Home / NEWS

Jumat, 6 Agustus 2021 - 17:18 WIB

Marak Pencurian, Bagaimana Keamanan Pasar Sentral Bulukumba?

Potret CCTV yang memperlihatkan dua orang perempuan terduga pelaku pencurian di Pasar Sentral Bulukumba. Foto: Dokumentasi Istimewa

Potret CCTV yang memperlihatkan dua orang perempuan terduga pelaku pencurian di Pasar Sentral Bulukumba. Foto: Dokumentasi Istimewa

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Beberapa Pedagang Pasar Sentral Bulukumba mengeluhkan maraknya dugaan aksi pencurian. Tak tanggung-tanggung, selain menggasak barang dagangan, pelaku juga sering mengambil barang berharga lainnya.

Kondisi tersebut mengakibatkan kerugian bagi para pedagang. Jumlahnya diperkirakan hingga puluhan juta rupiah.

Salah satu pedagang, Evhy, menceritakan kejadian di kios miliknya. Katanya, Jumat (16/07/2021) lalu seorang ibu-ibu dan seorang remaja mendatangi tempatnya berjualan, bermaksud untuk belanja.

“Jadi ibu ini datang dengan maksud ingin membeli gula pasir, tapi ternyata itu hanya modus untuk mengalihkan perhatian saja,” ucapnya saat ditemui, Jumat (6/08/2021).

Lebih lanjut Evhy menceritakan, perempuan di bawah umur tadi yang bertindak sebagai eksekutor untuk mengambil tas miliknya . Ia pun baru menyadarinya sekitar 15 menit setelah mereka meninggalkan kiosnya.

Baca Juga:  Pusatkan Aktivitas Perdagangan, Solusi Capai Target PAD Disperindag

“Jadi mereka datang bersamaan. Satu bertindak untuk menyibukkan saya, dan satunya mengambil tas yang saya simpan di dalam kios. Dan saya baru menyadari jika kehilangan tas saat mereka tinggalkan kiosku,” terang ibu satu anak ini.

Atas kejadian tersebut, Evhy tak hanya mengalami kerugian, namun juga trauma yang cukup besar. “Jadi yang mereka ambil itu adalah tas yang berisi uang cash, hp, dan emas,” ungkapnya.

Evhy kemudian menyampaikan harapannya,  mewakili teman-teman pedagang di pasar sentral Bulukumba, untuk meminta jaminan keamanan kepada Pemerintah Daerah.

“Saya minta dengan rendah hati, tolong perhatikan kami di pasar juga. Soalnya barang-barang kami di pasar, biar sedikit tapi berharga sekali buat kami,” ujar Evhy.

Baca Juga:  Andi Bau Amal, Dua Periode Tak Tergantikan di Jabatan Sekda Bulukumba

Keterangan lain disampaikan oleh Fatur. Menurutnya, kasus pencurian di Pasar sentral ini seperti dibiarkan, tanpa ada upaya peningkatan keamanan dari pihak pengelola pasar.

“Dari pantauan yang telah dilakukan, ada beberapa CCTV yang terpasang tapi tidak lagi berfungsi,” kata Fatur.

Ia juga mengatakan bahwa hampir setiap saat, kasus pencurian di pasar sentral  sering terjadi. Barang yang hilang di pasar sentral ini juga bermacam-macam. Kondisi ini membuat para pedagang mempertanyakan keamanan pasar yang saat ini tidak terkoordinir lagi.

Padahal, kata Fatur, pedagang pasar setiap bulan membayar uang keamanan. “Kami juga heran bagaimana keamanan pasar, padahal para pedagang tiap bulan bayar uang keamanan,” tandasnya.

Penulis: IKM

Share :

Baca Juga

NEWS

Diduga Lakukan Penganiayaan, Oknum Pengacara di Bulukumba Dipolisikan

NEWS

Bulukumba Raih Penghargaan sebagai Kabupaten Terbaik Implementasi Program Transformasi Perpustakaan

NEWS

Polres Bulukumba Perketat Keamanan Aksi Tolak Pengesahan RUU Omnibus Law

NEWS

Tahun 2020, Disperindag Bulukumba Gagal Capai Target PAD Retribusi Pasar

NEWS

Setelah Bupati Bantaeng, Kini Bupati Sinjai Terkonfirmasi Positif Covid -19

NEWS

Sekelompok Preman Kroyok Satu Anggota Dishub Bulukumba

NEWS

Mulai Jalankan Janji Kampanye, Bupati Bulukumba Canangkan Program 1000 Rumpon

NEWS

AM Sukri Ajak Bupati-Wabup Terpilih Tiru Kesetiaan Dirinya Bersama TSY