Home / HEADLINE / HUKUM

Rabu, 24 Juni 2020 - 14:56 WIB

Peran Bupati Sukri Dalam Dugaan Korupsi Stadion Bulukumba

Bupati Bulukumba, A.M Sukri Sappewali

Bupati Bulukumba, A.M Sukri Sappewali

MAKASSAR, KUMANIKA.com – Saksi sidang lanjutan kasus dugaan tindak pidana korupsi renovasi Stadion mini Bulukumba yang mendudukkan lima orang tersangka, dipenuhi Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali secara virtual, pada Selasa (23/6/2020).

Diketahui dalam kasus proyek renovasi yang menelan anggaran Rp 1,4 Miliar dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia tersebut, telah ditetapkan lima orang tersangka.

Diantaranya Direktur PT. BA, Syarifuddin, Aditya Maretinova selaku pejabat pembuat komitmen (PPK), Insan Kereningrat selaku perantara proyek, Hendri Lesmana selaku perantara proyek, dan Wilman alias Deri bin H. Muchsin selaku pelaksana lapangan.

Baca Juga:  Kabar Baik! Pasien Covid-19 008 dan 010 Bulukumba Sembuh, Tersisa 3 yang Dirawat

Dimana sesuai hasil penghitungan tim ahli BPKP Sulawesi Selatan, akibat perbuatan para tersangka itu, negara dirugikan hingga Rp800 Juta. Hal tersebut didasari pada dugaan renovasi yang tidak sesuai spesifikasi.

Dimana yang seharusnya sesuai spesifikasi rumput yang digunakan adalah rumput Zeon Zoyzia sesuai standar rumput stadion, yang juga diketahui digunakan di Stadion Gelora Bung Karno.

Kasipenkum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel, Idil mengatakan Bupati Bulukumba telah dimintai keterangan oleh Majelis Hakim terkait perbuatanya.

Dalam perbuatan Bupati Sukri Sappewali dalam sidang tersebut yang disebutkan Majelis Hakim, dia bertindak sebagai pihak yang mengajukan permohonan bantuan dana untuk proyek renovasi Stadion itu.

Baca Juga:  Ditetapkan Tersangka, Begini Peran Kepala BKPSDM Bulukumba

“Bupati sudah memberikan kesaksian. Informasi Jaksa Penuntut Umum (JPU) peranan Sukri Sappewali merupakan pihak yang mengajukan proposal bantuan,” ucap Idil, Rabu (24/6/2020).

Selain orang nomor satu di Bulukumba, saksi lain juga dihadirkan oleh JPU, Rezki Akbar yang merupakan prantara proyek tersebut.

“Saksi merupakan perantara yang mengenalkan terdakwa, Syarifuddin selaku Direktur perusahaan PT BA dengan penyewa Perusahaan. Karena dalam kasus itu terdakwa juga menunjuk penyewa perusahaannya yang tidak becus mengerjakan proyek,” tukas Idil. (**)

Share :

Baca Juga

DAERAH

Catut Nama Nasabahnya, Polisi Proses Bank Mandiri Bulukumba

HEADLINE

Ingatkan Soal Konsekuensi Hukum, Bupati Kumpulkan Pimpinan OPD

HEADLINE

Pusatkan Aktivitas Perdagangan, Solusi Capai Target PAD Disperindag

HUKUM

Siapa Calon Tersangka Dalam Kasus Dugaan Korupsi BOK Dinkes Bulukumba?

DAERAH

Pemerintah Umumkan Lonjakan Positif Covid-19 di Bulukumba, Tambah 16 Kasus Baru

DAERAH

8 Fraksi Dewan Bulukumba Kompak Tolak UU Cipta Kerja, Ketua DPRD: Saya Sendiri Akan ke Jakarta

DAERAH

Di Makassar Warga Ambil Paksa Jenazah PDP Covid-19

DAERAH

Tembus 100 Kasus Covid-19, Pemkab Bulukumba Berlakukan Pembatasan Bersyarat
error: Content is protected !!