Kolaborasi Baznas dan Onde Way Berdayakan Mustahiq di Bulukumba

Kolaborasi Baznas dan Onde Way Berdayakan Mustahiq di Bulukumba

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bulukumba berupaya memberdayakan mustahiq, dengan memberikan modal usaha, untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.

Penyaluran modal usaha itu dibuat dalam bentuk program kolaborasi antara Baznas, yang bekerja sama dengan Ondeway di kabupaten Bulukumba. Program itu diberi nama Baznas Ondeway (Bazway).

Program yang resmi diluncurkan pada Jumat (19/11/2021) itu, menghadirkan para mustahiq penerima manfaat program Bazway tahap satu. Kegiatan itu berlangsung di pusat oleh-oleh Bulukumba, Jalan Andi Sultan Dg. Radja, Kecamatan Ujung Bulu.

Person in Charge (PIC) program Bazway, Awal Irsyad, menjelaskan bahwa untuk tahap satu ini ada 3 mustahiq yang menerima bantuan usaha. Masing-masing tersebar di tiga kecamatan. Yakni, Kecamatan Ujung Bulu, Ujung Loe, dan Gantarang.

Bantuan yang diberikan, lanjut Awal, mulai dari gerobak usaha, alat-alat, dan modal awal untuk memulai usaha. Selain itu, para mustahiq penerima manfaat program Bazway ini juga mendapat pelatihan wirausaha dari mentor-mentor yang berpengalaman di bidangnya.

Baca Juga:  Bantu Donasi untuk Operasi Jantung Wania

“Modal utama dari usaha itu buka uang, tapi leadership, visi misi, dan culture dalam menjalankan usaha,” jelas Awal saat ditemui seusai gelaran launching.

Melalui Bazway, Awal berharap para mustahiq bisa memberi dampak baik. Tidak hanya untuk dirinya, namun usaha yang dijalankan bisa berkembang dan manfaatnya dirasakan oleh keluarga dan masyarakat luas.

“Kolaborasi adalah kunci sukses. Karena kami meyakini, dalam kebaikan bisa menarik kebaikan lain,” tuturnya sembari tersenyum.

Salah seorang mustahiq yang penerima manfaat program dari kecamatan Gantarang, Muayyinun Rasyid (25), mengaku sangat bersyukur. Sebelumnya, Ia tidak memiliki pekerjaan tetap. Namun melalui usaha gorengan dan camilan yang digelutinya sekarang, Muayyinun Raysid berharap bisa mendapat peningkatan pada segi ekonomi, demi memenuhi kebutuhan dasar keluarganya.

Baca Juga:  Juku' Tasa' Olahan Khas Warga Kajang Bulukumba

“Degan adanya bantuan ini, mudah-mudahan kehidupan kami bisa lebih baik dari pada sebelumnya,” harap Muayyinun.

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Bulukumba, Muhammad Yusuf Sandi, mengatakan jika mereka akan terus mendorong upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dhuafa. Agar mereka menjadi warga yang berdaya dari sisi ekonomi, ilmu pengetahuan, dan adab.

Kolaborasi dengan Onde Way menjadi pilihan terbaik. Melihat dari pengalaman panjangnya dalam melakukan mentoring usaha, inkubasi bisnis, dan berbagai kegiatan lainnya yang bertujuan mensejahterakan masyarakat luas.

Pria yang sering disapa Ustad Yusuf Sandi itu berhadap, melalui kerja sama ini akan lahir enterprenur muda, yang dapat menebarkan manfaat bagi banyak orang.

“Target Baznas adalah mengubah para mustahiq menjadi muzakki, yang ditandai dengan meningkatnya pendapatan mereka, melebihi kebutuhan sehari-hari mereka,” ucapnya seraya menyunggingkan tersenyum.

Penulis: NIA

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template