Limbah Tambak Udang Milik PT Asindo Dikeluhkan Warga, Fahidin: Jangan Sengsarakan Nelayan

KUMANIKA.COM,BULUKUMBA– Para nelayan dan petani Rumput Laut di Lingkungan Lassang-lassang Kelurahan Mariorennu Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba merasa di rugikan atas pembuangan limbah yang dilakukan oleh perusahaan tambak udang milik PT Asindo.

Hal ini terungkap saat rapat dengar pendapat (RDP) Komisi B DPRD Bulukumba bersama pengusaha tambak udang yang ada di Kabupaten Bulukumba beberapa waktu lalu.

Ketua Komisi B DPRD Bulukumba, Fahidin HDK mengatakan jika telah mendapatkan banyak keluhan dari masyarakat terkait limbah milik PT Asindo. Hasil dari aspirasi masyarakat itu disampaikan bahwa terkait limbah yang dibuang ke laut kuat dugaan telah mencemari laut.

“Saya sampaikan jika mulai dari Ela-ela sampai lassang-lassang sana semua masyarakat mengeluhnya ke PT Asindo”, ungkapnya

Fahidin juga menyampaikan data yang di milikinya jika hasil panen PT Asindo sekitar 400 ton setiap panennya, DPRD juga telah menerima banyak informasi dari pihak karyawan PT Asindo yang telah di pecat.

Baca Juga:  Pemkab Bantaeng Beri Jawaban Atas Pandangan Umum Fraksi

Selain itu, diketahui PT Asindo yang berdiri sekitar tahun 1990an ini baru melakukan pengurusan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) pada tahun 2017.

“Ini bukan lebih dari 100 orang yang bicara ke kami, banyak sekali, karyawan yang anda sudah pecat juga itu sudah bicara dengan kami. Kita tahu semua jika PT Asindo ini berhasil terus panennya, jangan selalu bilang tidak berhasil karena jika tidak berhasil PT Asindo sudah lama angkat kaki dari Bulukumba”, tegasnya.

Fahidim juga menegaskan kepada pihak PT Asindo agar tidak mengada-gada terkait pelanggarannya selama ini, dia berharap dalam RDP yang dilakukan menjadi media untuk menyadari kesalahan yang telah di lakukan selama berada di Kabupaten Bulukumba

Baca Juga:  Dibangun di Era Patabai, Pasar Sentral Bulukumba Akan Direnovasi Andi Utta

“Saya sampaikan ke pihak PT Asindo, saya akan di laknat rakyat kalau saya tidak berjanji untuk memberantas orang yang telah melanggar aturan dan ketentuan-ketentuan yang ada, dan ini tugas kami pak sebagai wakil rakyat. Kami senang jika bapak-bapak ini bisa bahagia dengan rakyat Bulukumba”, Kata Ketua Fraksi PKB ini

Fahidin berharap PT Asindo tidak menyengsarakan rakyat Bulukumba yang mata pencahariannya di laut.

“Jangan membuat masyarakat hancur, jangan membuat mereka itu tidak semangat hidup, mereka pinjam uang untuk rumput lautnya begitu dia panen hancur dan rusak, tahun 2017 bapak baru buat amdal, sebelumnya luar biasa banyaknya anugrah yang di berikan allah ke Asindo”, Pungkasnya

Terakhir Fahidin menyampaikan jika persoalan PT Asindo ini akan di konsultasikan ke Kementrian Kelautan dan Perikanan di jakarta.

Reporter: IKM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template