Home / KABAR PARLEMEN

Selasa, 28 September 2021 - 16:28 WIB

Libatkan Lima OPD untuk Program Kesetaraan Gender, Bantaeng Raih APE 2020

Kabupaten Bantaeng menerima penghargaan APE 2020, Selasa (28/09/2021). Foto: Dokumentasi Istimewa

Kabupaten Bantaeng menerima penghargaan APE 2020, Selasa (28/09/2021). Foto: Dokumentasi Istimewa

BANTAENG, KUMANIKA.com– Pemerintah Kabupaten Bantaeng kembali meraih penghargaan, di bawah kepemimpinan Ilham Azikin-Sahabuddin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng.

Kali ini, Kabupaten tersebut menerima penghargaaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020, oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Republik Indonesia.

Penganugerahan APE tersebut diberikan kepada Kepala Daerah, yang memiliki komitmen besar dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender, melalui strategi pengarusutamaan gender atau PUG. Penghargaan tersebut dijemput di Jakarta dan diterima oleh Bupati Bantaeng di Makassar, Selasa (28/09/2021).

Bantaeng sendiri menerima penghargaan APE, dengan kategori Madya, yang berfokus pada perlindungan perempuan dan anak untuk tahap pengembangan.

Baca Juga:  APBD 2021 Ditargetkan Rp 1,5 Triliun, Fraksi Gerindra Minta Pemkab Maksimalkan Kinerja

Kepala Dinas PMD dan PPPA Kabupaten Bantaeng, Ahmad Yani, mengatakan pemerintah Kabupaten Bantaeng sejauh ini memang telah melaksanakan program perlindungan perempuan dan anak, dengan melibatkan lima perangkat daerah secara integral.

Kelima perangkat daerah yang dimaksud yakni Bappeda, PMD PPA, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Disdukcapil. “Mereka sudah melaksanakan program masing-masing di setiap OPD,” jelas Ahmad Yani.

Dia melanjutkan, penghargaan yang diberikan Kementerian PPPA RI kepada Kabupaten Bantaeng ini, didapatkan setelah dilakukan evaluasi dari pengarusutamaan gender.

Ahmad Yani menyebutkan, dalam evaluasi ini ada tujuh komponen yang harus dipenuhi. Di antaranya komitmen, kebijakan, kelembagaan, SDM dan anggaran, analisis gender, data gender, dan partisipasi dari masyarakat yang ada di Kabupaten Bantaeng.

Baca Juga:  Bantu Korban Gempa Sulbar, Ilham Azikin : Kita Juga Pernah Merasakan Yang Sama

“Alhamdulillah komponen ini semua sudah terpenuhi dan sudah terlaksana. Terbukti karena Bantaeng adalah kabupaten inklusi dan semua anggaran responsif gender, dan tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan,” ujarnya.

Sedangkan menurut Bupati Bantaeng, penghargaan ini adalah bentuk komitmen pemerintah daerah untuk mewujudkan kesetaraan gender, serta pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kabupaten Bantaeng. “Kita berharap ini bisa ditingkatkan ke depannya,” kata Ilham Azikin.(*)

Share :

Baca Juga

KABAR PARLEMEN

Polisi Bakal Bubarkan Massa Paslon Pilkada Bulukumba yang ke KPU Saat Penetapan Nomer Urut

KABAR PARLEMEN

Dapat Nomor Urut 2, Askar-Pipink: Angka Keseimbangan, Angka Kedamaian

KABAR PARLEMEN

Dewan Temukan Masalah PBB di Kecamatan Gantarang

KABAR PARLEMEN

AZP: PAN Bulukumba Harga Mati Dukung Harapan Baru di Pilkada

KABAR PARLEMEN

Ranperda Baru Diharapkan Mampu Perbaiki Sistem Pendidikan di Bulukumba

KABAR PARLEMEN

Dewan Ingatkan Pemkab Soal Rehabilitasi Pasar Kalimporo Kajang

KABAR PARLEMEN

Mantan Rival, TSY-AM Beri Ucapan Selamat Untuk Andi Utta-Edi Manaf

KABAR PARLEMEN

KPU Bukukumba Akan Tegur Paslon yang Mobilisasi Massa Saat Pengambilan Nomer Urut