Home / HUKUM

Senin, 22 Maret 2021 - 19:53 WIB

Pengelola BOK Kembalikan Dana, Upaya Menyelamatkan Diri?

ILUSTRASI

ILUSTRASI

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Pasca penetapan Kasubag Keuangan Dinas Kesehatan Bulukumba, ER sebagai tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Dinas Kesehatan yang merugikan negara mencapai Rp.13,4 miliar.

Para aktor diduga berupaya mencari jalan untuk meloloskan diri dari jeratan hukum dengan melakukan pengembalian dana BOK tersebut.

Penggiat Anti Korupsi Bulukumba, Arif Dinata mengklaim aktor utama dalam kasus korupsi BOK Dinas Kesehatan Bulukumba berupaya meloloskan dari jerat hukum dengan cara mengembalikan dana BOK tersebut.

“Saya yakin ada aktor dibalik kasus yang merugikan negara Rp 13,4 miliar ini. Ada yang sudah mengembalikan dana BOK,” katanya.

Baca Juga:  Edy Manaf Serahkan Bantuan Baznas Bulukumba

Arif menduga para aktor itu takut terjerat hukum sehingga berupaya melakukan pengembalian dana BOK. Dimana korupsi BOK ini telah masuk tahap lidik oleh penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Bulukumba.

“Bendahara pengelolah BOK disalah satu PKM mengembalikan dana BOK. Saya menduga masih ada yang akan ikut mengembalikan yang sama dilakukan Bendahara ini,” ujarnya.

Dugaan itu menurut Arif diketahuinya setelah dirinya menerima salinan berita acara penyerahan surat tanda setoran ke Tipikor Polres Bulukumba oleh Bendahara Pengelolah BOK berinisial FSA, sebesar Rp15 juta ke rekening Bank Sulselbar.

Baca Juga:  Kekurangan Stok Darah, Plt Direktur RSSDR Bulukumba Ajak Masyarakat Saling Membantu

“Pengembalian seharusnya tidak mengugurkan proses hukum. Penyidik harus menyeret tersangka lainnya yang ikut menikmati dana BOK. Apalagi kasus ini sudah naik ke tahap lidik,” ucapnya.

Sementara Kanit Tipikor Polres Bulukumba, Ipda Muh Ali dikonfirmasi awak media memilih irit berbicara. Ia mengaku jika pihaknya akan segera mengumunkan hasilnya nanti.

“Tidak bisa disampaikan karena itu teknis. Nanti setelah perampungan baru bisa disampaikan. Yang jelas kita upayakan sampai tuntas,” tegas Muh Ali.

Sebelumnya, penyidik Tipikor Polres Bulukumba telah menetapkan Kasubag Keuangan Dinkes Bulukumba, ER sebagai tersangka setelah melakukan ekspos perkara di Mapolda Sulsel.

Reporter: SAU

Share :

Baca Juga

HUKUM

Kasus Korupsi Kapal Nelayan Akhirnya Disidangkan Setelah Mandek Bertahun-tahun

HUKUM

AMPH Desak Pimpinan Bank Sulselbar Transparan Soal Kredit Fiktif 

HUKUM

Kasus Bansos Covid-19 Bulukumba Tutup Buku

HUKUM

Sat Narkoba Polres Bulukumba Tetapkan Oknum Polisi sebagai Tersangka

DAERAH

Gaji Tak Dibayar, Motif Pembacokan Pegawai RSUD Bulukumba Hingga Tewas

HEADLINE

Pejabatnya Jadi Tersangka Korupsi, Bupati: Biarkan Penegak Hukum Membuktikan

HUKUM

Niat Mau Lamar Kerja, Seorang Perempuan di Bulukumba Jadi Korban Pelecehan Oknum Satpam

HUKUM

Kejahatan Makin Marak, Berikut Catatan Kriminal di Wilayah Polsek Ujung Bulu