Masyarakat Dinilai Berperan Penting Tolak Politik Uang

BULUKUMBA, KUMANIKA.com–Kuliah Kerja Nyata-Dari Kampung (KKN-DK) UIN Alauddin di Desa Salemba, Kecamatan Ujungloe, Kabupaten Bulukumba menggelar dialog interaktif penolakan terhadap politik dengan mengusung tema “Politik Uang Bukan Berkah, Tapi Aib”.

Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Desa Salemba tersebut menghadirkan tiga orang pembicara, diantaranya perspektifnya dari sisi agamadan juga pandangan Panitia Pemilihan Ujungloe, Bawaslu Bulukumba.

Salah seorang narasumber, dari Panitia Pemilihan Ujungloe, Taufik Hidayat mengatakan, proses pencegahan politik uang sebenarnya, adalah pribadi masing-masing masyarakat.

Baca Juga:  Inilah Komunitas Ubur-ubur, Relawan Pembersih Lumpur Banjir Bantaeng

“Bagaimana kita sadar diri bahwa tindakan politik uang sesuatu yang negatif, dan penerima begitu juga pemberi harus diproses,” katanya, Senin (23/11/2020).

Menurutnya, semua peserta dialog yang hadir pada kegiatan tersebut secara tidak langsung, sepakat menolak politik uang ini.

Martabat sebagai manusia tidak bisa ditukar tambah oleh apapun, tidak bisa ditukar apalagi dengan uang semata.

“Proses menghentikan politik uang ada dua arus. Dari atas kebawah yakni secara regulasi, dan dari bawah keatas yakni kesadaran masyarakat untuk katakan tidak pada politik uang,” jelas Taufik Hidayat.

Baca Juga:  PPD Gandeng KKN UIN di Salemba Gelar Lomba Hias Telur & Berbagi 100 Paket Maulid ke Pengguna Jalan

Sementara Koordinator Desa (Kordes) Desa Salemba KKN-DK UIN Alauddin, Yusril Dzulhajat mengatakan, pihaknya berupaya mengingatkan agar tindakan negatif seperti ini tak lagi mengisi kontestasi demokrasi yang ada.

“Semoga output yang kita harapkan, bisa tersampaikan kepada masyarakat secara umum, lebih khusus kepada warga masyarakat Desa Salemba yang sama-sama kita cintai,” tutup Yusril Dzulhajat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template