Home / NEWS

Jumat, 17 Juli 2020 - 17:11 WIB

Komisi C DPRD Bulukumba Gelar RDP Bersama Lingkungan Hidup

BULUKUMBA, KUMANIKA.com–Rapat Dengar Pendapat Komisi C bersama Dinas Lingkungan Hidup membicarakan terkait kerusakan lingkungan yang terjadi di sekitar bentangan sungai Balangtiengkeke yang mengancam pemukiman warga di Dusun Kalicompeng Desa Balong dan Desa Lonrong yang disebabkan oleh beroperasinya tambang dan Transfortasi milik PT HARFIAH.

Rapat Dengar Pendapat di ruang rapat Komisi C pukul 13.30, bertindak sebagai pimpinan sidang adalah Ketua Komisi C Uddin Hamzah, juga turut hadir Anggota DPRD Lainnya Drs. H. Pasakai, Abu Talib, Zulkifli Saiye, Drs. H. Syaripuddin, Ismail Yusuf dan Ir. Andi Erlina Halmin.

Baca Juga:  Kejanggalan Izin Pembangunan SPBU, DPRD Minta Pemkab Bulukumba Tak Khianati Rakyat

Pada kesempatan tersebut Kepala Desa Balon menyampaikan keresahannya atas apa yang terjadi di Desa Balong adalah adanya kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh keberadaan tambang milik PT. HARFIAH yang masih beroperasi di lokasi sungai balangtiengkeke.

Keberadaanya cukup meresahkan masyarakat karena dampak dari proses penambangan adalah rusaknya akses jalan dan rusaknya jembatan penghubung serta inspraktuktur lainnya.

Termasuk kata dia, akses Jalan yang sering di lalui masyarakat untuk bekerja baik di kebun maupun di sawah, mengingat sebagian besar penduduk disana adalah petani.

Menanggapi hal tersebut ketua komisi C menyampaikan Bahwa terkait sungai kali compeng ini sudah bermasalah sejak lama.

Baca Juga:  Pemkab Bulukumba Terancam Digugat

Sebelumnya Pada Periode Tahun 2005-2014 pernah berkunjung ke Lokasi tersebut bersama ketua GP3A Andi Tenri Allang dan beberpa kepala desa termasuk desa lonrong saat itu kemudian dusun seppang juga turut hadir.

Pada saat itu meminta kepada pemerintah untuk menghentikan semua proses penambangan di betangan sungai balangtieng keke karena merusak lingkungan dan sangat berdampak pada masyarakat.

Legislator Partai PDI juga menyampaikan bahwa “ Saya siap mempasilitasi ke provinsi untuk bersama-sama menangani kejadian penambangan ini,” katanya.

Share :

Baca Juga

NEWS

DPRD Sempat Tolak Kehadiran SPBU Ratulangi, Bupati Bulukumba Pilih Beri Apresiasi

NEWS

PPD Gandeng KKN UIN di Salemba Gelar Lomba Hias Telur & Berbagi 100 Paket Maulid ke Pengguna Jalan

NEWS

Akhirnya Insentif Covid-19 RSSDR Bulukumba Cair

NEWS

AIA Minta Tim Roemah Djoeang Tetap Jalin Komunikasi

NEWS

Kejar Tayang, Jalan Aspal Rp1,9 Miliar di Bulukumba Rusak

NEWS

Idul Fitri Jatuh 13 Mei. Bupati Bulukumba Minta Buka Mesjid dan Lapangan

NEWS

Bendera Berukuran Besar Dikibarkan Komunitas Pemuda Bulukumba

NEWS

Diguyur Hujan, Bupati Bulukumba Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia