Home / NEWS

Rabu, 10 Maret 2021 - 20:42 WIB

Kumpulkan Stakeholder, Bupati Kembali Bicarakan Antisipasi Banjir

Bupati Bulukumba, A Muchtar Ali Yusuf memimpin pertemuan pembahasan penanganan banjir.

Bupati Bulukumba, A Muchtar Ali Yusuf memimpin pertemuan pembahasan penanganan banjir.

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Puncak musim penghujan diprediksi tiba pada bulan Mei-Juni mendatang. Antisipasi mulai dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba.

Bupati Bulukumba, A Muchtar Ali Yusuf kembali mengumpulkan stakeholder untuk membicarakan terkait langkah yang akan dilakukan dalam mengantisipasi terjadinya banjir di Kota Bulukumba.

Pertemuan yang dipimpin langsung A Muchtar Ali Yusuf dihadiri Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Bulukuma, Andi Misbawati A Wawo, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Djunaedi Abdillah, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA), Andi Zulkifli Indrajaya.

Sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Bulukumba, Camat, Lurah dan Kepala Desa, para kepala Lingkungan, serta Tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Baca Juga:  Bantaeng Jadi Pusat Rujukan Stunting Pertama di Indonesia

Kepala Dinas PSDA, Andi Zulkifli Indrajaya, mengatakan jika penyebab meluapkan air hingga mengakibatkan banjir di daerah Bulukumba dikarenakan beberapa drainase dan saluran irigasi mengalami kerusakan.

“Beberapa drainase dan saluran air mengalami kerusakan, sehingga jika debit air tinggi maka air meluap mengakibatkan banjir,” terangnya.

Untuk mengantisipasi hal itu, Zulkifli, meminta dukungan anggaran agar peremajaan drainase dan saluran irigasi bisa dilakukan.

“Dukungan penganggaran peremajaan saluran drainase perlu dilakukan agar dapat berfungsi secara maksimal guna meminimalisir banjir di Bulukumba,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Bulukumba, A Muchtar Ali Yusuf, mengatakan jika terjadinya banjir bukan hanya diakibatkan drainase yang rusak. Melainkan banyaknya sampah yang menyumbat aliran air.

Baca Juga:  Wabup Bantaeng Ikuti Rakornas TPAKD 2020 Secara Virtual

“Penyebab terjadinya banjir juga karena banyaknya sampah yang menutup drainase. Oleh karena itu kami menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah disembarang tempat,” ucapnya.

Andi Muchtar Ali Yusuf yang akrab disapa Andi Utta ini mengaku telah merencanakan program “Bulukumba Bersih” demi kenyamanan seluruh masyarakat.

“Pemerintah Bulukumba punya banyak pekerjaan dalam hal menangani masalah banjir serta membuat masyarakat merasa aman dan nyaman tinggal di Bulukumba,” jelasnya.

Andi Utta juga meminta kepada seluruh jajaranya agar segera menindaklanjuti apa yang menjadi komitmen bersama.

“Tentunya apa yang telah kita bahas tadi, saya mohon untuk Dikerja Bukan Dicerita”. tutupnya.

Reporter: NDA

Share :

Baca Juga

NEWS

Hujan Lebat Guyur Bulukumba, Pohon Tumbang Ancam Pengendara

NEWS

Berkat Bantuan Modal Usaha, Pengusaha Meubel ini Sudah Rekrut Pekerja

NEWS

Siap-siap! Satgas Covid-19 Akan Patroli Prokes Dikomandoi Dandim, Melanggar Ini Sanksinya

NEWS

Bupati Bulukumba Resmikan Kegiatan Kotaku di Ela-Ela

NEWS

Jangan Anggap Remeh, Positif Covid-19 Sudah 3 yang Meninggal di Bulukumba

NEWS

FOTO: Duduk Melantai, Cara Kapolres Bulukumba Lakukan Persuasif Kepada Demonstran

NEWS

Lepas BKO Tanggap Darurat, Bupati Bantaeng: Sinergitas Harus Terus Terjaga
Dandim 1411 dan Kapolres Bulukumba Salurkan Sembako ke Warga Terdampak Pandemi

NEWS

Dandim 1411 dan Kapolres Bulukumba Salurkan Sembako ke Warga Terdampak Pandemi