Home / NEWS

Kamis, 28 Januari 2021 - 13:33 WIB

Pasar Bontonyeleng Difungsikan, Kades: Saya Tegaskan Los Jualan Tanpa Biaya

Pasar Bontonyeleng Gantarang (IST)

Pasar Bontonyeleng Gantarang (IST)

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Pemanfaatan Pasar Rakyat Bontonyeleng akan kembali difungsikan, Kamis, 4 Februari 2021 mendatang.

Pasar Bontonyeleng yang terletak di Desa Bontonyeleng, Kecamatan Gantarang kembali difungsikan setelah melalui tahapan rehabitasi dengan menggunakan anggaran Rp2 miliar lebih.

Kepala Desa (Kades) Bontonyeleng, Andi Baso Mauragawali AS secara tegas menyampaikan bahwa pengunaan los jualan untuk pedagang pasar tidak dikenakan biaya kontrak.

“Sebentar lagi Pasar Rakyat Bontonyeleng akan kembali difungsikan. Selaku Pemerintah Desa, saya menegaskan bahwa untuk membuka los di pasar tidak dikenai biaya apapun,” tegasnya, Kamis, 27 Januari 2021.

Ia menghimbau kepada masyarakat khususnya bagi pedagang yang hendak menempati los jualan di pasar tersebut, agar tidak mempercayai jika ada oknum yang mengatasnamakan pemerintah desa meminta biaya sewa los.

Baca Juga:  Pemkab Disarankan Rampingkan OPD Untuk Menghemat Anggaran

“Kalau ada oknum yang meminta biaya sewa apalagi mengatasnamakan pemerintah, maka saya sendiri yang akan turun tangan untuk menindaki,” tegasnya.

Andi Baso menerangkan jika untuk pemanfaatan los berbeda dengan pemanfaatan kios. Kios sendiri dapat digunakan dengan sistem kontrak.

“Kalau los kita bebaskan tanpa biaya. Sedangkan untuk kios itu sistem kontrak dengan dibebankan biaya,” terangnya.

Pemberlakukan biaya kontrak untuk kios akan mulai diberlakukan setelah pemerintah pusat menyerahkan pengelolaan penuh ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba.

“Kami berharap agar pasar ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, dan tentunya dapat mewadahi seluruh kebutuhan dapur dari masyarakat khususnya masyarakat Desa Bontonyeleng,” jelas Andi Baso.

Terpisah, Kepala Seksi Bina Iklim Usaha Perdagangan dan Bina Pasar, Muh Syukur membenarkan bahwa untuk menempati los di Pasar Rakyat Bontonyeleng tidak dikenai biaya alias gratis.

Baca Juga:  Sidang Diluar Gedung, PA Bulukumba Kunjungi Desa Lonrong

Syukur mengatakan, Pasar Rakyat Bontonyeleng akan mulai beroperasi pada Kamis, 4 Februari 2021 atau bersamaan dengan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba. Hanya saja, tidak ada kegiatan peresmian karena hibah dari Kementrian Perdagangan belum diserahkan ke Pemerintah Daerah.

“Mulai 4 Februari sudah bisa difungsikan. Tapi, belum secara resmi dibuka karena kita masih menunggu hibah Kementrian Perdagangan,” ujarnya.

Diketahui, sebelum Pasar Rakyat Bontonyeleng mendapatan biaya pembangunan dari Tugas Pembantuan (TP), pasar ini beroperasi dua kali dalam sepekan, yakni pada hari Senin dan Kamis.

Pada saat pasar ini sementara dibangun, aktivitas pasar dipindahkan ke samping lapangan utama desa setempat (relokasi). Olehnya itu, aktivitas pasar tetap berjalan normal seperti biasanya.

Reporter: NDA

Share :

Baca Juga

DAERAH

Tak Pakai Masker Saat Beraktivitas, Siap-siap Terjaring Operasi Yustisi

NEWS

Bulukumba Kembali Masuk Nominasi Raih Penghargaan APE Utama

DAERAH

Curhatan Pasien OTG Covid-19 di Bulukumba: Terkatung-Katung 19 Hari Tanpa Kejelasan

NEWS

Dihadapan Anggota DPRD, Bupati Bulukumba: Kami Hadir Menawarkan Solusi Bukan Ilusi 

NEWS

Pengembangan Peternakan Sapi Bulukumba, Bupati Akan Buka Jalur Pemasaran di Australia

DAERAH

Rp100 Juta Anggaran Broadwalk Titik Nol Tenggelam Disapu Ombak

NEWS

Ibu Hamil Ditolak 5 Rumah Sakit di Makassar Hingga Meninggal, RSUD Bulukumba Angkat Bicara

DAERAH

Pemberhentian Sepihak Petugas Posyandu di Bulukumba Diduga Karena Imbas Pilkades
error: Content is protected !!