Home / NEWS

Senin, 15 Juni 2020 - 17:26 WIB

Pemuda Asal Bulukumba Wakili Indonesia Timur di National Forum IRI

BULUKUMBA, KUMANIKA.com – Putra asal Kabupaten Bulukumba, Sulsel Muh Reski Ismail terpilih menjadi salah satu perwakilan Indonesia Timur yang berdiskusi dengan Kepala Daerah dan Jejaring Pemuda Nasional. Dalam kesempatan itu, dirinya akan membahas persiapan kader untuk membangun demokrasi yang ideal di National Forum yang dilaksanakan oleh Internasional Republican Institute (IRI) pada Senin (15/6/2020).

Muh Reski Ismail terpilih setelah melalui proses panjang seleksi Program Emerging Leaders Academy (ELA). Program ini sendiri diikuti oleh puluhan peserta yang juga berasal dari beberapa wilayah di Indonesia Timur, yakni Maluku, NTT, Gorontalo, Palu, Makassar, serta Sulawesi Barat.

“Saya berharap bisa belajar dengan baik, bisa mengamalkan ilmu, dan bisa terlibat dalam upaya-upaya pembangunan demokrasi untuk bangsa, khususnya daerah saya Kabupaten Bulukumba,” harap Alumni SMKN 1 Bulukumba itu.

Baca Juga:  Keluhan Masyarakat Terjawab, Stok Pupuk Bersubsidi di Bulukumba Rupanya Tak Langka

Program ELA IRI dimulai sejak Februari lalu, dilakukan melalui tiga tahap. ELA 1 untuk Indonesia Timur dilaksanakan di Makassar, kemudian ELA 2 dilakukan melalui daring, dan ELA 3 dilaksanakan juga melalui daring/Video conference (Viconf).

Untuk ELA 3, dilaksanakan melalui 3 rangkaian kegiatan, Pertama Orientasi, kemudian Viconf Dengan Kepala Daerah yang berhasil melakukan mitigasi bencana Non-alam atau Covid-19, kemudian berdiskusi mengenai kerangka kebijakan daerah menghadapi Covid-19.

Adapun di tingkat nasional diikuti oleh 45 orang/peserta wajib berasal dari 15 orang perwakilan dari tiap Daerah, Indonesia Timur, Indonesia tengah, dan Indonesia Barat.

Sementara untuk 15 orang dari Indonesia Timur yakni dari Sulbar, Sulteng, Sultra, NTT, Papua, Papua Barat dan Sulsel.

Baca Juga:  Tak Diumumkan Pemerintah, Positif Covid-19 di Bulukumba Tambah 2 Kasus

“Sulsel ada 5 orang, dari Maros, Gowa, Makassar, sinjai dan saya sendiri untuk Bulukumba,” jelas pria yang menyelesaikan jenjang SD dan SMP di Bontomanai.

Pada kesempatan itu, ia yang saat ini sementara proses penyelesaian S2 nya di Unhas tak lupa memberikan semangat kepada pemuda Kabupaten Bulukumba.

“Untuk pemuda-pemuda Bulukumba, mari kita belajar lebih giat, berjejaring, dan kembali ke daerah untuk mengabdi, bersama pemerintah mari gotong royong membangun di segala lini,” katanya memotivasi.

Sekadar diketahui, Internasional Republican Institute adalah LSM internasional berbasis di Amerika yang berorientasi pada pendidikan dan peningkatan kualitas demokrasi, khususnya di negara-negara berkembang.

Share :

Baca Juga

NEWS

Menko PMK Sebut Bantaeng Bisa Jadi Percontohan Nasional Penanganan Stunting

NEWS

Tiga Tahun Surplus Pangan, Bantaeng Sukses Ubah Tiga Kecamatan Jadi Tahan Pangan

NEWS

Wabup Bulukumba Beri Penghormatan Terakhir ke Almarhum Kades Pangalloang

NEWS

Ketentuan Minum Air Putih Saat Bulan Puasa

NEWS

Belajar Tatap Muka, Disdikbud Tunggu Analisis Gugus Covid-19

NEWS

Setoran Tertib, Pemkab Bulukumba Raih Penghargaan BPJS Kesehatan

NEWS

Dapat Dukungan Pemkab, Penerimaan Pajak di Bantaeng Capai 96,71 Persen

NEWS

Warga Bulukumba Terlantar di Pontianak Masih Menunggu Uluran Tangan Pemerintah