penggalangan dana yang dilakukan berbagai komunitas dan melalui media sosial, pengumpulan donasi dari para donatur, hingga pada pembangunan rumah yang sempat macet karena lagi-lagi masih terkendala biaya.

Baca Juga:  Lima Pimpinan Baznas Bantaeng Diharapkan Lebih Memacu Kinerja Organisasi

“Proses pembangunan rumah lansia ini cukup menguras waktu dan emosional. Banyak sekali tantangan dan dinamika yang kami hadapi selama ini. Tapi Alhamdulillah bisa rampung sesuai harapan kami,” ucapnya.

Apalagi, kata dia, semua anggaran yang digunakan dalam pembangunan rumah berukuran 5×6 meter itu, menggunakan bantuan yang dikumpulkan dari para donatur baik dalam bentuk uang tunai maupun bahan bangunan.

“Syukur yang tak terhingga untuk suksesnya kegiatan hari ini. Serta terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh elemen yang terlibat baik dermawan, masyarakat, hingga pemerintah yang telah membantu semua proses pembangunan hingga peresmian hari ini,” ucap Uni, sapaannya.

Selama proses pembangunan pun, Uni mengaku banyak menyalurkan keluah kesah kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bulukumba. Organisasi tersebut juga berkontribusi banyak baik dalam segi pemikiran, hingga dukungan dana. Menurut Uni, mereka juga berperan dalam pembentukan jiwa militansi bagi anggota RSM.

Ketua Baznas Kabupaten Bulukumba, Ust. H. Yusuf Shandy, LC, dalam sambutannya mengucap syukur kepada Tuhan. Menurutnya, ini adalah momen yang membahagiakan bagi semua yang berkontribusi, terutama bagi Nenek Rae.

“Baznas mengucapkan terima kasih banyak kepada para Relawan Sosial Mandiri (RSM), atas inisiasi dan kontribusinya, dalam pembangunan rumah layak huni (Rutilahu) buat Nenek Rae,” ujarnya. Ia kemudian menyambung, kini Nenek Rae dapat tidur dan istiraham dengan aman. Rumahnya tidak bocor-bocor lagi.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Harap Keluarga Tak Ambil Paksa Jenzah Covid-19

Dalam hal ini, kata Ustad Sandi, Baznas sebagai Lembaga Pemerintah akan senantiasa berupaya memberikan yang terbaik bagi para mustahik/ penerima manfaat zakat, termasuk melakukan kerja sama dengan berbagai komunitas demi kepentingan kaum dhuafa.

Ucapan terima kasih juga dihaturkan Baznas untuk Roemah Djuang, Sahabat Muda Bulukumba, dan para dermawan yang telah ikut serta dalam proyek amal sosial ini. Dia mendoa’akan semoga Allah memberi balasan terbaik.

“Harapan kami, semoga semakin banyak masyarakat yang menunaikan zakat dan sedekahnya melalui Baznas, sehingga makin banyak penerima manfaat, ” ucapnya saat ditemui seusai kegiatan.

Acara inti ditandai dengan pengguntingan pita, yang dilakukan oleh Andi Edy Manaf selaku Wakil Bupati Bulukumba. Mantan Legistlator Provinsi Partai PAN itu juga menyampaikan, sebagai Pemerintah Daerah, pihaknya sangat mengapresiasi langkah-langkah relawan sosial yang selama ini banyak membantu masyarakat Bulukumba.

“Kami tentu mengapresiasi dan mendukung langkah teman-teman relawan. Semoga ini terus berlanjut dan nanti dapat disinergikan,” cetus dia.

Penulis: IKM

Share :

Baca Juga

NEWS

Baznas Bulukumba Bantu Tandon Untuk Pesantren

NEWS

Polisi di Bulukumba Aktif Sosialisasi Protokol Kesehatan

NEWS

Sidak, Wabup Bulukumba Hanya Temukan 40 Persen ASN Berkantor

NEWS

Penuhi Janji, Andi Utta Serahkan Gajinya kepada Guru Mengaji

NEWS

Kelurahan Caile Gelar Sunatan Massal, Bupati Bulukumba: Patut Ditiru Kelurahan Lain

NEWS

Kepesertaan JKN di Kabupaten Bulukumba Masih Rendah

NEWS

Pasien Sembuh Covid-19 di Bulukumba Terus Bertambah, 011 Sudah Pulang

NEWS

Gagas Perubahan di Camp Ceria dan Temu Karya Pemuda Karang Taruna Desa Bialo