Home / PARIWISATA

Senin, 5 April 2021 - 13:22 WIB

Kuliner Dominasi Subsektor Ekonomi Kreatif di Bulukumba

Nasi Bakar salah satu kuliner yang disajikan Serasa Kedai Bulukumba

Nasi Bakar salah satu kuliner yang disajikan Serasa Kedai Bulukumba

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Perkembangan Ekonomi Kreatif (Ekraf) tampaknya semakin melejit di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya usaha baru yang penuh dengan berbagai macam ide baru yang bersifat inovatif.

Ekraf terus didorong untuk menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Laju pertumbuhan Ekraf masih didominasi oleh usaha kuliner. Baik di skala nasional maupun di daerah, termasuk di Kabupaten Bulukumba.

“Yang jelas kalaupun kuliner mendominasi, itu adalah peluang yang dilihat oleh pelaku usaha dalam mengembangkan jenis usaha yang paling diminati oleh masyarakat,” beber Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata, Dinas Pariwisata Bulukumba, A Ayu Cahyani, Senin, (5/4/2021).

Baca Juga:  Ingatkan Soal Konsekuensi Hukum, Bupati Kumpulkan Pimpinan OPD

Dia melanjutkan, melihat semakin banyak usaha kuliner yang buka, berarti potensinya sangat bagus. Hanya saja perlu memikirkan upaya untuk bertahan karena semakin banyak saingan, misalnya lebih inovatif, lebih kreatif dalam penyajian produknya.

Dinas Pariwisata akan menyediakan fasilitas pembinaan yang mengarah ke pemasaran dalam rangka mendukung kepariwisataan, seperti pelatihan branding, tekhnik promosi, higienitas, dan inovasinya. Agar produk tersebut lebih diminati wisatawan.

Baca Juga:  Serapan Anggaran Baru 13,5 Persen, DPRD Minta Bupati Bulukumba Segera Belanjakan ABPD 

Selama pendataan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Bulukumba, setidaknya telah tercatat 27 pelaku Ekraf sub sektor kuliner.

Namun, kata Ayu, sampai sekarang belum semua pelaku usaha kuliner, maupun para pelaku Ekraf di Bulukumba telah mendaftar di formulir yang disebar melalui media online tersebut.

Ia berharap, pendataan ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku Ekraf yang berdomisili di Kab. Bulukumba untuk proaktif mengisi form melalui http://bit.ly/datapelakuekonomikreatifbulukumba

Reporter: Devi

Share :

Baca Juga

PARIWISATA

Masa Pandemi, Pengusaha Pariwisata Upayakan Tetap Bertahan

PARIWISATA

Pokdarwis Kahayya Hills Tawarkan Paket Wisata Kopi

PARIWISATA

Pemerintah Ajak Seluruh Pihak Dorong Pengembangan Pariwisata

PARIWISATA

Expose Pariwisata, Dispar Bulukumba Tekankan Konsep Terpadu

PARIWISATA

Lindungi Pengunjung Wisata, Dispar Bulukumba Kerjasama PT Jasaraharja

PARIWISATA

GenPI Bulukumba Rayakan Anniversary ke Dua Dengan Berbagi Kebahagiaan 

PARIWISATA

ADWI 2021, Kadis Pariwisata Ajak Desa Untuk Ikut Berkompetisi

PARIWISATA

Dispar Bulukumba Ekspose Rencana Kerja Pariwisata