Home / NEWS

Selasa, 28 September 2021 - 18:40 WIB

Nyaris Putus, APAB Bulukumba Segera Lakukan Pembenahan Jalan Penghubung Herlang-Bontotiro

Alat berat berupa ekskavator, yang diturunkan APAB Bulukumba, untuk pengerjaan jalan penghubung Kecamatan Bontotiro dan Herlang yang terkena longsor. Foto: IKM

Alat berat berupa ekskavator, yang diturunkan APAB Bulukumba, untuk pengerjaan jalan penghubung Kecamatan Bontotiro dan Herlang yang terkena longsor. Foto: IKM

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Jalan penghubung antara Kecamatan Herlang menuju kecamatan Bontotiro kini telah bisa di lalui kendaraan. Sebelumnya, akses tersebut tertutup diakibatkan oleh talud (dinding yang berfungsi menahan tanah) pada sisi jalan jebol, sehingga sebagian besar ruas ambruk.

Longsor yang terjadi di lingkungan Butung, Kelurahan Bontokamase, Kecamatan Herlang, Kabupaten Bulukumba yang mengakibatkan terputusnya akses jalan itu, terjadi pada Sabtu (26/09/2021) lalu.

Atas kejadian itu, Asosiasi Pengusaha Alat Berat (APAB) Bulukumba menerjunkan satu unit alat berat, berupa ekskavator, untuk membersihkan meterial yang ada di lokasi.

Ketua APAB, Irman, menyampaikan jika masyarakat di lingkungan Butung telah mengalami kesulitan dan ketakutan saat mengakses jalan tersebut. Karena beresiko pada keselamatan jiwa dan kendaaraan mereka.

Baca Juga:  Upaya Satu Keluarga Gugat Gugus Tugas Covid-19 Sulsel, Tuntut Makam Dipindahkan

Mendengar kabar tersebut, APAB segera mengirim tim divisi gerak cepat penanggulangan bencana untuk mengecek ke lapangan. “Jadi kami langsung mengirimkan satu unit alat berat exkavator dan 10 truck, yang mengangkut batu gajah, dan tiga unit truck timbunan tanah putih sebagai upaya pembangunan jalan darurat di lokasi tersebut,” ucap Irman.

Nyaris Putus, APAB Bulukumba Segera Lakukan Pembenahan Jalan Penghubung Herlang-Bontotiro

Kondisi jalan yang menghubungkan Kecamatan Bontotiro dan Herlang akibat longsoran talud dan ambruk. Foto: IKM

Dia melanjutkan, tindakan tersebut merupakan bentuk komitmen APAB Bulukumba kepada masyarakat. Selain itu, mereka juga terjun langsung bersama masyarakat untuk membenahi area tersebut, agar bisa diakses kembali oleh kendaraan umum.

“Niat kami hadir di tengah masyarakat untuk membantu mereka. Kami hanya ingin melihat Bulukumba menjadi lebih baik lagi ke depan. Kami di sini hanya ingin bekerja, bukan bercerita,” tutupnya.

Baca Juga:  Tunggak Rp1 Miliar, Lampu Penerangan Jalan Bulukumba di Putus

Kepala Lingkungan Butung, Andi Baso, mengaku masyarakat sangat terbantu dengan aksi sosial yang dilakukan APAB. Menurutnya, alat berat yang diturunkan adalah langkah yang inovatif dari Asoasiasi.

“Saya mewakili masyarakat Lingkungan Butung mengucapkan banyak terima kasih kepada APAB Bulukumba, atas bantuannya memperbaiki sarana jalan kami yang terputus. Ini adalah langkah yang sangat inovatif dari teman teman Asosiasi,” ucap Andi Baso.

Semntara itu Bahtiar, warga pengguna jalan yang sehari-hari melintas di wilayah itu, juga ikut berkomentar dan menyampaikan rasa syukur atas bantuan dari APAB.

“Biasanya di sini rawan terjadi kecelakaan, karena jarak pandang terbatas di tikungan ini. Tapi Alhamdulillah, saat ini jarak pandang menjadi luas dan kami bisa melihat pengendara dari arah berlawanan,” imbuhnya.

Penulis: IKM

Share :

Baca Juga

NEWS

Stop Generasi Balita Pendek, Pemkab Bantaeng Gelar Rembuk Stunting

NEWS

Bupati Bulukumba Tagih Sumbangsi BUMN dan Perusahaan Soal Kebersihan Bulukumba

NEWS

Di Bulukumba, Keluarga Pasien Positif Covid-19 Polisikan Penyebar Hasil Tes Swab

NEWS

Tak Ada Pagu Anggaran Jadi Penguatan Indikasi Korupsi pada Kasus BOK Dinkes Bulukumba

NEWS

Kasus Bansos Covid-19 Bulukumba: Rekanan Dinsos Kembalikan Rp 344.311.900 Kerugian Negara

NEWS

Bantu Korban Banjir, Relawan Pemuda: Bupati Bantaeng Tidak Sendiri

NEWS

Guru di Bulukumba Ini Terapkan Sejumlah Metode Pembelajaran di Tengah Pandemi

NEWS

KNPI Bulukumba Galang Bantuan untuk Sulbar