Home / NEWS

Jumat, 22 Januari 2021 - 15:08 WIB

Layanan Disdukcapil Bulukumba Kembali Normal, Adminduk Sistem Online Jadi alternatif

Kadis Dukcapil Bulukumba A Mulyati Nur mensosialisasikan layanan dan kebijakan baru kependudukan dan pencatatan sipil beberapa waktu lalu. [IST]

Kadis Dukcapil Bulukumba A Mulyati Nur mensosialisasikan layanan dan kebijakan baru kependudukan dan pencatatan sipil beberapa waktu lalu. [IST]

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Pelayanan kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bulukumba kembali dibuka setelah beberapa pekan terakhir pelayanan dihentikan.

Sebagai bentuk upaya memaksimalkan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk). Disdukcapil Bulukumba menerapkan sistem online sebagai alternatif layanan untuk pengurusan Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran.

Kepala Disdukcapil Bulukumba, Andi Mulyati Nur, yang dikonfirmasi, membenarkan jika layanan adminduk kembali dibuka setelah beberapa pekan ditutup.

“Iya sudah mulai di buka kembali. Tetap pelayanan online,” kata Mulyati Nur, Jum’at (22/1/2021).

Diketahui beberapa pekan terakhir pelayanan Kantor Disdukcapil Bulukumba sempat ditutup total, lantaran 80 persen pegawainya positif terpapar Covid-19. Akan tetapi, kini mulai dibuka kembali.

Baca Juga:  Warga Sekitar KPU Bulukumba Apresiasi Paslon yang Tidak Mobilisasi Ribuan Massa saat Mendaftar

Andi Mulyati menerangkan bahwa untuk sementara waktu, layanan tatap muka masih dibatasi. Begitu juga dengan perekamanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dibuatkan jadwal khusus.

“Untuk registrasinya di mulai pukul 8.00-11.00 Wita setiap hari kerja,” tambah Mulyati Nur.

Penjadwalan dilakukan pihak Disdukcapil Bulukumba, guna menghindari terjadinya kerumunan masyarakat. Sehingga yang mengikuti perekaman merupakan warga yang telah terdaftar.

Hal itu juga seiring dengan intruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil agar semua pelayanan administrasi kependudukan dilakukan secara online.

Baca Juga:  Dinas Pendidikan Bantaeng Sosialisasikan Perbup Nomor 52 Tahun 2020

Instruksi ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor. 443.1 /2978 Dukcapil Per 16 Maret 2020 yang telah diperpanjang masa berlakunya hingga pandemi Covid-19 berakhir.

Kebijakan tersebut diambil lantaran wabah virus corona (Covid-19) yang terjadi di Indonesia saat ini mengharuskan orang untuk membatasi interaksi fisik.

Adapun Layanan Sistem Online tersebut dapat diakses melalui sebuah nomor WhatsApp, dengan melampirkan seluruh data persyaratan. Untuk mengurus Akte Kelahiran bisa mengirim pesan melalui WhatsApp dinomor 0895-3076-8121. Sementara untuk KK bisa menghubungi 0895-3076-8120.

Reporter: NDA

Share :

Baca Juga

NEWS

Tegas! Tim Gugus Tugas Bantaeng Perketat Protokol Kesehatan
Upaya Penanggulangan Covid-19 di Bantaeng, BIN akan Ikut Bantu Lawan Hoaks Soal Vaksin

NEWS

Upaya Penanggulangan Covid-19 di Bantaeng, BIN akan Ikut Bantu Lawan Hoaks Soal Vaksin

NEWS

Bupati Bantaeng Masuk Jajaran Tokoh Nasional Peduli Koperasi dan UKM

NEWS

Diskominfo Bantaeng Gelar Sosialisasi Keamanan Informasi

NEWS

Jadi Tersangka, Bupati Bulukumba Siapkan Pengganti Kepala BKPSDM

NEWS

Bupati Minta Kapus Lakukan Grebek Covid-19

NEWS

Penetapan Kepala Desa Caramming Disebut Tidak Sah dan Cacat Administrasi

NEWS

Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat