Home / KABAR PARLEMEN

Senin, 2 November 2020 - 21:28 WIB

Klaim dan Fakta Para Kandidat Paslon Pilkada Bulukumba

BULUKUMBA, KUMANIKA.com — Tokoh pemuda kabupaten Bulukumba, Syamsul Bahri Majjaga alias Zul Majjaga, Senin (2/11/2020) kembali angkat bicara tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bulukumba yang akan dihelat kurang dari sebulan lagi atau tepatnya 9 Desember 2020 mendatang.

Pihaknya membeberkan beberapa hasil pantauan yang terjadi dalam Minggu belakangan ini. Menurut dia, kumpulan dari beberapa cerita dan visual paling populer tetapi sama sekali tidak benar dalam seminggu. Tidak ada yang sah, meskipun dibagikan secara luas di media sosial. Ia memeriksanya. Berikut faktanya;

Rencana Menfasilitasi Gerakan Literasi incumbent wakil Bupati Tomy Satria Yulianto dengan mencetak buku- buku penulis tentang Bulukumba.

KLAIM: Dengan mengusung visi ini sebagai rencana kerja pemerintahan Bapak Tomy Satria Yulianto, Sebagai calon Bupati yang juga menjabat Petahana ini di banyak kampanyenya menjadikan issue literasi sebagai opsi dalam rangka menggaet dukungan dari kelompok literasi.

FAKTAnya: Tomy Satria Yulianto  yang menjabat sebagai wakil Bupati Bulukumba seharusnya  ‘mengklaim’   ini sebagai hasil dari paket kebijakan yang mesti ia teruskanyanya.

IRONISnya; Rumah baca phinisi nusantara yang menjadi warisan H Zainuddin Hasan mengalami kemunduran di era Pemerintahan Sukri-Tomy. Saat ini, gerakan  literasi penelitian tentang Bulukumba malah bukan menjadi opsi dari nomenklatur usulan Pemerintah Daerah ke DPRD.

Kedua, rencana H Askar HL yang akan membagikan Pahala 10 Hari Setelah dilantik.

KLAIM; Kutipan tersebut diambil dari rekaman vidio yang banyak beredar di masa-masa kampanye pasangan nomor urut 2 ini. Menurutnya Paslon Nomor Urut 2 ini akan menghibahkan tanahnya 6 Hektar untuk pasilitas Sport Center. Sebelum tanda tangan surat hibah tanah, kata Askar. Pihaknya akan memohon doa; Yaa Rabb Berikanlah pahala jariah yang kau janjikan untukku ini kepada semua pemilihku. Jika memang ada jariahnya. Jadi, memilih pasangan Asik di Pemilukada dapat Pahala.

Baca Juga:  Miliki Track Record Baik, Alasan Hanura dan Demokrat Bulukumba All Out ke AHP-AMM

FAKTAnya; “Pertanyaannya lanjutannya, benarkah pahala baik saya  bisa di berikan. Allahu A’lam bisssawab,” ungkap Zul Majjaga.

Secara etimologi, amal jariah berasal dari bahasa Arab yaitu “amal” yang berarti perbuatan dan kata “jaariah” yang berarti mengalir.

Menurut Wikipedia Amal jariah berarti perbuatan baik yang mendatangkan pahala bagi yang melakukannya, meskipun ia telah berada di alam akhirat. Pahala dari amal perbuatan tersebut terus mengalir kepadanya selama orang yang hidup mengikuti atau memanfaatkan hasil amal perbuatannya ketika di dunia. Di sinilah kelebihan dari amal jariah dari amal-amal yang lain yang hanya diberi balasan sekali dalam satu perbuatan.

Ketiga, Andi Hamzah Pangki dan Pasangannya adalah Kandidat dengan trend Kepterpilihan paling rendah.

