Home / HUKUM

Kamis, 27 Agustus 2020 - 14:41 WIB

Korupsi BOK Bulukumba: Audit BPK Disebut Terhambat Kelengkapan Dokumen Tipikor

BULUKUMBA, KUMANIKA.com — Kasus dugaan korupsi Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) di Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan hingga saat ini masih terus bergulir di unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Reskim Polres Bulukumba.

Sejauh ini, proses penanganan dugaan korupsi yang terindikasi merugikan negara senilai Rp.6,4 Miliar tersebut dalam tahap perampungan. Tipikor menunggu hasil audit dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI.

Hanya saja, saat dikonfirmasi awak media, pihak BPK RI mengaku belum menyiapkan agenda pelaksanaan audit atas kasus dugaan tindak pidana korupsi BOK pada Dinas Kesehatan Bulukumba itu karena terhambat dokumen kelengkapan yang sedianya disiapkan penyidik Unit Tipikor Polres Bulukumba. Hingga saat ini belum diserahkan, sehingga BPK RI belum menentukan agenda audit.

Baca Juga:  BOK Belum Tuntas, DPRD Temukan Lagi Masalah di Dana Non Kapitasi Rp17 Miliar Dinkes Bulukumba

Hal tersebut dikatakan Kasubag Humas dan TU BPK RI Perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Wira Alamsyah yang mengatakan bahwa pihaknya belum melakukan proses audit lantaran dokumen dari Polres Bulukumba belum juga dilengkapi.

“Belum direncanakan, gimana mau direncakan kalau belum lengkap,” terangnya, Rabu, (25/8/2020).

Unit Tipikor Polres Bulukumba sendiri diketahui telah memanggil dan meminta keterangan sejumlah saksi, dimana pada pemeriksaan melalui video konfrens telah melibatkan pihak BPK RI. Agenda pemeriksaan tersebut untuk melengkapi dokumen, hanya saja belum ada perkembangan sehingga audit BPK belum berjalan.

“Posisi masih seperti yang ditanyakan, terakhir kali 2 Agustus lalu. Belum,” ungkapnya.

Meski demikian, menurut Wira, pihaknya masih terus berkomunikasi dengan Polres Bulukumba, dalam hal ini Unit Tipikor Polres Bulukumba.

Baca Juga:  Banyak Indikasi Korupsi di Dinkes Bulukumba, Dewan Beri Catatan Khusus ke Bupati

“Prinsipnya, kami masih tetap berkomunikasi dengan Polres. Dan untuk proses selanjutnya tinggal menunggu kelengkapan datanya,” tandasnya.

Terpisah, Kanit Tipikor Polres Bulukumba, Ipda Muhammad Ali, yang dikonfirmasi awak media mengaku jika kelengkapan dokumen yang dimaksud BPK RI tengah dilengkapi dengan pemeriksaan kembali saksi-saksi bersangkutan.

“Kita sudah lakukan pemeriksaan ulang baik itu dari Puskesmas, Dinas Kesehatan, dan lainnya,” ucapnya.

Hasil yang ditemukan dari proses tersebut di atas lanjut Ali, akan kembali diekspos ke BPK RI sebagai upaya untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan oleh BPK RI sebelum turun langsung melakukan audit.

“Kita mau ekspos untuk kedua kali ke BPK RI untuk membahas hasil pemeriksaan kembali yang telah dilakukan,” pungkas Ipda Ali.

EDITOR: Arnas Amdas

Share :

Baca Juga

HUKUM

Kejaksaan Dinilai Mengada-ada Tetapkan Muh Sabir Sebagai Tersangka Korupsi

HUKUM

Penipuan Arisan Online, Kuasa Hukum Minta Masyarakat Berhati-hati

HUKUM

Unit Dikyasa Sat Lantas gelar Sosialisasi Operasi Keselamatan

HUKUM

Tipu Daya BNN Gadungan, Bawa Kabur Uang Setelah Hohohihi Dengan PSK
Tipikor Polres Bulukumba Bidik Tunggakan Pajak PBB di Semua Desa

HUKUM

Tipikor Polres Bulukumba Bidik Tunggakan Pajak PBB di Semua Desa

HUKUM

Kepala BKPSDM-Bendahara Dinkes Susul Kasubag Jadi Tersangka BOK

HUKUM

Kematian ASN Satpol-PP Bulukumba, Keluarga Ungkap Ada Sayatan Benda Tajam

HUKUM

Pelajar SMP Diperkosa Empat Kawanan Remaja di Tepi Sungai