Home / NEWS

Rabu, 10 Maret 2021 - 20:42 WIB

Kumpulkan Stakeholder, Bupati Kembali Bicarakan Antisipasi Banjir

Bupati Bulukumba, A Muchtar Ali Yusuf memimpin pertemuan pembahasan penanganan banjir.

Bupati Bulukumba, A Muchtar Ali Yusuf memimpin pertemuan pembahasan penanganan banjir.

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Puncak musim penghujan diprediksi tiba pada bulan Mei-Juni mendatang. Antisipasi mulai dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba.

Bupati Bulukumba, A Muchtar Ali Yusuf kembali mengumpulkan stakeholder untuk membicarakan terkait langkah yang akan dilakukan dalam mengantisipasi terjadinya banjir di Kota Bulukumba.

Pertemuan yang dipimpin langsung A Muchtar Ali Yusuf dihadiri Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Bulukuma, Andi Misbawati A Wawo, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Djunaedi Abdillah, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA), Andi Zulkifli Indrajaya.

Sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Bulukumba, Camat, Lurah dan Kepala Desa, para kepala Lingkungan, serta Tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Baca Juga:  Era Digital, Bulukumba Masih Minim Content Creator

Kepala Dinas PSDA, Andi Zulkifli Indrajaya, mengatakan jika penyebab meluapkan air hingga mengakibatkan banjir di daerah Bulukumba dikarenakan beberapa drainase dan saluran irigasi mengalami kerusakan.

“Beberapa drainase dan saluran air mengalami kerusakan, sehingga jika debit air tinggi maka air meluap mengakibatkan banjir,” terangnya.

Untuk mengantisipasi hal itu, Zulkifli, meminta dukungan anggaran agar peremajaan drainase dan saluran irigasi bisa dilakukan.

“Dukungan penganggaran peremajaan saluran drainase perlu dilakukan agar dapat berfungsi secara maksimal guna meminimalisir banjir di Bulukumba,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Bulukumba, A Muchtar Ali Yusuf, mengatakan jika terjadinya banjir bukan hanya diakibatkan drainase yang rusak. Melainkan banyaknya sampah yang menyumbat aliran air.

Baca Juga:  DLHK Target PAD dari Program Bank Sampah, Butuh Kejelasan Payung Hukum

“Penyebab terjadinya banjir juga karena banyaknya sampah yang menutup drainase. Oleh karena itu kami menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah disembarang tempat,” ucapnya.

Andi Muchtar Ali Yusuf yang akrab disapa Andi Utta ini mengaku telah merencanakan program “Bulukumba Bersih” demi kenyamanan seluruh masyarakat.

“Pemerintah Bulukumba punya banyak pekerjaan dalam hal menangani masalah banjir serta membuat masyarakat merasa aman dan nyaman tinggal di Bulukumba,” jelasnya.

Andi Utta juga meminta kepada seluruh jajaranya agar segera menindaklanjuti apa yang menjadi komitmen bersama.

“Tentunya apa yang telah kita bahas tadi, saya mohon untuk Dikerja Bukan Dicerita”. tutupnya.

Reporter: NDA

Share :

Baca Juga

DAERAH

KPU dan Bawaslu Gagas Kerja Sama dengan Pemkab Bantaeng

DAERAH

Insiden Laka Truk VS Honda HRV di Bulukumba, Kuasa Hukum Komunitas Truk: Kami yang Ditabrak

DAERAH

Ditentukan Panselnas, Segini Jumlah CPNS 2019 Bakal Diterima di Bulukumba

DAERAH

Ikutan Yuk! Alfarabi Project Peduli Masamba: Berlibur untuk Beramal

NEWS

Warga Grebek Timses di Bulukumba yang Hendak Bagi Uang Menangkan Paslonnya

NEWS

Aipda Suleman Sambangi Warga, Jaga Sitkamtibmas Jelang Pilkada dan Sosialisasi Protokol Kesehatan

DAERAH

DPRD Terima Pertanggungjawaban Ranperda APBD 2019 Pemkab Bulukumba

DAERAH

Pekan Depan, Pemkab Bulukumba Bolehkah Pelajar SD dan SMP Masuk Sekolah Meski Masih Zona Merah
error: Content is protected !!