KLAIM; Saat ini ada begitu banyak variabel sehingga tidak mungkin untuk memprediksi bagaimana masalah ini akan mempengaruhi hasil.  Tidak jelas apakah ada upaya politik yang bekerja massiff untuk masalah ini, seperti yang bisa kita lihat dalam skala yang lebih objektif, kehadiran pasangan calon ini telah menyebabkan gangguan geografis  yang masif bagi kandidat pesaingnya.

FAKTA; Bahwa satu-satunya hal yang tidak bisa diprediksi di Pemilukada Bulukumba 2020 adalah tidak ada yang bisa diprediksi. Sejarah Pemilukada langsung di Kabupaten Bulukumba dari periode ke periode selalu menempatkan ‘ Kandidat dengan issue trend dukungan paling rendah” sebagai  kandidat pemenang di Pilkada. Andi Sukri Sappewali-Padasi. Pada Pilkada 2005 mengalahkan Andi Mappigau Samma sebagai Sekda dengan trend Popularitas tertinggi.  Zainuddin Hasan sebagai kandidat penantang pertahanan Andi Sukri-Rasyid Sarehong dengan trend survey terbaik  saat itu. Pilkada 2015 Sukri-Tomy Mengalakan H Askar  Hl sebagai trend dukungan tertinggi.

Baca Juga:  Komisi A Ingatkan Kades tidak Asal Berhentikan Perangkat Desa

Terakhir, kandidar Nomor 4, Muchtar Ali Yusuf-Andi Edi Manaf adalah pasangan dengan komitmen pemberantasan Korupsi paling baik.

KLAIM;  Sebagian besar pendapat dan pernyataan warga pada momentum Pemilukda adalah  seperti apa komitmen kandidat dalam menuntaskan penyakit korupsi fee daerah.  Pada banyak obrolan di ruang sosial katanya pasangan ini adalah pasangan yang paling bersih dari Tindak Korupsi dan untuk memberantasnya, katanya, mereka tidak ada beban di Pemilukada sebab sejauh ini, mereka tidak didukung sedikit pun oleh aparat pemerintah (secara silent) yang nantinya akan berdampak pada konflik kepentingan di pemerintahannya.

FAKTAnya; Pengadilan Tipikor Makassar beberapa waktu silam resmi menjatuhkan vonis terhadap, Amri pemilik perusahaan air minum di Bulukumba yang diketahui menjadi ketua tim paslon dengan tagline Harapan Baru tersebut.

Ia terbukti telah terlibat dalam kasus korupsi proyek lapis aspal beton (laston) di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Kecamatan Bontobahari, Bulukumba, Sulsel.

“Amri, saat ini diketahui publik Bulukumba sebagai ketua Tim Keluarga Yang di ketahui bertanggung jawab membentuk jaringan inti untuk tim pemenangan kandidat nomor 4,” pungkas Zul Majjaga.

Share :

Baca Juga

KABAR PARLEMEN

Dapat B1 KWK Demokrat, AHP-AMM Sudutkan JMS-HAMAS Diperebutan Golkar

KABAR PARLEMEN

Legislator Bulukumba Ahmad Akbar: Tuhan Terus Bekerja

KABAR PARLEMEN

PAN Bulukumba Masih Setengah Hati Dukung Harapan Baru?

KABAR PARLEMEN

DPRD Bulukumba Undang OKP, Bahas Ranperda Kepemudaan

KABAR PARLEMEN

Dukung Pembentukan DP3, Pemkab-KPU Bulukumba Tandatangani MoU Kepakatan

KABAR PARLEMEN

Tak Main-Main Soal Kepentingan Masyarakat, HM21 Konsep Program Dengan Fakta Integritas

KABAR PARLEMEN

Pemasangan Lampu Jalan Tak Merata, Dewan Minta PUTR Bulukumba Diaudit

KABAR PARLEMEN

Masuki Akhir Jabatan, DPRD Bulukumba Apresiasi Tinggi Pengabdian Sukri-Tomy