Home / NEWS

Selasa, 9 Februari 2021 - 19:21 WIB

Pemkab Bulukumba Sandingkan Dua Penghargaan dari BPKP

IST

IST

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba menerima dua penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Selatan.

Kedua penghargaan yang diraih yakni penghargaan Maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) Level 3 dan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Penghargaan Maturitas SPIP dan APIP diserahkan langsung Kepala perwakilan BPKP Sulsel Arman Sahri Harahap kepada Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali didampingi Pj. Sekretaris Daerah Misbawati A. Wawo, Inspektur Kabupaten Andi Sri Arianti, di Kantor BPKP Perwakilan Sulawesi Selatan di Makassar, Selasa. 9 Februari 2021.

Kepala perwakilan BPKP Sulsel Arman Sahri, Arman Sahri menyampaikan belum banyak (Pemda) yang menyandingkan dua capaian penghargaan ini sekaligus. Hanya beberapa saja termasuk Kabupaten Bulukumba.

Baca Juga:  Optimalkan Pelayanan, Pemkab Gandeng Pihak Ketiga Distribusi Dokumen Kependudukan

Dikatakannya, ini adalah model awal untuk Bulukumba agar bisa meningkatkan kualitas SPIP-nya. Waktu penilaian sampelnya di 13 OPD sehingga diharapkan OPD tersebut menjadi contoh bagi OPD lain, dan secara keseluruhan tingkat maturitas Pemerintah Daerah bisa lebih tinggi.

“Level 3 itu masih medium, level tertinggi ada di level 5. Jangan puas sampai situ saja, harus lebih luas dan tingkatkan,” pintanya.

Untuk diketahui maturitas sistem pengendalian intern secara sederhana diartikan sebagai ukuran kualitas dari sistem pengendalian intern pada suatu organisasi.

Semakin tinggi maturitasnya semakin baik pula kualitas sistem pengendalian intern organisasi itu. Maturitas sendiri berasal dari kata maturity yang terjemahannya adalah kematangan atau kedewasaan.

Sementara itu, Bupati AM Sukri Sappewali menyampaikan terima kasih atas pendampingan BPKP atas capaian Bulukumba bisa berada pada level 3. Hal ini hasil dari upaya bersama jajaran Pemda melaksanakan Maturitas penyelenggaraan SPIP.

Baca Juga:  KKB Akan Kerahkan Seluruh Perantau Rutin Berinfak Di Baznas

“Setelah saya berakhir, saya berharap level SPIP dan APIP ini tidak stagnan atau turun, tapi harus lebih tinggi lagi,” ungkap Bupati yang akan berakhir masa jabatannya pada 17 Februari mendatang.

Pada momentum tersebut AM Sukri Sappewali sekaligus mohon pamit kepada Kepala Perwakilan BPKP dan jajarannya serta memberikan Piagam Penghargaan Pemerintah Kabupaten Bulukumba sebagai bentuk terimakasih atas pendampingan dan bimbingan BPKP.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya selama ini. Dan mohon maaf jika ada hal kurang berkenan,” singkatnya.

Hanya ada 8 kabupaten kota se Sulawesi Selatan yang menyandingkan dua penghargaan ini secara bersamaan, yaitu Bulukumba, Wajo, Gowa, Sidrap, Luwu Utara, Bantaeng, Pinrang dan Palopo.

Share :

Baca Juga

NEWS

KPUD Bulukumba Gunakan Fasilitas Ibadah Sosialisasi Coklit

NEWS

Kembali Berulah, OTK di Bulukumba Busur Seorang Pengendara Malam Hari

NEWS

Idul Fitri Jatuh 13 Mei. Bupati Bulukumba Minta Buka Mesjid dan Lapangan

NEWS

Serahkan Banpres Usaha Mikro, Bupati Bulukumba: Tidak Ada Kaitan Dengan Paslon Pilkada

NEWS

OPINI: Inkonsistensi dan Keteledoran Bupati Bulukumba pada Pandemi Covid-19

NEWS

Maksimalkan Layanan Air Bersih, Bupati Bantaeng Resmikan Sarana Air Minum PAMSIMAS

NEWS

Dewan Sebut 3 Kecamatan di Bulukumba Belum Tersentuh Bansos COVID-19

NEWS

Talud Jalan Merpati Kembali Abrasi, DPRD Usulkan Pemecah Ombak