Percepat Layanan Adminduk, Disdukcapil Libatkan TP PKK

Percepat Layanan Adminduk, Disdukcapil Libatkan TP PKK

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Tim Penggerak PKK, Kabupaten Bulukumba, mengambil peran dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memiliki dokumen administrasi kependudukan (Adminduk).

Melalui pelibatan kader PKK, kader Dasawisma dan Posyandu di desa dan kelurahan, TP PKK bergerak membantu Dinas Dukcapil agar masyarakat lebih sadar Adminduk.

Dari kemitraan tersebut TP PKK Bulukumba menyerahkan KTP, sebanyak 567 keping, kepada kader PKK yang telah memfasilitasi warganya mengurus dokumen Adminduk. Penyerahan tersebut dilakukan langsung oleh Ketua TP PKK Bulukumba, Ira Kasuara Hasyim, di sela Rapat Koordinasi TP PKK se Kabupaten Bulukumba, di Gedung PKK, Selasa (26/10/2021).

Baca Juga:  Dinkes Siapkan Pos Kesehatan Gratis untuk Korban Banjir

Kadis Dukcapil, A Mulyati Nur, berharap mitra kerjasama dengan TP PKK terus berlanjut. Mengingat, saat ini masih sangat penting memberikan edukasi melalui Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA).

Peran tersebut diantaranya mendorong masyarakat melaporkan setiap perubahan identitas setiap anggota keluarganya. Misalnya perubahan data pendidikan, perubahan status pekerjaan, status perkawinan dan perubahan alamat.

“Ini penting, supaya data warga lebih update sesuai dengan kondisi yang sebenarnya,” pungkas Mulyati Nur.

Menurut Ira Kasuara, kemitraan dengan Dinas Dukcapil telah dilakukan sejak tahun 2017. Saat ini, mereka kembali memperkuat melalui perjanjian kerjasama yang baru dengan Nomor 163/DPKS-BLK/III/2021, tentang Gerakan Masyarakat Menuju Sadar Adminduk (GAMMARA).

Baca Juga:  Disdukcapil Bulukumba Loloskan Dua Inovasi di KIPP 2021

“Kader PKK akan terus bergerak dalam mensukseskan program Gammara ini, sebagai upaya memotivasi masyarakat untuk memiliki identitas kependudukan,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Ketua TP PKK, Andi Inas Utami Muchtar yang mendampingi Ira Kasuara, mengatakan Gammara adalah program pemerintah yang harus didukung untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarkat, terutama dalam melaporkan perubahan identitasnya kepada Dinas Dukcapil.

“Saya berharap kepada kader PKK untuk memberikan sumbangsihnya kepada daerah, dengan mendukung semua program PKK dan program Pemerintah Kabupaten Bulukumba,” ungkapnya.

Penulis: IKM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template