Home / NEWS

Kamis, 18 Februari 2021 - 12:49 WIB

Pemkab Bantaeng Dorong Peningkatan Produksi Ternak Ayam

IST

IST

BANTAENG, KUMANIKA.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng terus mendorong produksi peternakan ayam kampung. Sejumlah kelompok ternak di Bantaeng mendapatkan bantuan benih ayam kampung berkualitas yang diproduksi di UPT Balai Pembibitan Ternak.

Kepala UPT Balai Pembibitan Ternak, Harni Talib mengatakan, benih ternak ayam yang itu adalah benih berkualitas yang tahan terhadap penyakit. Dia mengaku, ternak ayam itu telah melalui proses intervensi agar cepat bertumbuh besar dan tahan terhadap segala penyakit.

Sejauh ini, UPT Balai Pembibitan Ternak mampu menghasilkan hingga 500 ekor anak ayam per minggu. Sejauh ini, UPT Balai Pembibitan Ternak telah mampu memasarkan produksi benih ternaknya bukan hanya untuk wilayah Bantaeng saja, tetapi juga daerah lain selain Bantaeng.

Dia juga mengatakan, UPT Balai Pembibitan Ternak juga terus melakukan inovasi dengan benih-benih yang dikembangkan di balai ini. Khusus untuk benih ternak ayam, pihaknya telah mengembangkan kegiatan pembibitan ternak ayam kampung unggul dan pengembangan ayam ras petelur.

Baca Juga:  Sesuaikan Kebutuhan, Perekrutan Honorer Dihentikan

“Kita telah melaksanakan inovasi pembesaran ayam satu bulan. Pada umur tiga bulan, kami juga sudah melakukan vaksinasi sebanyak tiga kali sehingga benih itu tahan terhadap penyakit,” jelasnya, Kamis, 18 Fabruari 2021.

Dia juga menambahkan, pihaknya berencana menambah populasi pembibitan. Selain ayam, populasi sapi dan kambing juga akan dikembangkan.

“Insyaallah di bulan Maret kami akan menambah populasi berupa ternak sapi dan kambing untuk memenuhi permintaan pasar dari masyarakat”, ujar Harni.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin dalam sambutannya menghaturkan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, apalagi di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Inspiratif, Atlet Disabilitas Binaan YAPTI Makassar Raih Prestasi Hingga Internasional

“Ini menjadi pencerminan dari komitmen kehadiran pemerintah yang senantiasa berharap agar ditengah keterbatasan, masyarakat masih bisa beraktivitas secara produktif,” katanya.

Dia juga menyebut, keberadaan pembenihan ternak ini adalah bagian dari program unggulan pemerintah. Salah satunya adalah jaminan ketersedian benih. Oleh karena itu, dia mendorong agar UPT ini bisa terus eksis dan menambah produksi benih mereka.

Pada kesempatan itu, Bupati juga melakukan vaksin ND Clone pada ternak ayam sekaligus melihat langsung proses vaksinasi bagi pengembangan peternakan di Kab. Bantaeng.

Turut hadir yakni Dandim 1410 Bantaeng, Tambohule Wulaa, Kadis Pertanian, Budi Taufik, Asisten III Bidang Administrasi, Asruddin, para Kepala OPD, serta Camat Pa’jukukang, Rigas Panawang.

Reporter: Ayezzah

Share :

Baca Juga

NEWS

Harap Kesejahteraan Meningkat, Petani Bonto Tappalang Dapat 4000 Bibit Pala

NEWS

Pembayaran Insentif Nakes RSUD Besar, Kadinkes: Kita Harus Adil

NEWS

Penetapan Kepala Desa Caramming Disebut Tidak Sah dan Cacat Administrasi

NEWS

Wabup Bulukumba Serahkan Bantuan ke KKB Mamuju Untuk Korban Gempa Sulbar

NEWS

BLT Covid-19 Desa di Bulukumba Diprotes Warga, Tahap Pertama Dapat Tahap Kedua Tidak

NEWS

Es Serut Melon, Minuman Segar Ala Kedai Pas Untuk Menu Buka Puasa

NEWS

Santri Ponpes Darul Ikhsan Salohe Doakan Kesembuhan Bupati ASA

NEWS

Pro dan Kontra Rencana Investasi Perkebunan Sawit Salim Group