Home / PARIWISATA

Rabu, 1 September 2021 - 12:46 WIB

Kunjungi Bulukumba, Jubir Presiden Puji Wisata Bulukumba

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Juru Bicara Presiden RI, Fadjroel Rahman berkunjung ke Sulawesi Selatan. Dalam lawatannya ini, Bung Jubir sapaan akrabnya mendatangi beberapa daerah, salah satunya adalah Kabupaten Bulukumba. Setelah mengunjungi beberapa tempat seperti perguruan tinggi di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa, Fadjroel Rahman bertolak ke Bulukumba.

Ia tiba di Bulukumba saat Magrib dan dijamu makan malam di Resto Pinisi Garden Tanah Beru oleh Wakil Bupati Edy Manaf dan Sekretaris Daerah Misbawati A Wawo. Di Pinisi Garden ini Fadjroel Rahman sempat melakukan Live IG di akun resmi Staf khusus Presiden yang melaporkan hasil kunjungan dan agenda yang akan dilaksanakan, termasuk keberadaannya di Kabupaten Bulukumba, Senin, 30 Agustus 2021.

Bung Jubir mengatakan kunjungannya ke Sulawesi Selatan dalam rangka menyerap aspirasi di luar Jawa-Bali yang dikemas dalam Program Menyapa Indonesia. Tujuan dari program ini untuk melihat dan mendengar langsung berbagai hal terkait kondisi Indonesia saat ini, terutama terkait permasalahan dan capaian dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Selain itu, kami juga ingin mendengar upaya-upaya pemerintah daerah dalam rangka pemulihan ekonomi di tengah wabah pandemi,” beber Bung Fadjroel yang mengaku point-point penting dari hasil kunjungannya ini setiap saat dilaporkan ke Presiden RI.

Baca Juga:  Bawaslu Sulsel Sebut Bulukumba Masuk 10 Besar Rawan Money Politik

Dalam diskusi tersebut, ada yang menarik perhatian bagi Bung Fadjroel, bahwa ketika pandemi terjadi sejak tahun lalu, sektor wisata di berbagai daerah sangat terpuruk. Namun kondisi tersebut rupanya berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di Kabupaten Bulukumba.

Meski wisatawan mancanegara anjlok, daerah berjuluk Butta Panrita Lopi ini justru mengalami peningkatan kunjungan wisata. Dari data yang dipaparkan jumlah kunjungan tahun 2019 sebanyak 301.000 orang meningkat pada tahun 2020 sebanyak 364.000.

Ia juga mengaku terkejut bahwa Bulukumba adalah salah satu destinasi wisata yang sebelum pandemi Covid, ada sekitar 3 ribu turis mancanegara asal Eropa yang berkunjung di Tanjung Bira.

“Rupanya setelah ke Bali, mereka (turis) juga ke Tanjung Bira,” ucapnya.

“Ini juga menarik yang penting untuk sampaikan bahwa pandemi Covid tidak berdampak terhadap kunjungan wisata domestik di Kabupaten Bulukumba,” ungkapnya.

Wakil Bupati Edy Manaf mengaku bahwa salah satu faktor tidak menurunnya kunjungan wisata di kawasan Tanjung Bira oleh karena wisata pantai itu dapat meningkatkan imun seseorang, karena kita bisa menghirup udara segar sambil menikmati panorama alam yang indah.

Baca Juga:  Wisatawan Mancanegara Turun Drastis Dimasa Pandemi Covid-19

“Meski sempat ditutup, kita kembali membuka kawasan wisata Tanjung Bira dengan tetap menerapkan tetap standar protokol kesehatan,” akunya.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Bulukumba, Wabup Edy Manaf menyampaikan terima kasih atas kunjungan Jubir Presiden Bung Fadjroel di Kabupaten Bulukumba.

“Kita senang sekali dan bangga atas kunjungan ini, meski Bapak Presiden Jokowi tidak ke Bulukumba, namun Bung Fadjroel sudah mewakili,” tandas Edy Manaf.

Bung Jubir dan rombongan menginap di Kawasan Wisata Tanjung Bira. Esok paginya, didampingi Kadis Pariwisata Bulukumba Ali Saleng, Fadjroel Rahman mengunjungi Titik Nol Sulawesi dan pusat pembuatan perahu Pinisi. d

Fadjroel Rahman dalam beberapa testimoninya di lokasi wisata, ia mengajak untuk berkunjung di pasir putih Tanjung Bira dan menikmati sunset dan sunrise. Ia juga kagum dengan tradisi pembuatan perahu Pinisi oleh masyarakat Bontobahari sebagai sebuah kearifan dan kecerdasan lokal yang sangat penting untuk dilestarikan.

Penulis: Ayezzah

Share :

Baca Juga

PARIWISATA

PHRI Bulukumba Inisiasi Pembentukan Komunitas Pemerhati Pariwisata Tanjung Bira

PARIWISATA

Sambut Ramadhan, Kunjungan Wisata Pantai Tanjung Bira Meningkat Signifikan

PARIWISATA

Persiapkan Dunia Kerja, SMK Putra Bangsa Bulukumba Lakukan UKK

PARIWISATA

Dispar Bulukumba Usulkan Festival Pinisi Masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2021

PARIWISATA

Kiriman Sampah Laut Flores Menumpuk, Dispar Siapkan Solusi Penanganan

PARIWISATA

Komunitas Pemerhati Pariwisata Tanjung Bira Sosialisasi dan Pembersihan Jalan

PARIWISATA

Dibangun Sejak 1995, Nusa Bira Indah Pertahankan Konsep Rumah Panggung

PARIWISATA

Kawasan Pantai Bira Kembali Dibuka, Titik Nol Masih Tutup