Home / NEWS

Selasa, 25 Mei 2021 - 20:59 WIB

Mulai Jalankan Janji Kampanye, Bupati Bulukumba Canangkan Program 1000 Rumpon

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— Program 1000 Rumpon salah satu janji Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf saat proses kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bulukumba lalu.

Program tersebut kini mulai dijalankan melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Bulukumba dengan mencanangkan 1000 rumpon yang dipusatkan di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Bontobahari, Selasa 25 Mei 2021.

Dalam pencanangan Rumpon itu, Muchtar Ali Yusuf menyerahkan 2 buah Rumpon siap pasang kepada Nandir yang merupakan anggota KUBE Nelayan Dua Putra.

Andi Utta sapaan Muchtar Ali Yusuf mengaku bahwa program 1000 Rumpon merupakan program dirinya dengan modal pengalama usahanya selama ini yang bergerak di sektor perikanan dan kelautan.

“Kita memiliki garis pantai 128 kilometer. Untuk memaksimalkan hasil perikanan kita butuh rumpon, karena terumbu karang kita sedikit,” ungkapnya.

Baca Juga:  Kelebihan Tenaga Honorer, RSUD Bulukumba Akan Lakukan Evaluasi Pemangkasan

Menurutnya 1000 itu adalah jumlah yang masih sedikit jika dilihat dari panjang garis pantai. Namun paling tidak Rumpon ini akan menjadi lokasi fishing ground (lokasi tangkapan) untuk ikan layang dan ikan tuna.

Jika nelayan memiliki Rumpon, menurut Andi Utta. Peluang mendapatkan ikan lebih banyak dibanding ketika hanya mengandalkan insting dalam mencari ikan di laut.

Rumpon yang menjadi Fishing Ground cenderung lebih pasti, karena ikan-ikan cenderung mencari benda-benda apung di tengah lautan untuk mencari makan.

Sehingga ke depan Bulukumba bisa menghasilkan ikan tuna dan ikan layang lebih besar dan bisa dieksport

“Hitung-hitungannya 3 bulan pasca rumpon dipasang sudah bisa dipanen. Satu rumpon bisa menghasilkan seperdua ton ikan per dua minggu,” pungkasnya.

Dalam melaksanakan program ini, Bupati berlatar pengusaha ini meminta untuk mengantisipasi kerusakan rumpon dengan tidak memasang di jalur kapal.

Baca Juga:  Disebut Belum Move on, FG: Eks Jubir Pilkada Harus Sadar Diri

Salah seorang nelayan asal Kajang, Kamaruddin berharap program rumpon ini dapat dilaksanakan secara adil dan merata. Dan yang lebih penting bantuan alat rumponnya harus lengkap.

“Jangan hanya talinya saja dibantu. Tapi bantuan harus lengkap sehingga kita tidak mencari lagi dana untuk kebutuhan alat lainnya,” pintanya.

Dalam laporannya, Kadis Perikanan Alfian Mallihungan menyampaikan bahwa produksi perikanan tangkap tahun 2020 mencapai 53.860,1 ton yang menjadikan Kabupaten Bulukumba menjadi produser perikanan tangkap terbesar di Sulawesi Selatan.

Nilai produksi Perikanan Tangkap pada tahun 2020 lanjutnya mencapai Rp. 1.346.273.000

“Adapun jumlah tenaga kerja yang terserap secara langsung untuk perikanan tangkap ini mencapai 12.603 orang,” bebernya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Andi Utta melakukan dialog untuk menyerap aspirasi para nelayan.

Reporter: IKM

Share :

Baca Juga

NEWS

Usai Pelesiran di Zona Merah, Kadis Kominfo Bantaeng Positif Corona

NEWS

BOK Belum Tuntas, DPRD Temukan Lagi Masalah di Dana Non Kapitasi Rp17 Miliar Dinkes Bulukumba

NEWS

Bupati Bantaeng Upayakan Pupuk Untuk Petani Tersedia Sebelum Lebaran Idul Adha

NEWS

Pasca di Swab Massal, 39 Pegawai Capil Bulukumba Positif Covid-19

NEWS

Kebagian 13 Cabor Porprov, Hanya Satu Venue yang Siap

NEWS

Hari Ibu di Mata Kanit Tipidter Polres Bulukumba: Perempuan Paripurna

NEWS

Sekda Bantaeng Buka Sosialisasi Pelaksanaan Ketentuan DBH CHT

NEWS

Hindari Gaduh Susulan BLT Desa Anrihua, Kedua Belah Pihak Dimediasi