Home / PARIWISATA

Rabu, 16 Juni 2021 - 15:40 WIB

Pemkab Jeneponto Gelar Pelatihan Wisata di Tanjung Bira Kabupaten Bulukumba

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jeneponto bersama warga desanya menggelar pelatihan Pengelolaan Desa Wisata (DAK) non fisik Kabupaten Jeneponto tahun 2021 di kawasan Tanjung Bira Kabupaten Bulukumba tepatnya di hotel Same, Selasa 15 Juni 2021.

Pelatihan yang dibuka oleh Wakil Bupati Jeneponto H. Paris Yasir dan didampingi Kadisparbud Jeneponto dan Kadispar Bulukumba berharap para peserta yang berjumlah 50 orang dari berbagai Desa di Jeneponto dapat menimba ilmu di pelatihan tersebut, sekaligus belajar kepada Dinas Pariwisata Bulukumba yang sudah terlebih dahulu membentuk Desa Wisata di Kabupaten Bulukumba.

“Kita berharap ilmu yang diperoleh di pelatihan ini dapat dibawa pulang ke Jeneponto dan para peserta bisa mengaplikasikan di desa masing-masing untuk kemajuan Pariwisata Jeneponto,” pintanya.

Baca Juga:  Tanah Wakaf Warga Batu Karopa, DMI Bulukumba Resmi Bangun Masjid Nur Qadri

Dirangkaian pelatihan ini para peserta melakukan study banding sekaligus mengunjungi Kawasan Adat Kajang dan Desa Tamatto yang menjadi percontohan pengelolaan desa Wisata dengan obyek wisata unggulannya yaitu Bulupadido.

Sementara itu Sekda Jeneponto mengungkapkan potensi Jeneponto untuk dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata (DTW)masih sangat besar, potensi wisatanya tidak kalah dari daerah tetangga semisal Bulukumba yang sudah lama menjadi DTW.

Ia mengaku secara garis darah dirinya adalah orang Bulukumba tapi secara ideologis ia adalah orang Jeneponto karena telah mengabdi di Jeneponto lebih dari 30 tahun.

Baca Juga:  BKPSDM Dapat Ultimatum, Bupati Bulukumba Beri Waktu 10 Hari Tindaklanjuti Rekomendasi KASN

“Saya berkewajiban membangun Jeneponto khususnya pariwisata, dengan berusaha memberikan supporting anggaran untuk pengembangan Pariwisata di Jeneponto,” ungkapnya.

Putra Bulukumba ini juga memuji sepak terjang Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba, Ali Saleng selama ini.

“Kalau saja Kadis Pariwisata Bulukumba tidak cukup “gila” mungkin Bira dan Pariwisata Bulukumba pada umumnya tidak bisa semaju seperti sekarang ini,” bebernya.

Kepala Dinas Pariwisata Ali Saleng mengungkapkan terima kasih kepada Pemkab Jeneponto karena telah memilih Bulukumba sebagai tempat pelaksanaan pelatihan sekaligus lokasi study banding pengelolaan homestay.

“Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya saling berbagi ilmu dan praktik dalam pengembangan pariwisata,” ujarnya.

Reporter: Alim

Share :

Baca Juga

PARIWISATA

Resah Dengan Konsep Wisata Yang Ada, Hingga Membuat Wisata Alternatif

PARIWISATA

Promosi Pariwisata Bulukumba Ditengah Pandemi Dilakukan dengan Sistem Digital

PARIWISATA

Komunitas Pemerhati Pariwisata Tanjung Bira Sosialisasi dan Pembersihan Jalan

PARIWISATA

GM Ibis Style Makassar Dorong Desa Wisata di Bulukumba

PARIWISATA

Kiriman Sampah Laut Flores Menumpuk, Dispar Siapkan Solusi Penanganan

PARIWISATA

Dispar Bulukumba Dorong Desa Ikuti Lomba Desa Wisata Award 2021

PARIWISATA

Kilas Balik Pandemi Covid-19 Terhadap Pariwisata Bulukumba

PARIWISATA

Melihat Potensi Bulukumba, DPRD Bombana Kunker Ke Pemda Bulukumba