Mahasiswa Asal Bulukumba Jadi Pembicara hingga Juara Favorit di NSLSM 2021 Lampung

Mahasiswa Asal Bulukumba Jadi Pembicara hingga Juara Favorit di NSLSM 2021 Lampung

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Regina Elsya Agusti, Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) asal Kabupaten Bulukumba, menjadi delegasi UIN Alauddin di National Student Leaders on Sustainability Meeting (NSLSM) yang digelar di UIN Raden Intan Lampung, pada 27 – 29 Oktober 2021.

Mahasiswa Hukum Tata Negara, angkatan 2018 tersebut, menjadi pembicara hingga mampu meraih juara III video favorit dalam The 1st NSLSM 2021, yang mengusung tema “Creating Future Leaders in Sustainability“, atau Menciptakan Pemimpin Masa Depan di Bidang Berkelanjutan. Kegiatan ini menghadirkan 30 peserta dari masing-masing perwakilan perguruan tinggi terkemuka yang ada di Indonesia.

Pada Forum Group Discussion (FGD), peserta membahas masalah keberlanjutan yang dibagi menjadi 6 bidang. Diantaranya penataan dan infrastrukur, energi dan perubahan iklim, pengelolaan air, pengelolaan limbah, transportasi, serta bidang pendidikan dan penelitian.

Perwakilan UIN Alauddin menjadi pemantik dalam bidang pengelolaan limbah. Ia menjelaskan, dirinya mewakili kampus berdasarkan atas arahan langsung dari Rektor, serta Kepala LP2M yang meminta perrwakilan dari Duta Kampus Asri UIN Alauddin.

Baca Juga:  Ponpes As'adiyah Baburahman Kirim Santri Belajar Kitab Kuning ke Polman

“Kemarin saya merupakan Runner Up Duta Kampus Asri. Prosesnya langsung dipilih dan didaftarkan, jadi saya dikasih undangan dari Kepala LP2M dan selanjutnya ketemu Rektor untuk bicarakan keberangkatan dan persiapan lain. Juga sempat ketemu Wakil Dekan III FSH,” terangnya.

Kegiatan ini, menurutnya, sangat menginspirasi dan memotivasi secara pribadi sebab mampu menjadi wadah atau tempat baru untuk terus berproses. Apalagi generasi muda yang akan menjadi generasi emas.

“Generasi yang menjadi ujung tombak untuk Indonesia tentu harus lebih paham dalam mengatasi dan melaksanakan masalah keberlanjutan,” paparnya.

Ia berpesan agar kegiatan seperti ini terus berjalan, dan bisa menjadi acuan generasi muda dalam menjaga kelestarian bumi. Harapan besarnya, UIN Alauddin mampu menjadi salah satu kampus asri yang masuk dalam perangkingan UI Green Metric.

“Terakhir, Saya Regina Elsya Agusti mengajak seluruh masyarakat, baik dalam kampus maupun luar kampus, untuk tetap bersama-sama dalam menjaga dan melestarikan bumi. Ingatki, SAMATA (sama sama ambil sampahta). Jaga bumimu, maka bumi akan menjagamu,” pintanya.

Baca Juga:  Bangkeng Buki Raih Trophy Proklim Utama

Setelah FGD, kegiatan dilanjutkan dengan deklarasi Lampung pernyataan sikap 30 perwakilan mahasiswa. Disusul Campuss Tour UIN Raden Intan Lampung, sekaligus aksi menanam pohon dari setiap delegasi universitas. Selanjutnya Beach Clean Up dan penanaman mangrove di Pulau Pahawang, Pasawaran Lampung.

Saat penutupan, kegiatan dirangkaikan dengan acara makan malam sekaligus pengumuman juara dalam bidang pemantik terbaik, video terbaik, serta video favorit.

UIN Raden Intan Lampung (RIL) membahas isu di bidang berkelanjutan bersama perwakilan mahasiswa se-Indonesia. NSLSM sendiri merupakan agenda yang dipayungi oleh UI Green Metric, selaku lembaga pemeringkatan universitas dunia di bidang keberlanjutan. Tahun 2021 adalah agenda perdana mereka, sehingga disebut sebagai The 1st NSLSM 2021.

Penulis: IKM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template