Pemerintah Ajak Seluruh Pihak Dorong Pengembangan Pariwisata

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba menggelar pelatihan Peningkatan Kapasitas Tata Kelola Destinasi Wisata dan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Dibidang Pariwisata, di aula Hotel Agri Jalan R Suprapto, Kelurahan Tanah Kongkong.

Hadir Wakil Bupati Bulukumba HA Edy Manaf membuka kegiatan didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba Muh Ali Saleng, sejumlah Kepala Desa, Sejumlah Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan para peserta Pelatihan yang terdiri dari masyarakat sekitar objek wisata, pelaku wisata, kelompok sadar wisata, dan pemerhati kepariwisataan.

Wabup Bulukumba, Edy Manaf mengungkapkan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia tata kelola wisata tersebut merupakan upaya Pemerintah Daerah, Provinsi dan Pemerintah Pusat dalam mendukung pengelolaan kepariwisataan di Bulukumba yang lebih baik dan lebih professional.

Baca Juga:  Rp13,6 Miliar Mengalir ke Bulukumba Untuk Rekontruksi dan Rehabilitasi Bencana

Edy Manaf menambahkan, penyelenggaraan pelatihan tata kelola destinasi ini juga memiliki tujuan yang sangat strategis, sebab, dalam pengembangan pariwisata dibutuhkan keterlibatan berbagai sektor.

“Sektor pariwisata ini tidak dapat berdiri sendiri, namun senantiasa bersinggungan dengan aspek lainnya,” ucapnya.

Sebagai salah satu daerah yang diposisikan sebagai tujuan wisata, kata Edy, maka perlunya peningkatan kesadaran semua pihak untuk terus mendorong proses perubahan kearah yang lebih baik, dan perlu sinergitas semua elemen kepariwisataan dalam menyusun rencana yang terprogram dan berkelanjutan.

Baca Juga:  Tambah 4 Kasus Baru Covid-19 di Bulukumba, Masih Rangkaian Transmisi Lokal

“Pariwisata itu investasi jangka panjang, kita tidak boleh melahirkan suatu titik pariwisata yang instan, karena kalau itu dibangun dengan instan, pasti akan cepat juga turunnya,” jelas Edy Manaf.

Selain itu, Edy Manaf menuturkan, melalui kegiatan pelatihan tersebut, diharapkan akan terbangun kerangka pemahaman yang lebih baik bagi tumbuhnya iklim kepariwisataan kepada pihak yang terlibat dalam pengembangan wisata, khususnya bagi masyarakat yang menjadi pelaku usaha wisata.

“Jika semua pelaku pariwisata bergerak bersama dan bersungguh-sungguh, insya Allah daerah kita ini akan menjadi daerah wisata yang semakin banyak dikunjungi, baik domestik maupun mancanegara,” ujarnya.

Penulis: Adhy

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template