Home / KABAR PARLEMEN

Jumat, 23 April 2021 - 15:12 WIB

Patudangi: Partai Pengusung Support Bupati dan Wabup Selama Kebijakan itu We Love Bulukumba

Wakil Ketua DPRD Bulukumba, H. Patudangi Asiz

Wakil Ketua DPRD Bulukumba, H. Patudangi Asiz

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— Tiga partai pengusung yang mengantarkan pasangan Andi Muchtar Ali Yusuf bersama Andi Edy Manaf sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, mulai menjalankan perannya sebagai pengawal pemerintahan.

Ketiga partai itu yakni, Gerinda, PAN, dan PKS. Ketiganya menentang keputusan pemerintah yang melakukan pembongkaran median jalan yang terletak depan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Jalan Sam Ratulangi.

Penolakan tersebut dianggap sebuah pencorengan lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba. Dimana Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan pembongkaran demi kepentingan pihak tertentu.

Wakil Ketua DPRD Bulukumbam H Patudangi Azis, mengatakan jika mengkritisi kebijakan pemerintah bukanlah suatu tindakan oposisi. Melainkan untuk mengingatkan Bupati Bulukumba bahwa penghapusan aset pemerintah diikat oleh mekanisme.

“Mengkritisi kebijakan bupati bukan berarti oposisi, tapi mengingatkan bupati agar penghapusan aset milik daerah harus melalui mekanisme, kajian dan penghitungan,” ujarnya.

Sekretaris Gerinda Bulukumba ini menerangkan jika penghapusan aset bernilai Rp1 miliar keatas harus melalui persetujuan DPRD. Sedangkan aset dengan nilai dibawa Rp1 miliar cukup melakukan koordinasi dan melaporkan hal tersebut.

Baca Juga:  DPRD Bulukumba Rumuskan Pilkades Sistem e-Voting

“Fungsi pengawasan DPRD wajib di laksanakan khususnya di pemerintahan antara lain Peraturan Daerah (Perda) yang telah disetujui bersama antara pemerintah dan DPRD,” terangnya.

Patudangi secara tegas menyampaikan jika partai pengusung Bupati dan Wakil Bupati wajib mengawal kebijakan yang dikeluarkan melalui mekanisme dan perundang-undangan yang berlaku.

“Partai pengusung bupati wajib mengawal kebijakan bupati dan wabup melalui mekanisme. Partai pengusung mengsupport bupati dan wabup selama kebijakan itu We Love Bulukumba,” tegasnya.

Sebelumnya, DPRD Bulukumba menggelar Rapar Dengar Pendapat (RDP) dengan menghadirkan Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Bulukumba, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup dan seluruh komisi.

Dalam RDP tersebut, terkuak jika pembongkaran median jalan itu tidak sepenuhnya berdasarkan pada upaya mengurai kemacetan dan rakayasa lalulintas. Melainkan pembongkaran dilakukan berdasarkan permintaan PT Rahmat Anugrah Mandiri yang menaungi SPBU Jalan Sam Ratulangi.

Baca Juga:  Ketua DPRD Harap Kemitraan Dengan Eksekutif Tak Goyah

Pj Sekda Bulukumba, Andi Misbawati Wawo, mengaku jika sebelumnya ada persuratan dari PT Rahmat Anugerah Mandiri Bulukumba yang meminta bupati untuk membuka median jalan depan SPBU Sam Ratulangi.

“Surat itu ditujukan ke Bupati. Bupati langsung disposisi ke Asisten II (Administrasi Pembangunan) sebagai koordinator Dinas PUPR,” katanya.

Berdasarkan disposisi tersebut, lanjut Misbawati Wawo. Asisten II menghadap kepada dirinya untuk menyampaikan perihal disposisi tersebut.

“Pak Asisten sampaikan kesaya bahwa ada disposisi dari bupati. Saya sampaikan untuk tolong bicarakan dan dikoordinasikan dengan OPD terkait. Melihat pembongkaran median jalan bahwa ini adalah aset PUPR,” ujarnya.

Misbawati menerangkan, hal itu memang ditindaklanjuti oleh asisten II dengan bersurat dan mengundang OPD terkait.

“Setelah itu asisten II melaporkan bahwa sudah melakukan rapat dan ingin meninjau langsung ke lapangan,” katanya.

Reporter: IKM

Share :

Baca Juga

KABAR PARLEMEN

Banyak Masalah di Dinkes, Dewan Desak Pemkab Bulukumba Evaluasi ASN-nya

KABAR PARLEMEN

DPRD Umumkan Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Lewat Paripurna

KABAR PARLEMEN

Jembatan Bialo Bulukumba Sulit Jadi Ikon Peninggalan Sukri-Tomy

KABAR PARLEMEN

Perjuangkan Hak Disabilitas, DPRD Bulukumba Intens Sosialisasi

KABAR PARLEMEN

HUT Sulsel Ke-351, Ketua DPRD Bulukumba: Momentum Refleksi Diri

KABAR PARLEMEN

DPRD Luwu Timur Belajar Pengelolaan Pariwisata dan PBB di Bulukumba

KABAR PARLEMEN

Polemik Penutupan Tambang Galian C Bulukumba, Dewan Konsul ke Pemprov Sulsel

KABAR PARLEMEN

Pemkab Canangkan program Satu Desa 1000 Ekor Sapi, DPRD Siap Kawal