Patut Dicontoh, Bupati Tolitoli Gratiskan Suket Bebas Covid-19 Untuk Warga yang Ingin Keluar Daerah

TOLITOLI, KUMANIKA.com — Pada transisi ke tatanan New Normal masa Pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang mengaku sulit untuk bepergian keluar daerah lantaran harus melengkapi diri dengan surat keterangan bebas Covid-19.

Surat keterangan bebas Covid-19 ini bisa didapatkan pada fasilitas kesehatan yang bisa melakukan screening atau pendeteksian virus Corona. Sayangnya, tidak semua warga mampu mengakses kartu “Sakti” bebas Corona ini karena tidak gratis alias dikenakan tarif.

Alih-alih mendapatkan suket bebas Covid-19, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, masyarakat mengaku kesulitan akibat dampak Pandemi yang melanda dunia ini.

Baca Juga:  RDP Pungli Pasar Sentral Bulukumba Berpihak Kesiapa

Ditengah semua itu, kabar baik datang dari Bupati Tolitoli, Sulawesi Tengah, Moh Saleh Bantilan yang menggratiskan surat keterangan berbadan sehat dan bebas COVID-19, guna meringankan beban warganya yang ingin keluar daerah.

“Janganlah dipersulit masyarakat, apalagi jika mereka ingin keluar daerah, saya perintahkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli beserta jajarannya pada tingkat bawah jika ada masyarakat yang mengurus SKBS dan bebas COVID-19 untuk tidak memungut biaya,” kata Bupati Tolitoli Moh Saleh Bantilan seperti dikutip dari PaluPoso Rabu (3/6/2020).

Menurut Saleh, tingginya biaya pengurusan surat keterangan berbadan sehat dan bebas COVID-19 memicu akses warga untuk berkunjung ke Kota Palu dan daerah lainnya sangat terbatas akibat mereka tidak mengantongi surat keterangan tersebut. Apalagi sejak pemerintah pusat melakukan uji coba New Normal selama sebulan, membuat masyarakat mulai kembali berbenah setelah tiga bulan lamanya sendi perekonomian menjadi lumpuh akibat masa pandemi COVID-19.

Baca Juga:  Inspektorat Rampungkan Audit Dugaan Penyelewengan Bansos Covid-19

“Silahkan jika ada masyarakat ingin mengurus SKBS serta surat bebas COVID-19, langsung saja ke RSU maupun ke Puskesmas, namun dengan syarat pemohon harus sehat,” kata Saleh.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template