Home / NEWS

Senin, 3 Mei 2021 - 18:42 WIB

Pelabuhan Bira Bulukumba Tak Layani Penyeberangan Penumpang Saat Mudik

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— Pemerintah telah menetapkan larangan mudik lebaran 2021. Larangan tersebut dituang dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penangan Covid-19 nomor 13 tahun 2021, tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah.

Peniadaan mudik tersebut dilakukan mulai tanggal 6-17 Mei 2021. Seluruh moda transportasi dilarang untuk mengangkut penumpang. Termasuk pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, baik roda empat maupun roda dua.

Penyeberangan laut juga dipastikan tak melayani penumpang, seperti salah satunya di Pelabuhan Bira. Hal itu disampaikan Komandan Pos Jaga Pelabuhan Bira, Andi Abidin.

“Iya, tidak ada penyeberangan penumpang. Mulai berlaku tanggal 6 Mei 2021,” kata Andi Abidin saat dikonfirmasi awak media, Senin, 3 Mei 2021.

Baca Juga:  Ketua LDNU Ikuti Vaksin Tahap Dua di Gedung DPRD

Aktivitas pelayaran, kata dia, hanya melayani angkutan logistik untuk tujuan Kabupaten Kepulauan Selayar. “Kalau logistik tetap jalan,” tambahnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba, bersama unsur TNI-Polri bakal kembali mengaktifkan posko di perbatasan Kabupaten Bulukumba.

Yakni posko perbatasan Bantaeng dan Sinjai dan juga Pelabuhan Bira Bulukumba-Selayar.

Langkah ini ditempuh berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Bupati Bulukumba A Muchtar Ali Yusuf di Kantor Bupati, Rabu (28/4/2021) lalu.

Satgas Covid-19 Bulukumba kemudian melakukan addendum surat edaran dengan tujuan mengatur pengetatan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) selama H-14 Peniadaan Mudik, dan H+7 Peniadaan Mudik (18-24 Mei 2021).

Baca Juga:  Pemkab Bulukumba Bahas Potensi Pemanfaatan Hutan Lindung

“Untuk mengantisipasi pergerakan orang sebelum berlakunya peniadaan mudik, Pemkab Bulukumba memutuskan akan memulai aktivitas Posko di perbatasan pada hari Senin, 3 Mei 2021 sampai tanggal 24 Mei 2021,” kata Kadis Kominfo Bulukumba, HM Daud Kahal.

Petugas di posko akan bertugas melakukan aktivitas pendataan kendaraan dan orang yang masuk di wilayah Kabupaten Bulukumba.

“Serta tugas lainnya, sebagaimana yang telah diatur dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 beserta addendumnya,” tambahnya.

Reporter: Alim

Share :

Baca Juga

NEWS

Fraksi PKB DPRD Bulukumba Tegaskan Menolak RUU HIP

DAERAH

Tanggul Jebol Penyebab Banjir Bandang di Bantaeng

NEWS

Kades Possi Tanah Jadi Sorotan Pemuda Kajang, Baharuddin: Ini Kepentingan Masyarakat

NEWS

DPRD Bulukumba Tegaskan Anggaran Besar Bisa Tekan Kasus Positif Covid-19

INSPIRASI

Pemuda Asal Bulukumba Wakili Indonesia Timur di National Forum IRI

DAERAH

DPRD Terima Pertanggungjawaban Ranperda APBD 2019 Pemkab Bulukumba

NEWS

DPRD Sempat Tolak Kehadiran SPBU Ratulangi, Bupati Bulukumba Pilih Beri Apresiasi

NEWS

Pengembangan Peternakan Sapi Bulukumba, Bupati Akan Buka Jalur Pemasaran di Australia
error: Content is protected !!