Home / NEWS

Kamis, 17 Juni 2021 - 09:27 WIB

Pemkab Akan Renovasi Pasar Sentral,  DPRD Minta Prosesnya Dilakukan Dengan Tepat

Pasar Sentral Bulukumba

Pasar Sentral Bulukumba

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba untuk merenovasi Pasar Sentral ditanggapi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba.

Ketua Komisi B DPRD Bulukumba Fahidin HDK menyampaikan jika  rencana renovasi berat pasar sentral telah diwacanakan dan diusulkan pemerintah sebelumnya. Dimana proposal pengusulannya telah diusulkan.

Menurut Fahidin jika secara resmi belum pernah dengar pimpinan DPRD membicakan terkait rencana ataupun surat rencana renovasi ke Komisi B sebagai Mitra komisi Dinas Perdagangan.

“Secara resmi belum pernah ada pembahasan terkait rencana renovasi pasar di DPRD,  saya kira ini hanya keinginan Bupati untuk menyampaikan ke publik sebagai bentuk informasi untuk melakukan renovasi pasar”, ucapnya.

Fahidin menjelaskan jika saat ini status Pasar Sentral saat ini masih memiliki kendala status pengelola. Dimana hingga saat ini belum pernah dilakukan penyerahan secara yuridis dari Kopindo ke pemerintah daerah.

Baca Juga:  Satreskrim Polres Bulukumba Bekuk Tiga Pelaku Curanmor

“Secara defakto sejak tiga tahun lalu kita miliki dan ini yang harus diselesaikan dulu serta menjadi perhatian khusus, dan saya ingatkan agar segera melakukan koordinasi dengan Kopindo terkait dengan pasar sentral ini”, terangnya.

Ia juga mengingatkan Pemerintah Daerah terkait perlunya relokasi para pedagang yang refresentatif. Dimana jika renovasi dilakukan, pedagang tentu harus pindahkan agar mereka tetap dapat berdagang.

“DPRD akan setuju sepanjang  mekanismenya dijalankan dengan baik dan benar, kita persiapakan perencanaannya tahun ini,  lalu tahun depan kita bisa lakukan itu”, katanya.

Baca Juga:  Sempat Hilang Kontak, KMP Bontoharu Menuju Selayar Dalam Posisi Aman

Fahidin menambahkan jika  membicarakan tentang Multi Years itu mesti direncanakan di APBD Pokok. Menurutnya semua pekerjaan jika anggarannya besar diatur  pada APBD-P itu akan menimbulkan pertanyaan.

“Kan jadi pertanyaan,  kok ini program baru bisa muncul, padahal APBD-P itu dilakukan jika ada pergeseran anggaran saja”, katanya.

Menurut Fahidin jika Pasar Sentral sudah layak untuk di modern kan agar sumber potensi Pendapaan Asli Daerah (PAD) bisa berjalan maksimal. Tentu dengan koridor dan pembicaraan yang tepat.

“Saya menganggap keuangan daerah belum bisa merealisasikan renovasi pasar ditahun ini, perencanaannya mungkin bisa. Mungkin di APBD pokok tahun 2022 ya saya kira bisa dilakukan dan kami support”, pungkasnya.

Reporter: IKM

Share :

Baca Juga

DAERAH

Bupati Bulukumba Sambangi Warganya yang Kurang Mampu

DAERAH

Di Bantaeng Jenazah Relawan Banjir Dimakamkan Protap Covid-19

NEWS

Didesak Tuntaskan Kasus Korupsi, Kejari Bulukumba Akui Semuanya Sedang Diproses Hukum

DAERAH

DPRD Bulukumba Bahas Sisa Perhitungan Akhir APBD 2019 Bersama Mitra Komisi

DAERAH

291 Anggota Satgas Covid-19 yang Dikomandoi Dandim Diapresiasi Bupati dan Ketua DPRD

NEWS

Pemerintah Harus Berpihak ke Masyarakat, BMC Minta Izin SPBU Ditinjau Ulang

NEWS

Pemkab Ikuti Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-113 Secara Virtual

NEWS

Masih Gunakan Sistem SIMRS, RSUD HASDR Didorong Terapkan Sistem Digitalisasi